skripsi berbasisweb
ida ne hau nia Skripsi
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di era globalisasi saat ini teknologi terus
maju dibandingkan sebelumnya, dan akan
berkembang secara terus menerus. Pada masa sekarang ini pengolahan data tampa menggunakan sistem komputerisasi merupakan suatu hal yang sedikit tertinggal. Karena tidak menggunakan sistem komputerisasi, yang dilakukan akan terasa membuang waktu dan tenaga. Dengan menggunakan sistem komputerisasi dapat mempercepat kinerja, efektivitas kerja dapat lebih baik serta menghemat waktu yang sebelumnya pekerjaan secara manual sekarang menggunakan sistem komputerisasi yang hasilnya dapat lebih cepat dan akurat sehingga meningkatkan kinerja yang sangat signifikan.
Peranan informasi yang cepat dan
akurat menghasilkan keputusan dan perkembangan yang cepat pula. Dukungan dan
peranan teknologi informasi sangat diperlukan dalam menghadapi perubahan
setuasi yang mengarah pada semakin ketatnya persaingan dan peluang bisnis yang ada. Sekarang ini dengan semakin
cangihnya teknologi perangkat keras “hardware
seperti memori yang semakin besar, processor”yang
semakin kecil, dan kapasitas“hard disk
yang semakin besar serta ikut dengan perkembangan teknologi perangkat lunak (software) yang semakin beranekaragam seperti aplikasi multi media dan lain lainmenjadikan
informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat terpenuhi.
Namun selain kedua faktor tersebut ada
beberapa komponen penting yang harus diperhatikan yaitu perangkat manusia (brainware) dan arus data (database) dimaksudkan sebagai sarana tempat penyimpan data atau informasi yang berkomputerisasi.
Hal ini dapat mengurangi kesalahan-kesalahan operasi yang selama ini
masih dilakukan secara akurat. Selain itu basis data dapat menampilkan data secara
cepat dan akurat. Oleh karena itu untuk mendukung aplikasi pendataan guru guru smp permanen yang efektif perlu dirancang suatu sistem basis data yang lebih
komprenhensif sehingga akan memudahkan dalam mengguna data-data yang
dibutuhkan.
Hasil ini mendorong banyak informasi
terutama di “Direcção Educação
Distrito Dili” yang merupakan instansi pemerintah untuk memanfaatkan perkembangan informasi secara maksimal baik informasi yang
berasal dari dalam maupun informasi yang berasl dari luar. Direcção Educação Distrito
Dili adalah bagian dari 13 distrik yang menyelengarakan program
pendidikan yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan, yang dapat menghasilkan
sumber daya manusia yang
berkualitas terutama guru guru di Timor Leste. Aplikasi pendataan masih menggunakan
microsoft office dimana informasi yang dihasilkan tidak efektif dan
efisien. Selain itu juga menghambat
proses pengolahan data karena campur aduk antara
word dan excel. Oleh karena itu sangat dibutuhkan suatu aplilkasi tambahan dalam
membantu aplikasi yang ada, sehingga dapat mempermudah dalam proses
pendataan guru-guru secara efektif dan efisien
berbasis komputerisasi.
Dari semua masalah atau kendala yang dihadapi
oleh Direcção Educação Distrito dili diatas maka, penulis ingin
mengajukan judul “ Aplikasi Pendataan
Guru guru SMP Permanen pada “Ministerio da Educação Direcção Educação
Distrito Dili berbasis web”.Program aplikasi ini diharapkan dapat membantu mengatasi berbagai masalah yang ada pada “Direcção Educação Distrito Dili”. Diharapkan
dengan bantuan aplikasi ini dapat menormalisir
kendala dalam pembuatan laporan-laporan, yang belum dapat disajikan
dengan akurat dan transparan.
1.2 Perumusan masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan
diatas maka penulis dapat merumuskan permasalahan sebagai berikut:
1. Pendataan yang
sementara dipakai adalah masih secara manual.
2. Pembuatan laporan
kepada pimpinan kadang-kadang sulit, dikarenakan masih mengunakan sistem manual
1.3 Batasan
Masalah
Mengacu pada latar belakang dan perumusan masalah
tersebut diatas, maka agar pembahasan
tidak meluas dan fokus sesuai dengan judul, maka pra skripsi ini mengambil
batasan masalah tentang:
1. Hanya membahas data guru guru SMP permanen pada Ministerio daEducacao Direccao Educacao
Distrito Dili, mengunakan web (PHP
MYSQL)
2. Tidak membahas data
guru-guru SD, SMA dan guru-guru Non formal.
1.4 Tujuan penulisan
Adapun tujuan dari
penulisan Pra-Skripsi adalah :
1. Untuk
mengetahui berapa data guru-guru SMP permanen yang ada pada “Ministerio da Educacao Direccao Educação
Distrito Dili”
2. Untuk menyimpan data guru guru SMP permanen pada “Ministerio da Educacao
Direccao Educacao Distrito Dili”. Secara komputerisasi
3. Mudah melakukan
pencarian data guru-guru SMP permanen pada berbasis web
4.
Untuk membangun aplikasi pendataan guru-guru SMP Permanen
pada “Ministerio da Educação Direcção da Educação Distrito Dili”.
5. Salah satu
syarat untuk mendapatkan gelar Diploma.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1.
Tinjauan Umum Instansi
2.1.1.
Nama Instansi
Tempat Praktek Kerja Lapangan (PKL)
Lembaga atau instansi yang menjadi tempat Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah pada Direcção Educação Distrito Dili yang beralamat pada Rua Martires da Patria
Comoro.
2.1.2.
Sejarah Instansi
Sejarah singkat tentang
Ministério da Educação Direcção Educação
Distrito dili dimulai dari pemerintah transisi “UNAMET” pada tahun 2000, hingga sampai sekarang berikutnya ini:
Direcção da Educacção Distrito Dili berfungsi pada tahun 2000, yang berlokasi dipusat kota Dili, disamping
perkantoran administrasi distrik dili (distrito Dili ), wilayah matadoro selama
8 tahun (2000 s/d bulan mei 2008), dipimping oleh seorang kepala dinas “Superentedente”, Seorang deputy
dan 6 kepala bagian (Chefe da Secção).
