skripsi berbasisweb

ida ne  hau nia Skripsi


BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
 Di era globalisasi saat ini teknologi terus maju dibandingkan sebelumnya, dan akan


berkembang secara terus menerus.  Pada masa sekarang ini pengolahan data tampa menggunakan sistem komputerisasi merupakan suatu hal yang sedikit tertinggal. Karena tidak menggunakan sistem komputerisasi, yang dilakukan akan  terasa membuang waktu  dan tenaga. Dengan menggunakan  sistem komputerisasi dapat mempercepat kinerja, efektivitas kerja dapat lebih baik serta menghemat waktu yang sebelumnya pekerjaan secara manual sekarang menggunakan  sistem komputerisasi yang hasilnya dapat lebih cepat dan akurat sehingga meningkatkan kinerja yang sangat signifikan.
         Peranan informasi yang cepat dan akurat menghasilkan keputusan dan perkembangan yang cepat pula. Dukungan dan peranan teknologi informasi sangat diperlukan dalam menghadapi perubahan setuasi yang mengarah pada semakin ketatnya persaingan dan peluang  bisnis yang ada. Sekarang ini dengan semakin cangihnya teknologi perangkat keras “hardware seperti memori yang semakin besar, processor”yang semakin kecil, dan kapasitas“hard disk yang semakin besar serta ikut dengan perkembangan teknologi perangkat lunak (software) yang semakin beranekaragam seperti aplikasi multi media dan lain lainmenjadikan informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat terpenuhi.
      Namun selain kedua faktor tersebut ada beberapa komponen penting yang harus diperhatikan yaitu perangkat manusia (brainware) dan arus data (database)  dimaksudkan sebagai sarana tempat penyimpan data atau informasi yang berkomputerisasi. Hal ini dapat mengurangi kesalahan-kesalahan operasi yang selama ini masih dilakukan secara akurat. Selain itu basis data dapat menampilkan data secara cepat dan akurat. Oleh karena itu untuk mendukung aplikasi  pendataan guru guru smp permanen yang efektif perlu dirancang suatu sistem basis data yang lebih komprenhensif sehingga akan memudahkan dalam mengguna data-data yang dibutuhkan.
       Hasil ini mendorong banyak informasi terutama di “Direcção Educação Distrito Dili” yang merupakan instansi pemerintah untuk memanfaatkan perkembangan  informasi secara maksimal baik informasi yang berasal dari dalam maupun informasi yang berasl dari luar. Direcção Educação Distrito Dili adalah bagian dari 13 distrik yang menyelengarakan program pendidikan yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan, yang dapat menghasilkan sumber daya  manusia yang berkualitas terutama guru guru di Timor Leste. Aplikasi pendataan masih menggunakan microsoft office dimana informasi yang dihasilkan tidak efektif dan efisien.  Selain itu juga menghambat proses pengolahan data karena campur aduk antara word dan excel. Oleh karena itu sangat dibutuhkan suatu aplilkasi tambahan dalam membantu aplikasi yang ada, sehingga dapat mempermudah dalam proses pendataan guru-guru secara efektif dan efisien  berbasis komputerisasi.
        Dari semua masalah atau kendala  yang dihadapi  oleh Direcção Educação Distrito dili diatas maka, penulis ingin mengajukan judul “ Aplikasi Pendataan Guru guru SMP Permanen pada “Ministerio da Educação Direcção Educação Distrito Dili berbasis web”.Program aplikasi ini diharapkan dapat membantu mengatasi berbagai masalah yang ada pada “Direcção Educação Distrito Dili”. Diharapkan dengan bantuan aplikasi ini dapat menormalisir  kendala dalam pembuatan laporan-laporan, yang belum dapat disajikan dengan akurat dan  transparan.
1.2   Perumusan masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas maka penulis dapat merumuskan permasalahan sebagai berikut:
1.      Pendataan yang sementara dipakai adalah masih secara manual.
2.      Pembuatan laporan kepada pimpinan kadang-kadang sulit, dikarenakan masih mengunakan sistem manual

1.3  Batasan Masalah
Mengacu pada latar belakang dan perumusan masalah tersebut diatas,  maka agar pembahasan tidak meluas dan fokus sesuai dengan judul, maka pra skripsi ini mengambil batasan masalah tentang:
1.      Hanya membahas data guru guru SMP permanen pada Ministerio daEducacao Direccao Educacao Distrito Dili, mengunakan web (PHP MYSQL)
2.      Tidak membahas data guru-guru SD, SMA dan guru-guru Non formal.
1.4   Tujuan penulisan
       Adapun tujuan dari penulisan Pra-Skripsi adalah :
1.      Untuk mengetahui berapa data guru-guru SMP permanen yang ada pada “Ministerio da Educacao Direccao Educação Distrito Dili”
2.      Untuk menyimpan data guru guru SMP permanen pada “Ministerio da Educacao  Direccao Educacao Distrito Dili”. Secara komputerisasi
3.      Mudah melakukan pencarian data guru-guru SMP permanen pada berbasis web
4.      Untuk membangun aplikasi pendataan guru-guru SMP Permanen pada “Ministerio da Educação Direcção da  Educação Distrito Dili”.
5.      Salah satu syarat untuk mendapatkan gelar Diploma.





BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1.      Tinjauan Umum Instansi
2.1.1.  Nama Instansi Tempat Praktek Kerja Lapangan (PKL)
Lembaga atau instansi yang menjadi  tempat  Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah pada Direcção Educação Distrito Dili yang beralamat pada Rua Martires da Patria Comoro.
2.1.2.  Sejarah Instansi   
           Sejarah singkat tentang Ministério da Educação Direcção Educação Distrito dili dimulai dari pemerintah transisi “UNAMET” pada tahun 2000, hingga sampai sekarang berikutnya  ini:
Direcção da  Educacção Distrito Dili berfungsi pada tahun 2000, yang berlokasi dipusat kota Dili, disamping perkantoran administrasi distrik dili (distrito Dili ), wilayah matadoro selama 8 tahun (2000 s/d bulan mei 2008), dipimping oleh seorang kepala dinas “Superentedente”, Seorang  deputy dan 6 kepala bagian (Chefe da Secção).
Struktur ini berlangsung pada tahun 2007,pada tahun 2007 terjadi pergantian kepala Dinas yang dimana Sr.Marcos da Costa Santos diganti oleh bapak Januari Soares sebagai kepala Dinas baru yang menjabat sampai pada tahun 2008 dengan struktur kepala bagian yang sama .
            Pada bulan Mei 2008 pemerintah melalui kementrian pendidikan Timor Leste membentuk Struktur barunya dengan memunculkan kantor wilayah dengan 5 (lima ), wilayah kanwil 1 Baucau, kanwil 2 Dili, kanwil 3 Ainaro, kanwil 4 Maliana, dan kanwil 5 Oe-cusse , yang berlangsung selama 4 tahun dari tahun 2008 – dengan 2012. Pada tahun 2013 mengadakan reestruktur atau perombakan kemlbali struktur yang ada dengan menghilangkan kantor wilayah telah ada dan memunculkan kembali kantor pendidikan Dstrik  “Direcção da Educação Distrito”  pada tanggal 27 juni 2011, yang mana kantor ini berlokasi kembali dikantor pendidikan yang lama disamping kantor Administrasi Dili  sampai tahun 2013 , pada bulan Juni 2013 kantor ini pindah lokasi ke Comoro dengan menggunakan kembali kantor wilayah II Dili yang mana telah tiadakan , terletaknya Comoro tepatnya dibelakang kantor INAP “Instituição Nacional Administração Publika”. 
2.2.   Visi dan Misi “Direccao Educacao Distrito Dili”
1.  Visi
Membanggung Negara Timor Leste melalui bidang pendidikan yang berkualitas “Construir a Nossa Nasaun atraves de uma, Educação de Qualida”
2.     Misi
Untuk mewujudkan visi tersebut  diatas , maka misi yang diembang oleh    Direcção Educação Distrito Dili adalah:
1.      Meningkatkan professi guru-guru dibidang pendidikan melalui kementrian pendidikan.
2.      Meningkatkan kemampuan dan kemandirian guru melalui proses belajar mengajar.
3.      Meningkatkan kualitas aparatur pembina yang professional dalam tugas  guru.
4.       Meningkatkan efisiensi modernisasi usaha guru-guru melalui pengembangan teknologi.
2.3.   Bagan Struktur Organisasi "Direccão De Educação Distrito Dili”Bagan struktur organisasi dari Direccao Educacao Distrito Dili dapat diperlihatkan pada gambar 2.1.
           
Gambar 2.1. Struktur Organisasi Direccao EducaçãoDistrito Dili
(Sumber: Direcção da Educação Distrito Dili)

2.4.   Uraian Tugas dan Tanggung Jawab
Adapun tugas dan tangung jawab dari struktur Organisasi Direcção Educação Distrito Dili diatas adalah sebagai berikut:

2.4.1  Director Distrital Dili
Tugas dan tanggung jawab merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standarisasi sebagai berikut:
1.      Melaksanakan kebijakan rencana dan keputusan yang diambil di tingkat nasional pendidikan.
2.      Bekerja sama dalam mempromosikan pembangunan dan modernisasi sistem pendidikan
3.      Memastikan  koordinasi dan  artikulasi  dari  berbagai  tingkat pendidikan tidak lebih, sesuai dengan pedoman yang  ditetapkan  di tingkat  pusat, mempromosikan pelaksanaan kebijakan pendidikan dan budaya
4.      Mengkoordinasikan pengumpulan informasi layanan pusat Kementrianuntuk memantau kebijakan pendidikan nasional dan evaluasi yang sistematis
5.      Memastikan penyebaran bimbingan dari pusat layanan dan informasi teknis untuk sekolah
6.      Langsung, mengkoordinasikan dan mengawasi pengajaran, manajemen administrasikeuangan dan properti pendidikan dan manajemen pengajaran, dan semua layanan lain atau membangun kecanduan mereka
7.      Mengkoordinasikan dan mendukung pelatihan guru dan staf lainnya di tingkat kabupatenMengkoordinasikan dan mendukung keberhasilan pelaksanaan dan pelaksanaan program pemberian makanan di sekolah-sekolah.
8.      Bekerja sama dengan departemen dan instansi lain untuk melakukan tindakan bersama di bidang  pendidikan  dan  kebudayaan

