indonesia siap tempur china



Mengintip Perbandingan Kekuatan Militer Indonesia-China

ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)
ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)
Hubungan Indonesia dan China kian memanas menyusul penangkapan delapan nelayan anak buah Kapal KM Kway Fey 10078 oleh aparat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI di Laut Natuna 19 Maret 2016 lalu. Pemerintah China bahkan menuntut agar delapan nelayan mereka yang ditahan segera dibebaskan.
Pihak KKP RI beralasan, penangkapan itu dilakukan lantaran kapal asal Negeri Tirai Bambu itu telah melanggar kedaulatan laut Indonesia dan melakukan pencurian ikan di perairan Natuna.
Memanasnya hubungan RI-China sebenarnya bermula kala negara berpenduduk lebih dari satu miliar jiwa itu mengklaim kepemilikan Kepulauan Natuna yang dianggap masuk wilayah teritori mereka di Laut China Selatan. Bahkan, pemerintah China telah memasukkan Natuna ke dalam peta terbaru mereka.
Ulah China itu jelas mengundang reaksi keras dari pemerintah Indonesia. Ya, armada kapal perang dan pesawat tempur kemudian disiagakan di kawasan Natuna guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.
Bicara kemungkinan terburuk yakni perang melawan China, dalam hal jumlah personel maupun alutsista Indonesia mungkin kalah jauh. Namun, dengan skillyang dimilikinya TNI jelas lebih sangar dengan segudang prestasi yang telah ditorehkannya. Bahkan, kekuatan militer Indonesia mulai diperhitungkan dunia internasional.
Kali ini Okezone akan mengulas perbandingan kekuatan militer antara Indonesia dan China. Berikut ulasannya sebagaimana dikutip dari laman Global Firepower Index (GFP).
INDONESIA
Pasukan aktif 438.410 personel
Pasukan cadangan 400.000 personel
Kekuatan Darat
Tank lapis baja 400 unit
Kendaraan tempur lapis baja 506 unit
Artileri jarak jauh 62 unit
Peluncur roket 50 unit
Mortir 3.350 unit
Senjata antitank 11.000 unit
Kendaraan angkut logistik 11.100 unit
Kekuatan Laut
Kapal perang 150 unit
Kapal selam 2 unit
Kapal angkut personel 26 unit
Kapal kelas korvet 23 unit
Kapal kelas frigat 6 unit
Amerika Serikat: 24 unit
Kapal Patroli 70 unit
Kekuatan Udara
Pesawat tempur 118 unit (50 unit pesawat tempur sergap dan 68 pesawat tempur taktis)

Komentar