Struktur
ini berlangsung pada tahun 2007,pada tahun 2007 terjadi pergantian kepala Dinas
yang dimana Sr.Marcos da Costa Santos diganti oleh bapak Januari Soares sebagai
kepala Dinas baru yang menjabat sampai pada tahun 2008 dengan struktur kepala
bagian yang sama .
Pada bulan Mei 2008
pemerintah melalui kementrian pendidikan Timor Leste membentuk Struktur barunya
dengan memunculkan kantor wilayah dengan 5 (lima ), wilayah kanwil 1 Baucau,
kanwil 2 Dili, kanwil 3 Ainaro, kanwil 4 Maliana, dan kanwil 5 Oe-cusse , yang
berlangsung selama 4 tahun dari tahun 2008 – dengan 2012. Pada tahun 2013
mengadakan reestruktur atau perombakan kemlbali struktur yang ada dengan
menghilangkan kantor wilayah telah ada dan memunculkan kembali kantor
pendidikan Dstrik “Direcção da Educação Distrito”
pada tanggal 27 juni 2011, yang mana kantor ini berlokasi kembali
dikantor pendidikan yang lama disamping kantor Administrasi Dili sampai tahun 2013 , pada bulan Juni 2013 kantor
ini pindah lokasi ke Comoro dengan menggunakan kembali kantor wilayah II Dili
yang mana telah tiadakan , terletaknya Comoro tepatnya dibelakang kantor INAP “Instituição Nacional
Administração Publika”.
2.2.
Visi dan Misi “Direccao Educacao
Distrito Dili”
1. Visi
Membanggung Negara Timor Leste melalui bidang pendidikan yang berkualitas “Construir a Nossa Nasaun atraves de uma, Educação de Qualida”
2.
Misi
Untuk mewujudkan visi tersebut diatas , maka misi yang diembang oleh Direcção
Educação Distrito Dili adalah:
1.
Meningkatkan professi guru-guru dibidang pendidikan melalui
kementrian pendidikan.
2.
Meningkatkan kemampuan dan kemandirian guru melalui proses belajar
mengajar.
3.
Meningkatkan kualitas aparatur pembina yang professional dalam tugas guru.
4.
Meningkatkan efisiensi modernisasi usaha guru-guru melalui
pengembangan teknologi.
2.3.
Bagan Struktur Organisasi
"Direccão De Educação Distrito Dili”Bagan struktur organisasi dari
Direccao Educacao Distrito Dili dapat diperlihatkan pada gambar 2.1.
Gambar 2.1. Struktur Organisasi Direccao EducaçãoDistrito Dili
(Sumber: Direcção da Educação Distrito Dili)
2.4.
Uraian Tugas dan Tanggung Jawab
Adapun tugas dan tangung jawab dari struktur Organisasi Direcção Educação Distrito Dili
diatas adalah sebagai berikut:
2.4.1 Director
Distrital Dili
Tugas dan tanggung jawab merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan
standarisasi sebagai berikut:
1. Melaksanakan kebijakan rencana dan keputusan yang diambil di tingkat nasional
pendidikan.
2. Bekerja sama dalam mempromosikan pembangunan dan modernisasi sistem
pendidikan
3. Memastikan koordinasi dan artikulasi dari berbagai tingkat pendidikan tidak lebih, sesuai dengan pedoman yang
ditetapkan di tingkat pusat, mempromosikan pelaksanaan kebijakan
pendidikan dan budaya
4.
Mengkoordinasikan pengumpulan informasi layanan pusat Kementrian, untuk memantau kebijakan pendidikan
nasional dan evaluasi yang sistematis
5. Memastikan penyebaran bimbingan dari pusat layanan dan informasi teknis untuk sekolah
6. Langsung, mengkoordinasikan
dan
mengawasi pengajaran, manajemen administrasi, keuangan dan properti pendidikan dan manajemen pengajaran, dan semua
layanan lain
atau
membangun kecanduan
mereka
7. Mengkoordinasikan dan mendukung pelatihan guru dan staf lainnya di
tingkat kabupaten, Mengkoordinasikan dan mendukung keberhasilan pelaksanaan dan pelaksanaan program
pemberian makanan di sekolah-sekolah.
8. Bekerja sama dengan departemen dan instansi lain untuk melakukan tindakan bersama di bidang pendidikan dan kebudayaan
2.4.2
Superintendente
da Inspecção Distrito de Dili
Tugas Inspektur Umum untuk memantahu seluruh sekolah dari sekolah TK
sanpai sekolah UMUM.
1. Menbuat laporan kepada Kementrian Pendidika Distrik
Dili
2. Memonitorin kepala inspektur bagian sekolah dari TK sanpai SMA dan para
staf
3. Menangani kasus atau melihat kekurangan Guru dan Siswa dimasing masing
sekolah
2.4.3
Chefe da Secção Servisos Corporativos
1.
Bertanggung jawab untuk memastikan prosedur bijaksana dan administrasi untuk masuk dan keluar dari dokumen, penyusunan risalah rapat yang
dilakukan oleh Direktur atau
pemegang dan menyimpan file terskripsi dan benar
terorganisir untuk memudahkan pencarian jika diperlukan.
2.
Pastikan keamanan internal dan eksternal dari pembentukan layanan. Memastikan Direktur protokol dan
sepatutnya merekam kegiatan yang sama dengan tujuan memfasilitasi laporan triwulanan, semesteran atau tahunan.
3.
Mengkoordinasikan, menyiapkan dan menyerahkan anggaran tahunan.Tampilkan rancangan tagihan pada biaya dan membuat pengajuan anggaran yang
dialokasikan untuk Direktorat District. Memastikan manajemen keuangan
berkaitan dengan keselamatan mereka, bercumbu dan biaya pendaftaran.
4.
Memeriksa legalitas pengeluaran dan
proses pembayaran atas otorisasi oleh Direktur District.
2.4.4
Chefe
da Secção Ensino Básico
Kepala bagia ensino basico adalah sebagai berikut:
1.
Melihat seluruh sekolah mulai dari tingkat SD sampai tingkat SMP khususnya
para guru dan siswa
2.