2.4.2        Superintendente da Inspecção Distrito de Dili
Tugas Inspektur Umum untuk memantahu seluruh sekolah dari sekolah TK sanpai sekolah UMUM.
1.      Menbuat laporan kepada Kementrian Pendidika Distrik Dili
2.      Memonitorin kepala inspektur bagian sekolah dari TK sanpai SMA dan para staf
3.      Menangani kasus atau melihat kekurangan Guru dan Siswa dimasing masing sekolah

2.4.3        Chefe da Secção Servisos Corporativos
1.      Bertanggung jawab untuk memastikan prosedur bijaksana dan administrasi untuk masuk dan keluar dari dokumenpenyusunan risalah rapat yang dilakukan oleh Direktur atau pemegang dan menyimpan file terskripsi dan benar terorganisir untuk memudahkan pencarian jika diperlukan.
2.      Pastikan keamanan internal dan eksternal dari pembentukan layanan. Memastikan  Direktur protokol dan sepatutnya merekam kegiatan yang sama dengan tujuan memfasilitasi laporan triwulanan, semesteran atau tahunan.
3.      Mengkoordinasikan, menyiapkan dan menyerahkan anggaran tahunan.Tampilkan rancangan tagihan pada biaya dan membuat pengajuan anggaran yang dialokasikan untuk Direktorat District. Memastikan manajemen keuangan berkaitan dengan keselamatan mereka, bercumbu dan biaya pendaftaran.
4.      Memeriksa legalitas pengeluaran dan proses pembayaran atas otorisasi oleh Direktur District.

2.4.4        Chefe da Secção Ensino Básico
Kepala bagia ensino  basico adalah sebagai berikut:
1.      Melihat seluruh sekolah mulai dari tingkat SD sampai tingkat SMP khususnya para guru dan siswa
2.      Membuat perpindahan guru dari sala satu sekolah  ke sekolah lain jika ada kelebihan jumlah banyaknya Guru
3.      Mengambil data atau mengumpulkan data Guru dan siswa mulai dari SD sampai SMP
4.      Persiapan bahan ujian /ebta-ebtanas untuk seluruh sekolah SMP pada Direccao Educacao Distrito Dili
2.4.5        Chefe da Secção Pre-Escolar
1.      Memonitorin seluruh sekolah TK khususnya di distrik dili
2.      Membuat program dan memberi  dukungan kepada pendidikan sekolah TK mengenai proses belajar mengajar
3.      Memberi  evaluasi  para Guru dan Kepalah sekolah

2.4.6        Administração
Tugas pokok Administração e Financas pada Direcção da Educação Distrito Dili adalah bertangung jawab kepada seluruh kepala bagian administrasi dan keuangan
2.4.7        Recursos Humanus
1.      Mengkoordinasikan penyelenggaraan statistik dan indikator kinerja mereka pada sekolah, pendidikan dasar dan Menengah Pendidikan 1,2,3 Umum / Kejuruan sekolah teknis dan memperkenalkan informasi dalam database.
2.      Memastikan pengelolaan dan administrasi sumber daya manusia, pelaksanaan Rencana Strategis dan Rencana Aksi Tahunan dan sektor.
3.      Dijalankan dalam kemitraan dengan Kepala Bagian Corporate dari
proses menilai kinerja guru dan staf dalam kerjasama erat dengan pihak berwenang.
4.      Menyusun dan menyampaikan proposal kepada Kementerian bawah
persetujuan Direktur District pada kualifikasi dan pelatihan guru dan pegawai negeri sipil.
5.      Lakukan prosedur untuk menentukan gaji, aksesoris lain, sewa, lisensi dan absen lain guru dan karyawan Direktorat Kabupaten dan Sekolah.
6.       Kumpulkan informasi yang diperlukan untuk menyediakan Direktur Distric


2.4.8        Logistica
1.      Menjamin investeris-investaris perbaikan manajemen asset negara baik sebagai invertaris suplai kepada mereka yang berkompeten
2.      Menkordinir, menjalankan, pengawasan kepada semua material bagian dalam  pada Direcção da Educação Distrito Dili (DEDD)
3.      Mengembangkan kegiatan yang diperlukan dalam menjalankan norma-norma jaminan kerja
4.      Mempelajari proposal pembangunan konstruksi dan pemberian peralatan dan keperluan lainnya yang telah ditentukan dalam Direcção da Educação Distrito Dili.

2.4.9        Servisos I.T
Mempertahan arsip dalam pengembangan statistik Direcção da Euducação Distrito Dili, sebuah sistem informatika ysng sedang berjalan melaksanakan penkordinasian penyusun rencana strategis. Kebijakan, standarisasi teknologi informasi dan komunikasi, pengembangan sistem informasi dan teknologi keuangan dan pengolaan operasional dan layanan teknologi informasi dan komunikasi, dan pengelolaan jabatan fungsional pranata komputer.

