Liu laliu
MENGHITUNG
JUMLAH KRITERIA LULUS DAN TIDAK LULUS PADA MS. EXCEL
Di dalam penilaian hasil kerja,
hasil tes atau yang sejenisnya, terkadang Ms. Excel membantu kita menghitung
jumlah peserta “Laki-Laki” dan “Perempuan” dan bisa juga membantu kita dalam
menghitung jumlah peserta yang “Lulus” dan “tidak lulus” tes. Dalam blog ini
akan membahas cara menghitunh jumlah siswa yang “Lulus” dan “Tidak
Lulus”.
Secara default rumus untuk
menentukan jumlah criteria yang akan dihitung adalah
=countif(‘range’;’criteria’)
Countif, sintax untuk Menghitung
jumlah sel dalam rentang yang memenuhi kriteria yang diberikan.
Range, kolom sel yang akan di ambil
datanya.
Criteria, kata yang akan di
hitung.
Pertama, buat tabel, isiikan semua
data dan nilai seperti gambar d bawah ini :
Kedua, isiikan pada pada kolom
keterangan (sel H5) dengan rumus =IF(G5>=71;"Lulus";"Tidak
Lulus") lalu tekan ENTER,
Keterangan Formula
: =IF(G5>=71;"Lulus";"Tidak Lulus"), jika Nilai
Ahmad lebih dari atau sama dengan 71 maka Ahmad "lulus", jika kurang
dari 71 maka Amad "tidak lulus". di mana jika (IF), Nilai ahmad (G5),
lebih dari atau sama dengan ( >= ), maka ( ; ).
Copy paste sampai sel H14.
Copy paste sampai sel H14.
Ketiga, tuliskan pada sel H16 dengan
sintax =COUNTIF(H5:H14;"Lulus") lalu tekan ENTER.
Pada sel H17 dituliskan dengan
sintax yang sama tetapi kriterianya di rubah menjadi “Tidak Lulus”
Sintaxnya =COUNTIF(H5:H14;"Tidak
Lulus")
Maka akan nampak seperti gambar di
bawah ini.
Dalam menghitung nilai sebuah
kriteria sebaiknya dalam jumlah yang besar, yang sekiranya tidak bisa dihitung
secara manual. Gambar di atas adalah contoh data yang bisa dihitung secara
manual, tapi jika diperlukan untuk bahan laporan kita juga bisa menggunakan
sintax tersebut.
Komentar