Membuat
perpindahan guru dari sala satu sekolah
ke sekolah lain jika ada kelebihan jumlah banyaknya Guru
3.
Mengambil
data atau mengumpulkan data Guru dan siswa mulai dari SD sampai SMP
4. Persiapan bahan ujian /ebta-ebtanas untuk seluruh
sekolah SMP pada Direccao Educacao
Distrito Dili
2.4.5
Chefe
da Secção
Pre-Escolar
1.
Memonitorin
seluruh sekolah TK khususnya di distrik dili
2.
Membuat
program dan memberi dukungan kepada
pendidikan sekolah TK mengenai proses belajar mengajar
3.
Memberi evaluasi
para Guru dan Kepalah sekolah
2.4.6
Administração
Tugas pokok Administração e Financas pada Direcção da Educação Distrito Dili adalah bertangung jawab kepada seluruh kepala bagian administrasi
dan keuangan
2.4.7
Recursos Humanus
1.
Mengkoordinasikan penyelenggaraan
statistik dan indikator kinerja mereka pada sekolah, pendidikan dasar dan
Menengah Pendidikan 1,2,3 Umum / Kejuruan sekolah teknis dan memperkenalkan
informasi dalam database.
2.
Memastikan pengelolaan dan
administrasi sumber daya manusia, pelaksanaan Rencana Strategis dan Rencana
Aksi Tahunan dan sektor.
3.
Dijalankan dalam kemitraan dengan Kepala Bagian
Corporate dari
proses
menilai kinerja guru dan staf dalam
kerjasama erat dengan pihak berwenang.
4.
Menyusun dan menyampaikan proposal
kepada Kementerian bawah
persetujuan Direktur District pada kualifikasi dan
pelatihan guru dan pegawai negeri sipil.
5.
Lakukan prosedur untuk menentukan
gaji, aksesoris lain, sewa, lisensi dan absen lain guru dan karyawan Direktorat
Kabupaten dan Sekolah.
6.
Kumpulkan informasi yang diperlukan untuk
menyediakan Direktur Distric
2.4.8
Logistica
1. Menjamin investeris-investaris
perbaikan manajemen asset negara baik sebagai invertaris suplai kepada mereka
yang berkompeten
2.
Menkordinir, menjalankan, pengawasan kepada semua
material bagian dalam pada Direcção da Educação Distrito Dili (DEDD)
3. Mengembangkan
kegiatan yang diperlukan dalam menjalankan norma-norma jaminan kerja
4. Mempelajari proposal pembangunan konstruksi dan pemberian peralatan
dan keperluan lainnya yang telah ditentukan dalam Direcção da Educação Distrito Dili.
2.4.9
Servisos
I.T
Mempertahan arsip dalam pengembangan statistik Direcção da Euducação Distrito Dili, sebuah sistem informatika ysng
sedang berjalan melaksanakan penkordinasian penyusun rencana strategis.
Kebijakan, standarisasi teknologi informasi dan komunikasi, pengembangan sistem
informasi dan teknologi keuangan dan pengolaan operasional dan layanan
teknologi informasi dan komunikasi, dan pengelolaan jabatan fungsional pranata
komputer.
2.4.10
Ensino Secção e Tecnica Profisionais
1
Memantau pelaksanaan kebijakan administrasi sekolah dan manajemen sesuai dengan hukum yang berlaku.
2
Memastikan pelaksanaan program
sekolah.
3
Mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk mengirimkan ke Direktorat Nasional untuk tujuan penyusunan Piagam Sekolah dan pengembangan informasi statistik tentang
pengajaran dan staf non-mengajar
.
4
Mengidentifikasi guru untuk
menyerahkan kepada Direktorat Nasional untuk tujuan kualifikasi profesional di
bidang pengajaran mereka.
5
Menetapkan program untuk kegiatan
yang berbeda extracurriculares sekolah.
6
Mengatur, bekerja sama dengan sekolah sekolah dan direktorat kabupaten,
sistem informasi yang diperlukan untuk menghasilkan instrumen evaluasi
pembelajaran.
7
Melakukan tugas-tugas administrasi lainnya, teknis superior
ditugaskan oleh Direktorat Jenderal Administrasi Sekolah, Kurikulum Inovasi dan
Pengembangan, Direktorat Nasional Jenderal Menengah, Direktorat Nasional
Kejuruan Teknis Pendidikan, Direktorat Nasional Kurikulum dan Penilaian dan
Direktur School District
2.4.11 Servisos Emis
EMIS: Education Manajemen
Information System
1.
Mengumpulkan
data dari tingkat SD sampai SMA
2.
Mengidentifikasikan
Siswa dan Siswi dari setiap sekolah
3.
Perencanaan dalam mengambil data untuk pemberian makanan tambahan.
2.5
Tinjauan Umum Aplikasi Pendataan Guru-guru SMP Permanen
Pada sub tinjauan Aplikasi pendataan guru-guru SMP permanen maka
penulis menguraikan beberapa pengertian yang berkaitan dengan kegiatan PKL ini antara lain:
1.5.1. Aplikasi
Aplikasi berasal dari kata “application” yang artinya penerapan;lamaran;penggunaan.Secara
istilah aplikasi adalah: program yang siap pakai yang direka untuk melaksanakan
suatu fungsi bagi pengguna atau aplikasi yang lain dan dapat digunakan oleh
sasaran.
Aplikasi menurut Jogiyanto(1999:12), “adalah pengunaan dalam suatu
computer, instruksi “instruction”, atau pernyataan “statement” yang disusun sedemikian rupa sehinga computer dapat memproses “Input” mendaji “Output.” Menurut kamus besar bahasa indinesia (1998:52), alpikasi adalah “penerapan dari rancang sistem untuk mengelolah data yang mengunakan aturan
atau ketentuan bahasa pemrograman tertentu”.
1.5.2. Pendataan
James Brien (2006),” pendataan merupakan suatu proses pengambilan
data, pada tempat penelitian yang akhirnya sebagai bahan pembuatan aplikasi,
pendataan juga dapat diartikan sebagai suatu penelitian. Data adalah kenyataan yang mengambarkan suatu kejadian kejadian dan kesatuan
nyata. Kejadian-kejadian “Event” adalah sesuatu yang terjadi pada saat
tertentu”.