2.4.10     Ensino Secção e Tecnica Profisionais
1        Memantau pelaksanaan kebijakan administrasi sekolah dan manajemen sesuai dengan hukum yang berlaku.
2        Memastikan pelaksanaan program sekolah.
3        Mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk mengirimkan ke Direktorat Nasional untuk tujuan penyusunan Piagam Sekolah dan pengembangan informasi statistik tentang pengajaran dan staf  non-mengajar .
4        Mengidentifikasi guru untuk menyerahkan kepada Direktorat Nasional untuk tujuan kualifikasi profesional di bidang pengajaran mereka.
5        Menetapkan program untuk kegiatan yang berbeda extracurriculares sekolah.
6        Mengatur, bekerja sama dengan sekolah sekolah dan direktorat kabupaten, sistem informasi yang diperlukan untuk menghasilkan instrumen evaluasi pembelajaran.
7        Melakukan tugas-tugas administrasi lainnya, teknis superior ditugaskan oleh Direktorat Jenderal Administrasi Sekolah, Kurikulum Inovasi dan Pengembangan, Direktorat Nasional Jenderal Menengah, Direktorat Nasional Kejuruan Teknis Pendidikan, Direktorat Nasional Kurikulum dan Penilaian dan Direktur School District
2.4.11       Servisos Emis
EMIS: Education Manajemen Information System
1.      Mengumpulkan data dari tingkat SD sampai SMA
2.      Mengidentifikasikan Siswa dan Siswi dari setiap sekolah
3.      Perencanaan dalam mengambil data untuk pemberian makanan tambahan.
2.5        Tinjauan Umum Aplikasi Pendataan Guru-guru SMP Permanen
Pada sub tinjauan Aplikasi pendataan guru-guru SMP permanen maka penulis menguraikan beberapa pengertian yang berkaitan dengan kegiatan  PKL ini antara lain:
1.5.1.      Aplikasi
Aplikasi berasal dari kata “application” yang artinya penerapan;lamaran;penggunaan.Secara istilah aplikasi adalah: program yang siap pakai yang direka untuk melaksanakan suatu fungsi bagi pengguna atau aplikasi yang lain dan dapat digunakan oleh sasaran.
Aplikasi menurut Jogiyanto(1999:12), “adalah pengunaan dalam suatu computer, instruksi “instruction”, atau pernyataan “statement” yang disusun sedemikian rupa sehinga computer dapat memproses “Input” mendaji “Output.” Menurut kamus besar bahasa indinesia (1998:52), alpikasi adalah “penerapan dari rancang sistem untuk mengelolah data yang mengunakan aturan atau ketentuan bahasa pemrograman tertentu”.
1.5.2.      Pendataan  
           James Brien (2006),” pendataan merupakan suatu proses pengambilan data, pada tempat penelitian yang akhirnya sebagai bahan pembuatan aplikasi, pendataan juga dapat diartikan sebagai suatu penelitian. Data adalah kenyataan yang mengambarkan suatu kejadian kejadian dan kesatuan nyata. Kejadian-kejadian “Event” adalah sesuatu yang terjadi pada saat tertentu”.
1.5.3.      Guru-Guru  
           Menurut Sardiman, “guru merupakan salah satu komponen manusiawi dalam proses belajar mengajar, yang ikut berperan dalam usaha pembentukan sumber daya manusia yang otensial di bidang pembangunan. Dari  pengertian  tersebut dapat  dipahami bahwa seorang guru dengan segala keilmuannya mampu mengembangan potensi dari setiap anak didiknya Guru dituntut untuk peka dan tanggap terhadap perubahan perubahan, pembaharuan, serta ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang sejalan  dengan tuntutan kebutuhan  masyarakat  dan perkembangan zaman”. 
Guru adalah seorang yang mempunyai gagasan yang harus diwujudkan untuk kepentingan anak didik,  menunjang  hubungan  sebaik-baiknya,  dalam kerangka menjunjung tinggi, mengembangkan dan menerapkan  keutamaan yang menyangkut agama, kebudayaan dan keilmuan. Dari pengertian tersebut bahwa sebagai tenaga pendidik yang memiliki kemampuan kualitatif. Guru harus menguasai ilmu keguruan dan mampu menerapkan strategi pembelajaran untuk mengantarkan siswanya pada tujuan pendidikan, dalam hal  ini  pendidikan  agama misalnya,  yaitu  terciptanya  generasi  mukmin  yang  berkepribadian.
1.5.4.      Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Sekolah Menengah Pertama ( SMP) merupakan jenjang pendidikan dasar  formal di Timor-Leste setelah menyelesaikan pendidikan sekolah dasar (SD) atau yang sederajat. Sekolah Menengah Pertama  dilaksanakan dalam kurun waktu 3 tahun, mulai dari kelas 7 sampai kelas 9. Siswa kelas 9 diwajibkan mengikuti Ujian Nasional yang mempengaruhi kelulusan atau tidaknya.
           Sekolah Menengah Pertama ( SMP) termasuk wajib belajar bagi setiap warga negara berusia 7-15 tahun di Timor Leste. Wajib belajar 9 tahun meliputi  pendidikan dasar, yakni sekolah dasar (atau sederajat) 6 tahun dan sekolah menengah pertama (atau sederajat) 3 tahun. Sekolah Menengah Pertama ( SMP) diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta.