1.5.3.
Guru-Guru
Menurut Sardiman, “guru merupakan salah satu komponen manusiawi
dalam proses belajar mengajar, yang ikut berperan dalam usaha pembentukan sumber daya manusia yang otensial di bidang pembangunan. Dari pengertian
tersebut dapat dipahami bahwa
seorang guru dengan segala keilmuannya mampu mengembangan potensi dari setiap anak didiknya Guru dituntut untuk peka dan tanggap terhadap perubahan perubahan, pembaharuan, serta ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang
sejalan dengan tuntutan kebutuhan
masyarakat dan perkembangan
zaman”.
Guru adalah seorang yang mempunyai gagasan yang harus diwujudkan
untuk kepentingan anak didik,
menunjang hubungan sebaik-baiknya, dalam kerangka menjunjung tinggi, mengembangkan dan
menerapkan
keutamaan yang menyangkut agama, kebudayaan dan keilmuan. Dari pengertian tersebut bahwa sebagai tenaga pendidik yang memiliki kemampuan kualitatif. Guru harus menguasai ilmu keguruan dan mampu menerapkan strategi pembelajaran untuk mengantarkan siswanya pada tujuan pendidikan, dalam
hal ini
pendidikan agama misalnya, yaitu terciptanya generasi
mukmin yang berkepribadian.
1.5.4.
Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Sekolah
Menengah Pertama ( SMP) merupakan jenjang pendidikan dasar formal di Timor-Leste setelah menyelesaikan
pendidikan sekolah dasar (SD) atau yang sederajat. Sekolah Menengah
Pertama dilaksanakan dalam kurun waktu 3 tahun, mulai dari kelas 7 sampai
kelas 9. Siswa kelas 9 diwajibkan mengikuti Ujian Nasional yang mempengaruhi
kelulusan atau tidaknya.
Sekolah Menengah
Pertama ( SMP) termasuk wajib belajar bagi setiap warga negara
berusia 7-15 tahun di Timor Leste. Wajib belajar 9 tahun meliputi pendidikan
dasar, yakni sekolah dasar (atau sederajat) 6 tahun dan sekolah menengah pertama (atau sederajat) 3 tahun. Sekolah Menengah
Pertama ( SMP) diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta.
1.5.5.
Permanen
Permanen Merupakan data atau Informasi yang dapat digunakan sebagai
dasar dari memahami simpan didatabase
atau data tersebut tetep (tidak untuk sementara waktu).
1.5.6.
Aplikasi Pendataan Guru-Guru SMP Permanen
Dengan demikian telah dijabarkan
bahwah Aplikasi pendataan Guru-guru SMP permanen merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk mempermudah pendataan guru guru SMP permanen dengan mudahterkontrol
oleh guru di Instansi
tersebut dengan efisiensi dan efektifitas.
1.6.
Tinjauan
Umum Software
1.6.1. Web
“World
Wide Web atau WWW “atau juga dikenal dengan WEB
adalah salah satu layanan yang didapat oleh pemakai computer yang terhubung ke internet. Web ini menyediakan
informasi bagi pemakai computer yang
terhubung ke internet dari sekedar
informasi “sampah” atau informasi yang
tidak berguna sama sekali sampai informasi yang serius; dari informasi yang
gratis sampai informasi yang komersial. Website
atau situs dapat diartikan sebagai
kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan
informasi teks, gambar atau, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya
itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian
bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan
jaringan-jaringan halaman “hyperlink”
Tahun
1993, Tim Berners-Lee dan peneliti lain di European particle Physics Lab (Consei
European pour la Recherche Nucleaire
atau CERN) diGenewa Swis,
mengembangkan suatu cara untuk datan menggunakan sesatu yang disebut denga hypertext.
Menurut Suwanto Raharjo
S.Si, M.Kom, “Web merupakan salah satu
layanan internet yang paling banyak digunakan dibanding dengan layanan lain
seperti ftp, gopher, news atau bahkan email”
1.6.2. PHP
1.6.2.1.
Konsep Dasar Bahasa Pemrograman PHP
Sejak awal perkembangannya, PHP
mengalami kesuksesan luar biasa dari versi ke versinya, dan telah menjadi
kebutuhan standar untuk situs-situs web guna mengunakan layanan interaktif
kepada user/pengunjung. Hypertext
Pre-processor merupakan sebuah akronim rekursif untuk PHP yang dirancang super cepat dengan menggunakan bahasa yang lebih
sederhana. PHP bukan sembarang bahasa pemrograman seperti yang banyak
kita bayangkan, tetapi lebih lazim disebut “scripting
language” atau bahasa scripting, sebagaimana diungkapkan oleh situs
resminya.
1.6.2.2. Sejarah PHP
Munculnya PHP bermula dari PHP/FI yang dibuat oleh Rasmus Lerdorf
pada tahun 1995. Pada awalnya PHP/FI
hanya terdiri dari sekumpulan skrip Perl dan digunakan sebagai alat
untuk melacak akses ke resume online-nya. Sekumpulan skrip perl ini
diberi nama “Personal Home Page Tools”.
Rasmus kemudian memasukkan beberapa aturan bahasa “C”, menambah kemampuan akses ke database, sehingga ia dapat
membuat aplikasi web sederhana. Rasmus kemudian memutuskan untuk melepaskan
kodenya dengan nama “Personal Home
Page/Forms Interpreter” untuk disebarkan agar orang lain dapat menggunakannya dan memperbaiki serta menambah kekurangannya.
1.6.2.3.Struktur dasar PHP
PHP adalah bahasa scripting yang menyatu dengan HTML dan dijalankan pada serverside. Artinya semua sintaks
yang kita berikan akan sepenuhnya dijalankan pada serverse sedangkan yang dikirimkan ke browser hanya hasilnya saja.
File contoh1.php:
<html>
<head>
<title>
Contoh
Sederhana
</title>
</head>
<body>
<?php
echo(“Hallo
apakabar? Nama saya PHP script”);
?>
</body>
</html>.