1.5.5.      Permanen
Permanen Merupakan data atau Informasi yang dapat digunakan sebagai dasar dari  memahami simpan didatabase atau data tersebut tetep (tidak untuk sementara waktu).

1.5.6.      Aplikasi  Pendataan Guru-Guru SMP Permanen
Dengan demikian telah dijabarkan bahwah Aplikasi pendataan Guru-guru SMP permanen merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk mempermudah pendataan guru guru SMP permanen dengan mudahterkontrol oleh guru di Instansi tersebut dengan efisiensi dan efektifitas.


1.6.      Tinjauan Umum  Software
1.6.1.      Web
    “World Wide Web atau WWW “atau juga dikenal dengan WEB adalah salah satu layanan yang didapat oleh pemakai computer yang terhubung ke internet. Web ini menyediakan informasi bagi pemakai computer yang terhubung ke internet dari sekedar informasi “sampah” atau informasi yang tidak berguna sama sekali sampai informasi yang serius; dari informasi yang gratis sampai informasi yang komersial. Website atau situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar atau, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman “hyperlink”
           Tahun 1993, Tim Berners-Lee dan peneliti lain di European particle Physics  Lab (Consei European pour la Recherche  Nucleaire atau CERN) diGenewa Swis, mengembangkan suatu cara untuk datan menggunakan sesatu  yang disebut denga hypertext.
      Menurut Suwanto Raharjo S.Si, M.Kom, “Web merupakan salah satu layanan internet yang paling banyak digunakan dibanding dengan layanan lain seperti ftp, gopher, news atau bahkan email”
1.6.2.      PHP
1.6.2.1.               Konsep Dasar Bahasa Pemrograman PHP
Sejak awal perkembangannya, PHP mengalami kesuksesan luar biasa dari versi ke versinya, dan telah menjadi kebutuhan standar untuk situs-situs web guna mengunakan layanan interaktif kepada user/pengunjung. Hypertext Pre-processor merupakan sebuah akronim rekursif untuk PHP yang dirancang super cepat dengan menggunakan bahasa yang lebih sederhana. PHP bukan sembarang bahasa pemrograman seperti yang banyak kita bayangkan, tetapi lebih lazim disebut “scripting language” atau bahasa scripting, sebagaimana diungkapkan oleh situs resminya.
1.6.2.2. Sejarah PHP
Munculnya PHP bermula dari PHP/FI yang dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada awalnya PHP/FI hanya terdiri dari sekumpulan skrip Perl dan digunakan sebagai alat untuk melacak akses ke resume online-nya. Sekumpulan skrip perl ini diberi nama “Personal Home Page Tools”. Rasmus kemudian memasukkan beberapa aturan bahasa “C”, menambah kemampuan akses ke database, sehingga ia dapat membuat aplikasi web sederhana. Rasmus kemudian memutuskan untuk melepaskan kodenya dengan nama “Personal Home Page/Forms Interpreter” untuk disebarkan agar orang lain dapat menggunakannya dan memperbaiki serta menambah  kekurangannya.
1.6.2.3.Struktur dasar PHP
PHP adalah bahasa scripting yang menyatu dengan HTML dan dijalankan pada serverside. Artinya semua sintaks yang kita berikan akan sepenuhnya dijalankan pada serverse sedangkan yang dikirimkan ke browser hanya hasilnya saja.
File contoh1.php:
<html>
<head>
<title>
Contoh Sederhana
</title>
</head>
<body>
<?php
echo(“Hallo apakabar? Nama saya PHP script”);
?>
</body>
</html>.