1.6.2.4. MySQL
MYSQL (My Structure Query Language) adalah salah satu database dari sekian
banyak database lain seperti Oracle, MS
SQL, PostgresSQL dan banyak lagi.
Kesemuanya itu mempunyai fungsi dan manfaat yang hampir sama namun dalam
pengerjaanya sedikit berbeda, MySQL adalah penggunaan yang paling mudah.
“MySQL adalah Relational Database Management Sistem (RDBMS)
yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL “General Public
Lisenc”. Dimana setiap orang bebas untuk menggunakan MySQL, namun tidak
boleh dijadikan produk turunan yang bersifat closed source atau
komersial”.
Didik Dwi
Prasetyo:2002:2. Mengatakan“MySQL
sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam database sejak lama,
yaitu SQL (Structure Quey Language). SQL adalah sebuah konsep pengoperasian
database, terutama untuk pemilihan/seleksi dan pemasukan data, yang
memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis.
Sebagai database server, MySQL dapat dikatakan lebih unggul dibandingkan
database server lainnya dalam query data. Hal ini terbukti untuk query yang
dilakukan single user, kecepatan query MySQL bisa sepuluh kali lebih cepa”t.
1.6.2.5.DDL dan DML
1.
Data Definition Language (DDL)
Data Definition Language (DDL merupakan sub bahasa SQL yang digunakan untuk
membangung kerangka database. Ada tipe perintah yang termasuk dalam DDL adalah:
1.
CREATE: perintah ini digunakan untuk
membuat database baru, table baru, dan kolom
2.
ALTER: perintah ini digunakan untuk struktur
table yang telah dibuat menganti nama table, menambah kolom, mengubah kolom,menghapus
kolom.
3.
DROP: perintah ini digunakan untuk menghapus
database dan table .
2.
Data Manipulation Language (DML)
Data Manipulation Language (DML)merupakan sub
bahasa SQL yang digunakan untuk memanipulasi data dalam database yang telah dibuat adalah :
1.
INSERT : perintah ini digunakan untuk
memasukan data baru dalam table
2.
SELECT
: perintah ini digunakan untuk mengambil data atau menampil data dalam relasi .
3.
UPDATE : perintah ini digunakan untuk memperbaharui
data lama menjadi data terkini. Ada memiliki data yang salah .
4.
DELETE : perintah ini digunakan untuk
menghapus data dari table. Biasanya data
yang dihapus adalah data yang tidak diperlukan.
2.6..2.6. Adobe Dreamweaver
CS5
Dreamweaver merupakan suatu
penyajian profesional web editor dalam pembuatan website atau homepage. Dreamweaver dapat juga menggabungkan antara halaman satu dengan halaman lainnya denga menggunakan
fasilitas yang telah disediakan yaitu (Link features). Fasilitas lainnya
yang ada pada dreamweaver adalah menggabungkan file Flas (swf),
image, (JPEG,GIF,dan lain lain),skrip kedalam website yang telahdiimpor
1.6.2.7. Xampp
Kepanjangan dari XAMPP yaiut Apache, PHP, MySQL dan phpMyAdmin.
XAMPP merupakan tool yang menyediakan
paket perangkat lunak ke dalam satu buah paket. Dengan menginstall XAMPP maka tidak perlulagi melakukan
instalasi dan konfigurasi web server Apache,
PHP dan MySQL secara manual. XAMPP akan menginstalasi dan mengkonfigurasikannya secara otomatis untuk anda ata
auto konfigurasi. Pengertian
Xampp
XAMPP adalah sebuah software web server
apache yang didalamnya sudah tersedia database server mysql dan support php programming. XAMPP merupakan software
yang mudah digunakan, gratis dan mendukung instalasi di Linux dan Windows.
Keuntungan lainnya adalah cuma menginstal satu kali sudah tersedia Apache Web Server, MySQL Database
Server, PHP Support (PHP 4 dan PHP 5)
dan beberapa module lainnya.
BAB III
BAHAN DAN METODE
3.1. Bahan dan Alat
Dalam
pembuatan laporan ini penulis menggunakan bahan dan alat yang membantu dan
mempermudah serta memperlancar dalam proses menyelesaikan laporan ini antara
lain.
3.1.1. Bahan
Bagan
alur sistem merupakan bagan yang menunjukkan arus pekerjaan secara keseluruhan
dari sistem secara logika. Bagan ini menunjukkan urut-urutan dari prosedur-prosedur
yang ada di dalam sistem dan berfungsi sebagai alat bantu komunikasi dan
dokumentasi. Di dalam penyusunan dokumentasi, aturan atau aliran data, prosedur
biasanya digambarkan dengan simbol-simbol dan lambang-lambang yang menggunakan “Flowcharting Symbol” yang disahkan oleh
United State of America (USA) Standard Institute seperti tampak
pada gambar berikut :
1.
Simbol Flowchart
Simbol
|
Arti
|
Terminal simbol ini untuk mengawali atau mengakhiri
|
|
Proses symbol ini untuk mengambarkan suatu proses yang sedang
dieksekusi
|
|
Input data Manual simbol ini digunakan untuk mengambarkan suatu
kegiatan yang bersifat manualisasi
|
|
Simbol ini digunakan untuk mengambarkan suatu
dokumen atau kegiatan mencetak.
|
|
Multi Dokuments simbol ini lebih dari satu dokumen
|
|
Manual Input simbol ini digunakan untuk mengambarkan proses pemasukan data
melalui media keyboard
|
|
Pengambilan keputusan simbol ini digunakan untuk
pengujian suatu kondisi yang sedang diproses
|
|
Database/ Media Penyimpanan
|
|
Arsip
|
Gambar 3.1 Simbol Flowchart
DFD (Data flow diagram)
digunakan untuk menggambarkan sistem yang berjalan atau sistem yang diusulkan yang digambarkan secara logika tanpa mempertimbangkan
lingkungan fisik dimana data tersebut disimpan. DFD merupakan alat analisis
yang baik, karena dapat menggambarkan arus data pada suatu sistem secara
terstruktur dan jelas.
2. Simbol Data Flow Diagram (DFD)
No
|
DeMarco and
Yourdan Symbols
|
Keterangan
|
|
1
|
Source
(Kesatuan Luar)
|
||
2
|
Proses
|
||
3
|
Data Flow/Aliran Data
|
||
4
|
Data Store
(Simpanan Data)
|
Gambar
3.2 Data Flow Diagram (DFD)
3. Simbol 3.3 Entity Relasionship Diagram (ERD)
Gambar
|
Keterangan
|
Relasi : Berfungsi untuk menhubungkan antar table
|
|
Entitas: Menunjukan bagian dari luar system
|
|
Garis penghubung: Berfungsi untuk menghubungkan antar table dengan relasi
|
Gambar 3.3 Entity
Relasionship Diagram (ERD)
3.1.2.
Alat
Adapun peralatan dan komponen yang digunakan dalam membangun sistem
aplikasi pendataan ujian pra-skripsi pada Institute of Business yang terdiri
dari perangkat keras maupun perangkat lunak.
1.
Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat
keras yang digunakan, mendukun dan memperlancar proses pengetikan dan
pengeditan tugas akhir (TA) saya adalah sebagai berikut :
1. Laptop
Accer Aspire
3. RAM
(Random Access Memory) DDR 2.00 GB.
4. HDD
(Hard Disk Drive) 320 GB.
5. Keyboard
merek UNIQUE +
6.
Touhpat
ini biasanya sebagai penganti Mouse.
2.
Perangkat Lunak (Software)
Adapun
perangkat lunak yang digunakan adalah sebegai berikut :
1. Sistem Operasi Windows 7
Ultimate.
2. Microsoft Office Word Versi 2007 yang digunakan untuk menyusun laporan.
3. Microsoft Office PowerPoint Versi 2007 yang digunakan untuk membuat
slide presentasi.
4. Microsoft Office Visio Versi 2007 digunakan untuk membuat diagram
gambar atau bagan.
5. Adobe Dreamweaver CS5 yang digunakan untuk membuat program.
3.2.
Metodologi
Dalam melakukan penelitian penulis
menggunakan dua metode yakni metode pengambilan data dan metodologi perancangan
program.
Metode
pengambilan data terdiri dari dua yakni :
1.
Wawancara
(Interview)
Metode yang digunakan untuk mendapatkan data bagi keperluan penulisan
ini dengan melakukan wawancara secara
langsung dengan para Guru-guru SMP permanen yang bekerja pada Kantor Direccao da Educacao Distrito Dili.
2.
Observasi
(Observation)
Metode ini dilakukan dengan teliti dan sistematis secara langsung dilapangan untuk memperoleh data yang diinginkan. Metodologi perancangan merupakan
urutan langkah-langkah atau hirarki pembuatan alur dokumen, diagram
konteks, Diagram, diagram berjenjang, data flow diagram, tabel dan perancangan
input-output.
Studi Kepustakaan
(Metode Pustaka)
Dalam metode ini,
peneliti menggunakan konsep teoritis yang bersumber dari literatur-literatur
terkait yang berhubungan dengan pengolahan data serta aplikasi yang berhubungan
dengan PHP dan database My sql.
3.3. Alur Dokumen
Bagan Alur sistem (System Flowchart merupakan bagan yang menemukan arus pekerjaan secara keseluruhan dari sistem secara logika.Bagan ini menunjukkan
urut-urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem dan berfungsi
sebagai alat bantu komunikasi dan dokumentasi. Di dalam penyusunan dokumentasi,
aturan atau aliran data biasanya digambarkan dengan simbol menggunakan “Flowmap Symbol” yang disahkan oleh USA Standard Institute seperti pada gambar
di bawah ini.
1. Flowchart sistem yang sedang
berjalan
Gambar 3.4
Sistem yang sedang berjalan
2. Alur dokumen yang diusulkan
Gambar 3.5 Alur dokumen yang
diusulkan
3.4. Diagram Konteks
Diagram Konteks adalah sebuah diagram sederhana yang menggambarkan hubungan satu
dengan yang lain dengan aliran dan penyimpanan data atau sebuah diagram yang
menggambarkan hubungan input atau output antara sistem dengan dunia luar
(kesatuan luar). Suatu diagram konteks selalu mengandung satu proses saja
(seringkali diberi nomor proses nol) atau biasanya dipresentasikan dengan
lingkaran tunggal yang mewakili keseluruhan sistem. Diagram konteks dapat
dilihat pada gambar dibawah ini:
Gambar 3.6. Diagram Konteks
3.5. Data Flow
Diagram
Data Flow Diagram memberikan deskripsi yang mendetail terhadap masalah
yang harus dipecahkan oleh perangkat lunak. DFD
dikembangkan untuk membantu menganalisa aliran data dan merancang sistem. DFD mempunyai notasi dasar yang berisi entitas luar (External Entity), proses
(process), objek data (data object) dan penyimpanan data (data
store).
Data flow dibuat untuk diperoleh detail proses yang ada dalam sistem
yang akan dibangun yang dapat di lihat pada data flow diagram di bawah ini :
1.5.1. Data
Flow Diagram Level 0
Gambar 3.7. Data Flow Diagram Level 0
3.5.2. Data Flow Diagram Level 0 Proses 1
Gambar 3.8. Data Flow Diagram Level 0 Proses 1
3.5.3
Data Flow
Diagram Level 0 Proses 2
Gambar 3.9
Data Flow Diagra Level 0 Proses 2
1.5.4. Data Flow Diagram Level 0 Proses 3
Gambar 3.10. Data Flow Diagram
Level 0 Proses 3
3.6. Diagram Berjenjang (HIPO)
HIPO atau diagram berjenjang atau Hierarchy Chart dapat digunakan untuk
mempersiapkan penggambaran Diagram Arus
Data (DAD) ke level-level lebih bawah lagi. Diagram berjenjang dapat
digambarkan dengan menggunakan notasi
proses yang digunakan pada DAD.
Gambar 3.11 Diagram Berjenjang
(Hipo)
3.7. Entity Relationship Diagram
(ERD)
Model Entity Relationship Diagram yang berisi komponen-komponen
himpunan entitas dan himpunan relasi yang masing-masing dilengkapi dengan
atribut atribut yang mempresentasikan seluruh fakta dari dunia nyata yangditinjau,
sehingga dapat digambarkan dengan lebih sistematis.