1.6.2.4. MySQL
MYSQL (My Structure Query Language) adalah salah satu database dari sekian banyak database lain seperti Oracle, MS SQL, PostgresSQL dan banyak lagi. Kesemuanya itu mempunyai fungsi dan manfaat yang hampir sama namun dalam pengerjaanya sedikit berbeda, MySQL adalah penggunaan yang paling mudah.
“MySQL adalah Relational Database Management Sistem (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL “General Public Lisenc”. Dimana setiap orang bebas untuk menggunakan MySQL, namun tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat closed source atau komersial”.
  Didik Dwi Prasetyo:2002:2. Mengatakan“MySQL sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam database sejak lama, yaitu SQL (Structure Quey Language). SQL adalah sebuah konsep pengoperasian database, terutama untuk pemilihan/seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis. Sebagai database server, MySQL dapat dikatakan lebih unggul dibandingkan database server lainnya dalam query data. Hal ini terbukti untuk query yang dilakukan single user, kecepatan query MySQL bisa sepuluh kali lebih cepa”t.
1.6.2.5.DDL dan DML
1.      Data Definition Language (DDL)
Data Definition Language (DDL merupakan sub bahasa SQL yang digunakan untuk membangung kerangka database. Ada tipe perintah yang termasuk dalam DDL adalah:
1.      CREATE: perintah ini digunakan untuk membuat database baru, table baru, dan kolom
2.      ALTER: perintah ini digunakan untuk struktur table  yang telah dibuat menganti nama table, menambah kolom, mengubah kolom,menghapus kolom.
3.      DROP: perintah ini digunakan untuk menghapus database dan table .
2.                     Data Manipulation Language (DML)
Data Manipulation Language (DML)merupakan sub bahasa SQL yang digunakan untuk memanipulasi  data dalam database yang telah dibuat adalah :
1.      INSERT : perintah ini digunakan untuk memasukan data baru dalam table
2.      SELECT : perintah ini digunakan untuk mengambil data atau menampil data dalam relasi .
3.      UPDATE : perintah ini digunakan untuk memperbaharui data lama menjadi data terkini. Ada memiliki data yang salah .
4.      DELETE : perintah ini digunakan untuk menghapus data dari  table. Biasanya data yang dihapus adalah data yang tidak diperlukan.
2.6..2.6.  Adobe  Dreamweaver CS5
Dreamweaver merupakan suatu penyajian profesional web editor dalam pembuatan website atau homepage. Dreamweaver dapat juga menggabungkan antara halaman satu dengan halaman lainnya denga menggunakan fasilitas yang telah disediakan yaitu (Link features). Fasilitas lainnya yang ada pada dreamweaver adalah menggabungkan file Flas (swf), image, (JPEG,GIF,dan lain lain),skrip kedalam website yang telahdiimpor
1.6.2.7. Xampp
Kepanjangan dari XAMPP yaiut Apache, PHP, MySQL dan phpMyAdmin. XAMPP merupakan tool yang menyediakan paket perangkat lunak ke dalam satu buah paket. Dengan menginstall XAMPP maka tidak perlulagi melakukan instalasi dan konfigurasi web server Apache, PHP dan MySQL secara manual. XAMPP akan menginstalasi dan mengkonfigurasikannya secara otomatis untuk anda ata  auto konfigurasi. Pengertian Xampp
            XAMPP adalah sebuah software web server apache yang didalamnya sudah tersedia database server mysql dan support php programming. XAMPP merupakan software yang mudah digunakan, gratis dan mendukung instalasi di Linux dan Windows. Keuntungan lainnya adalah cuma menginstal satu kali sudah tersedia Apache Web Server, MySQL Database Server, PHP Support (PHP 4 dan PHP 5) dan beberapa module lainnya.




BAB III
BAHAN DAN METODE
3.1.        Bahan dan Alat
   Dalam pembuatan laporan ini penulis menggunakan bahan dan alat yang membantu dan mempermudah serta memperlancar dalam proses menyelesaikan laporan ini antara lain.

3.1.1.      Bahan
Bagan alur sistem merupakan bagan yang menunjukkan arus pekerjaan secara keseluruhan dari sistem secara logika. Bagan ini menunjukkan urut-urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem dan berfungsi sebagai alat bantu komunikasi dan dokumentasi. Di dalam penyusunan dokumentasi, aturan atau aliran data, prosedur biasanya digambarkan dengan simbol-simbol dan lambang-lambang yang menggunakan “Flowcharting Symbol” yang disahkan oleh United State of America (USA) Standard Institute seperti tampak pada gambar  berikut :
1.      Simbol Flowchart
Simbol
Arti


Terminal simbol ini untuk mengawali atau mengakhiri


Proses symbol ini untuk mengambarkan suatu proses yang sedang dieksekusi




Input data Manual simbol ini digunakan untuk mengambarkan suatu kegiatan yang bersifat manualisasi


Simbol ini digunakan untuk mengambarkan suatu dokumen atau kegiatan mencetak.




Multi Dokuments simbol ini lebih dari satu dokumen

Manual Input simbol ini digunakan  untuk mengambarkan proses pemasukan data melalui media keyboard


Pengambilan keputusan simbol ini digunakan untuk pengujian suatu kondisi yang sedang diproses


Database/ Media Penyimpanan




Arsip
Gambar 3.1 Simbol Flowchart
DFD (Data flow diagram) digunakan untuk menggambarkan sistem yang berjalan atau sistem yang diusulkan yang digambarkan secara logika tanpa mempertimbangkan lingkungan fisik dimana data tersebut disimpan. DFD merupakan alat analisis yang baik, karena dapat menggambarkan arus data pada suatu sistem secara terstruktur dan jelas.
2.      Simbol  Data Flow Diagram (DFD)
No
DeMarco and
Yourdan Symbols
Keterangan

1
Source
(Kesatuan Luar)
2
Proses
3
Data Flow/Aliran Data
4
Data Store
(Simpanan Data)
Gambar 3.2  Data Flow Diagram (DFD)
3.      Simbol 3.3 Entity Relasionship Diagram (ERD)
Gambar
Keterangan
Relasi : Berfungsi untuk menhubungkan antar table



Entitas: Menunjukan bagian dari luar system

Garis penghubung: Berfungsi untuk menghubungkan antar table dengan relasi
Gambar 3.3 Entity Relasionship Diagram (ERD)

3.1.2.        Alat
Adapun peralatan dan komponen yang digunakan dalam membangun sistem aplikasi pendataan ujian pra-skripsi pada Institute of Business yang terdiri dari perangkat keras maupun perangkat lunak.

1.      Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras yang digunakan, mendukun dan memperlancar proses pengetikan dan pengeditan tugas akhir (TA) saya adalah sebagai berikut :
1.   Laptop Accer Aspire
2.      Processor Intel (R)Atom (TM) CPU N450@1.66GHZ 1.67GHz
3.      RAM (Random Access Memory) DDR 2.00 GB.
4.      HDD (Hard Disk Drive) 320 GB.
5.      Keyboard merek UNIQUE +
6.      Touhpat ini biasanya sebagai penganti Mouse.

2.      Perangkat Lunak (Software)
Adapun perangkat lunak yang digunakan adalah sebegai berikut :
1.      Sistem Operasi Windows 7 Ultimate.
2.      Microsoft Office Word Versi 2007 yang digunakan untuk menyusun laporan.
3.      Microsoft Office PowerPoint Versi 2007 yang digunakan untuk membuat slide presentasi.
4.      Microsoft Office Visio Versi 2007 digunakan untuk membuat diagram gambar atau bagan.
5.      Adobe Dreamweaver CS5 yang digunakan untuk membuat program.
3.2.       Metodologi
   Dalam melakukan penelitian penulis menggunakan dua metode yakni metode pengambilan data dan metodologi perancangan program.
Metode pengambilan data terdiri dari dua yakni :
1.      Wawancara (Interview)
Metode yang digunakan untuk mendapatkan data bagi keperluan penulisan  ini dengan melakukan wawancara secara langsung dengan para Guru-guru SMP permanen yang bekerja pada Kantor Direccao da Educacao Distrito Dili.
2.      Observasi (Observation)
Metode ini dilakukan dengan teliti dan sistematis secara langsung dilapangan untuk memperoleh data yang diinginkan. Metodologi perancangan merupakan urutan langkah-langkah atau hirarki pembuatan alur dokumen, diagram konteks, Diagram, diagram berjenjang, data flow diagram, tabel dan perancangan input-output.

Studi   Kepustakaan (Metode Pustaka)
            Dalam metode ini, peneliti menggunakan konsep teoritis yang bersumber dari literatur-literatur terkait yang berhubungan dengan pengolahan data serta aplikasi yang berhubungan dengan PHP dan database My sql.

3.3. Alur Dokumen
Bagan Alur sistem (System Flowchart  merupakan bagan yang menemukan arus pekerjaan secara keseluruhan dari sistem secara logika.Bagan ini menunjukkan urut-urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem dan berfungsi sebagai alat bantu komunikasi dan dokumentasi. Di dalam penyusunan dokumentasi, aturan atau aliran data biasanya digambarkan dengan simbol menggunakan “Flowmap Symbol” yang disahkan oleh USA Standard Institute seperti pada gambar di bawah ini.
1.      Flowchart sistem yang sedang berjalan
Gambar 3.4 Sistem yang sedang berjalan
2.       Alur  dokumen yang diusulkan
Gambar 3.5 Alur dokumen yang diusulkan

3.4. Diagram Konteks
Diagram Konteks adalah sebuah diagram sederhana yang menggambarkan hubungan satu dengan yang lain dengan aliran dan penyimpanan data atau sebuah diagram yang menggambarkan hubungan input atau output antara sistem dengan dunia luar (kesatuan luar). Suatu diagram konteks selalu mengandung satu proses saja (seringkali diberi nomor proses nol) atau biasanya dipresentasikan dengan lingkaran tunggal yang mewakili keseluruhan sistem. Diagram konteks dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Gambar 3.6. Diagram Konteks
3.5.  Data Flow Diagram
Data Flow Diagram memberikan deskripsi yang mendetail terhadap masalah yang harus dipecahkan oleh perangkat lunak. DFD dikembangkan untuk membantu menganalisa aliran data dan merancang sistem. DFD mempunyai notasi dasar yang berisi entitas luar (External Entity), proses (process), objek data (data object) dan penyimpanan data (data store).
Data flow dibuat untuk diperoleh detail proses yang ada dalam sistem yang akan dibangun yang dapat di lihat pada data flow diagram di bawah ini :





1.5.1.      Data Flow Diagram Level 0
Gambar 3.7. Data Flow Diagram  Level 0




3.5.2.   Data Flow Diagram Level 0 Proses 1
Gambar 3.8. Data Flow Diagram Level 0 Proses 1




3.5.3         Data Flow Diagram Level 0 Proses 2
Gambar 3.9  Data Flow Diagra Level  0  Proses 2




1.5.4.       Data Flow Diagram Level 0 Proses 3
Gambar 3.10. Data Flow Diagram Level  0 Proses 3




3.6. Diagram Berjenjang  (HIPO)
HIPO atau diagram berjenjang atau Hierarchy Chart dapat digunakan untuk mempersiapkan penggambaran Diagram Arus Data (DAD) ke level-level lebih bawah lagi. Diagram berjenjang dapat digambarkan dengan menggunakan notasi proses yang digunakan pada DAD.