Gambar 3.12. Entity
Relationship Diagram (ERD)
3.8. Kamus Data
Kamus
data adalah sebuah gambaran tertulis dari data-data yang di masukan dalam
database dan juga merupakan katalog fakta tentang data dan kebutuhan informasi dari suatu
sistem informasi. Kamus data berisi elemen-elemen data dari sistem yang
dibangun dengan elemen-elemen pendukung sistem.
1.
Tabel Guru
Nama table : Guru
Kunci Primer : Nip
Fungsi : untuk menyimpan data Guru
Jumlah field : 8
Tabel 3.1 Tabel
Guru
No
|
Nama Field
|
Tipe
|
Panjang Karakter
|
Keterangan
|
1
|
Nip
|
Varchar
|
10
|
Nip Guru
|
2
|
Nama_Guru
|
Varchar
|
50
|
Nama Guru
|
3
|
J K
|
Varchar
|
15
|
Jenis Kelamin
|
4
|
Tgl_lahir
|
Date
|
10
|
Tanggal lahir
|
5
|
Tempat_lahir
|
Varchar
|
50
|
Tempat Lahir
|
6
|
Kd_Jabatan
|
Varchar
|
15
|
Kd Jabatan
|
7
|
Alamat
|
Varchar
|
50
|
Alamat
|
8
|
Telp
|
Varchar
|
15
|
Telp
|
2.
Tabel Sekolah
Nama table : Sekolah
Kunci Primer : kd_Sekolah
Fungsi : untuk menyimpan data sekolah
Jumlah field : 6
Tabel 3.2
Sekolah
No
|
Nama Field
|
Tipe
|
Panjang Karakter
|
Keterangan
|
1
|
Kd_sekolah
|
Varchar
|
50
|
Kode sekolah
|
2
|
Nm_Sekolah
|
Varchar
|
50
|
Nama sekolah
|
3
|
Status_Sekolah
|
Varchar
|
15
|
Status sekolah
|
4
|
Tgl_Berdiri
|
Date
|
10
|
Tanggal berdiri
|
5
|
Alamat_Sekolah
|
Varchar
|
15
|
Alamat Sekolah
|
6
|
Telp
|
Varchar
|
50
|
Telp sekolah
|
3.
Tabel Jabatan
Nama table : Jabatan
Kunci Primer : kode Jabatan
Fungsi : untuk menyimpan data jabatan
Jumlah field : 2
Tabel 3.3
Jabatan
No
|
Nama Field
|
Tipe
|
Panjang Karakter
|
Keterangan
|
1
|
Kd_Jabatan
|
Varchar
|
5
|
Kode Jabatan
|
2
|
Nm_Jabatan
|
Varchar
|
50
|
Nama Jabatan
|
4. Tabel
Pendataan
Nama table :
Pendataan
Kunci Primer :
kd_pendataan
Fungsi : untuk menyimpan pendataan
Jumlah field :
8
tabel 3.4 Tabel Pendataan
No
|
Nama Field
|
Tipe
|
Panjang Karakter
|
Keterangan
|
1
|
Kd_Pendataan
|
Varchar
|
20
|
Kode Pendataan
|
2
|
Tgl_Pendataan
|
Date
|
20
|
Tgl Pendataan
|
3
|
Nip
|
Varchar
|
10
|
Nip Guru
|
4
|
Nama_guru
|
Varchar
|
50
|
Nama Guru
|
5
|
Kd_jabatan
|
Varchar
|
15
|
Kode jabatan
|
6
|
Nm_Jabatan
|
Varchar
|
50
|
Nama Jabatan
|
7
|
Kd_sekolah
|
Varchar
|
40
|
Kode sekolah
|
8
|
Nama_sekolah
|
varchar
|
40
|
Nama sekolah
|
3.9 Perancangan
Input Output
Perancagan input merupakan alat yang digunakan oleh
pengguna untuk berdialog dengan Aplikasi dalam memodifikasikan data, sedangakan
Perancagan Ouput adalah hasil aplikasi yang dapat dilihat.
3.10 Perancangan User Interface
Perancangan user interface
atau antar muka pengguna merupakan perancangan form-form yang akan digunakan dalam program termasuk input dan
outputnya. Masing–masing page
memiliki fungsi dan kegunaan
sesuai perancangan sistem yang telah dibuat. Perancangan user interface dapat dilihat sebagai
berikut :
3.10.1
Halaman Utama
Dalam halaman utama ini terdapat beberapa menu yang terletak di sebelah
kiri. Berikut tampilan halaman utama.
Header
|
||
Input Proses Output
Beranda
|
Log Out
|
|
Content
|
||
Foother
|
||
Gambar 3.1Rancangan Halaman
Utama
3.10.2
Halaman Input
Data Jabatan
Halaman input data jabatan digunakan administrator untuk memasukkan data dan memperbarui data siswa. Dalam form ini terdapat tombol“simpan” dan “batal”. Berikut ini adalah tampilan halaman input data jabatan.
|
Gambar 3.2 Rancangan Halaman Input data Jabatan
3.10.3
Halaman Input
Data Guru
|
Halaman input data guru digunakan administrator untuk memasukkan
data dan memperbarui data guru. Dalam form
ini terdapat tombol “simpan” dan “batal”. Berikut ini adalah tampilan halaman input
data.
Gambar 3.3 Rancangan Halaman Input Data Guru
Gambar 3.3 Input Data Guru
3.10.4
Halaman Input
Data Sekolah
Halaman input data sekolah digunakan administrator untuk memasukkan
data dan memperbarui data sekolah. Dalam form
ini terdapat tombol “simpan” dan “batal”. Berikut ini adalah tampilan
halaman input data sekolah.
|
Gambar 3.24
Rancangan Halaman Input Data Sekolah
Gambar 3.4 Rancangan Halaman Input Data Sekolah
3.10.5 Halaman
Proses Pendataan Guru
|
Halaman proses pendataan guru digunakan administrator untuk memasukkan data dan memperbarui pendataan guru. Dalam form ini terdapat tombol “simpan” dan
“batal”. Berikut ini adalah tampilan
halaman proses pendataan guru.
Gambar 3.25 Rancangan Halaman
Input Data Pendataan Guru
Gambar 3.5 Rancangan Proses Pendataan
Guru
3.10.6
Perancangan
Output
1. Perancangan Laporan Data jabatan
Gambar 3.6 Perancangan Laporan Data jabatan
2. .Perancangan
Laporan Data Per-sekolah
Gambar 3.7 Perancangan
Laporan Data Per-sekolah
3. Perancangan
Laporan Data seluruh
Gambar 3.8 Perancangan Laporan Data seluruh sekolah
4. Perancangan
Laporan Data Per-guru
Gambar 3.9 Perancangan Laporan Data per-guru
5.
Perancangan Laporan
Data seluruh guru
Gambar 3.10 Perancangan
Laporan Data seluruh guru
6.
Perancangan Laporan
Data Guru Per-sekolah
Gambar 3.11 Perancangan Laporan Data Guru per-sekolah
BAB
IV
HASIL
DAN PEMBAHASAN
1.1 Penjelasan
program
Pada pembuatan Aplikasi ini penulis menggunakan paket Program Berbasisweb
dengan fasilitas form yang dirancang sendiri sesuai kebutuhan program.pada
bagian ini penulis akan menampilkan hasil dari aplikasi yang telah dirancangkan .
1.1.1.
Tampilan menu Utama
Gambar 4.1 tampilan menu utama
4.1.2
Tampilan Menu
Input Data Jabatan
Gambar 4.2
Tampilan Input Data Jabatan
4.1.3
Tampilan Input
Data Guru
Gambar 4.3 Tampilan Input Data Guru
4.1.4
Tampilan Input Data
Sekolah
Gambar
4.3 Tampilan Input Data Sekolah
4.2 Proses Pendataan Guru
1.2.1.
Tampilan Proses Data Pendataan Guru
Gambar
4.5 Tampilan Proses Pendataan Guru
1.3.
Tampilan Menu Output
4.3.1 Tampilan Lap. Data
Jabatan
Gambar 4.6 Tampilan Laporan Data Jabatan
4.3.2 Tampilan Lap. Data Per-sekola
Gamabar
4.7 Tampilan Laporan Data Per-sekolah
4.3.3
Tampilan
Lap. Data seluruhan Sekolah
Gambar
4.8 Tampilan Laporan data Seluruh
Sekolah
4.3.4
Tampilan
Lap. Data Per-guru
Gambar
4.9 Tampilan Lapolaran Data Per-guru
4.3.5
Tampilan
Lap. Data Seluruhan Guru
Gambar
4.10 Tampilan Laporan Data Seluruh Guru
4.3.6
Tampilan
Lap. Data Guru Per-sekolah
Gambar 4.11 Tampilan Laporan Data Guru Per-sekol
BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Berdasarkan uraianuraian yang telah dibahas pada bab bab sebelumnya,
maka secara garis besar dapat kesempulan bahwa aplikasi pendataan guru-guru SMP
Permanen pada ministerio da Educação
Direcção da Educação Distrito Dili pada saat ini belum memakai sistem
komputerisasi sehingga sering mengalami kesulitan dan penangananya yang kurang
efisien dalam proses pengimputan data. Penggunaan sistem komputerisasi pada Direcção da Educação Distrito Dili dengan
menggunakan aplikasi berbasis web PHP MY
SQL beberapa kelebihan yaitu:
1.
Dalam
pengolahan dan pencarian data dapat dilakukan
dalam waktu yang tepat, sehingga data yang dapat lebih akurat dan relevan
juga dapat disajikan secara otomatis, sehingga dapat meningkatkan efectivitas
waktu, efisiensi.
2. Aplikasi pendataan guru-guru SPM permanen pada Ministério da Educação Direcção da Educação Distrito Dili berbasis web lebih menarik dan komunikatif serta mempunyai
kapasitas ruang penyimpanan data yang lebih besar.
3. Aplikasi pendataan guru-guru SMP permanen pada Direcção daEducação Distrito Dili dapat membantu kecepatan dan ketepatan dalam pendataan.
5.2
Saran
penulis dalam penyusunan ini adalah
semoga dapat membantu proses kerja pada Direcção
Educação Distrito Dili, khususnya
pada bagian Ensino Basico 3 Ciclo. Untuk itu penulis mengemukakan
saran-saran sebagai bahan pertimbangan dalam memperbaiki kekurangan-kekurangan
yang dialami selama proses kerja adalah sebagai berikut:
1.
Untuk
mengatasi agar tidak terjadi proses kerja yang memerlukan waktu lama dan sering
menghadapi bermacam-macam masalah maka diperlukan saran dan pendukung yang
lengkap dengan cara menambah fasilitas komputer dengan lebih lengkap agar dapat
mengolah data dalam waktu yang cepat
2.
Diperlukan pula sumber daya manusia dibidang yang mampu perangkat
perangkat komputer sehingga sebagai pengolahan data.
3. Perlu diadakan latihan-latihan yang khusus (training)
bagi guru-guru SMP permanent.
Komentar
atau dengan cara Tekan " Windows key + R " Lalu ketikan CMD , tekan Enter .
2.Ketiklah Perintah: diskpart , Lalu enter .
3.Ketik lagi Perintah: list volume , Lalu enter
( Lihat di Windows Explorer drive apa yang di pakai oleh FlashDisk anda )
4.Misalnya Flashdisk anda berada pada volume 4,
Maka Ketiklah: select volume 4 lalu enter.
5.Ketik : clean , lalu Enter .
6.Ketik : create partition primary , dan Enter .
7.Ketik : select partition 1 , tekan Enter .
8.ketik : active , dan Enter .
9.Ketik format fs=fat32 , tekan Enter .
lalu tunggu sampai Selesai Prossesnya ( 100%)
10.dan yang terakhir jika sudah selesai 100% , ketik : assisgn ,
dan tekan Enter
11.Selesai deh, untuk perintah Keluar dari CMD ketikkan saja: exit ,
lalu tekan Enter .
BY : SEBASTIAO DA COSTA