Gambar 3.11 Diagram Berjenjang (Hipo)



3.7. Entity Relationship Diagram (ERD)
Model Entity Relationship Diagram yang berisi komponen-komponen himpunan entitas dan himpunan relasi yang masing-masing dilengkapi dengan atribut atribut yang mempresentasikan seluruh fakta dari dunia nyata yangditinjau, sehingga dapat digambarkan dengan lebih sistematis.

Gambar 3.12. Entity Relationship Diagram (ERD)
3.8. Kamus Data
Kamus data adalah sebuah gambaran tertulis dari data-data yang di masukan dalam database dan juga merupakan katalog fakta tentang  data dan kebutuhan informasi dari suatu sistem informasi. Kamus data berisi elemen-elemen data dari sistem yang dibangun dengan elemen-elemen pendukung sistem.
1.      Tabel Guru
Nama table             :  Guru
Kunci Primer          :  Nip
Fungsi                     :  untuk menyimpan data Guru
Jumlah field            :  8
Tabel 3.1 Tabel Guru
No
Nama Field
Tipe
Panjang Karakter
Keterangan
1
Nip
Varchar
10
Nip Guru
2
Nama_Guru
Varchar
50
Nama Guru
3
J K
Varchar
15
Jenis Kelamin
4
Tgl_lahir
Date
10
Tanggal lahir
5
Tempat_lahir
Varchar
50
Tempat Lahir
6
Kd_Jabatan
Varchar
15
Kd Jabatan
7
Alamat
Varchar
50
Alamat
8
Telp
Varchar
15
Telp

2.      Tabel Sekolah
Nama table            :  Sekolah
Kunci Primer         :  kd_Sekolah
Fungsi                   :  untuk menyimpan data sekolah
Jumlah field          :  6
Tabel 3.2 Sekolah
No
Nama Field
Tipe
Panjang Karakter
Keterangan
1
Kd_sekolah
Varchar
50
Kode sekolah
2
Nm_Sekolah
Varchar
50
Nama sekolah
3
Status_Sekolah
Varchar
15
Status sekolah
4
Tgl_Berdiri
Date
10
Tanggal berdiri
5
Alamat_Sekolah
Varchar
15
Alamat Sekolah
6
Telp
Varchar
50
Telp sekolah

3.      Tabel Jabatan
Nama table            :  Jabatan
Kunci Primer         :  kode Jabatan
Fungsi                   :  untuk menyimpan data jabatan
Jumlah field          :  2

Tabel 3.3 Jabatan
No
Nama Field
Tipe
Panjang Karakter
Keterangan
1
Kd_Jabatan
Varchar
5
Kode  Jabatan
2
Nm_Jabatan
Varchar
50
Nama  Jabatan

4.      Tabel Pendataan
Nama table            :  Pendataan
Kunci Primer         :  kd_pendataan
Fungsi                   :  untuk menyimpan pendataan
Jumlah field          :  8
tabel 3.4 Tabel Pendataan
No
Nama Field
Tipe
Panjang Karakter
Keterangan
1
Kd_Pendataan
Varchar
20
Kode Pendataan
2
Tgl_Pendataan
Date
20
Tgl Pendataan
3
Nip
Varchar
10
Nip Guru
4
Nama_guru
Varchar
50
Nama Guru
5
Kd_jabatan
Varchar
15
Kode jabatan
6
Nm_Jabatan
Varchar
50
Nama Jabatan
7
Kd_sekolah
Varchar
40
Kode sekolah
8
Nama_sekolah
varchar
40
Nama sekolah

3.9     Perancangan Input Output
Perancagan input merupakan alat yang digunakan oleh pengguna untuk berdialog dengan Aplikasi dalam memodifikasikan data, sedangakan Perancagan Ouput adalah hasil aplikasi yang dapat dilihat.
3.10 Perancangan User Interface
Perancangan user interface atau antar muka pengguna merupakan perancangan form-form yang akan digunakan dalam program termasuk input dan outputnya. Masing–masing page memiliki fungsi dan kegunaan sesuai perancangan sistem yang telah dibuat. Perancangan user interface dapat dilihat sebagai berikut :
3.10.1    Halaman Utama 
Dalam halaman utama ini terdapat beberapa menu yang terletak di sebelah kiri. Berikut tampilan halaman utama.



Header
Input       Proses       Output                                         Beranda
Log Out





                               Content
Foother
  Gambar 3.1Rancangan Halaman Utama
3.10.2    Halaman Input Data Jabatan
Halaman input data jabatan digunakan administrator untuk memasukkan data dan memperbarui data siswa. Dalam form ini terdapat tombol“simpan” dan “batal”. Berikut ini adalah tampilan halaman input data jabatan.

Data Jabatan
No
Kode Jabatan
Nama Jabatan
Tambah



Edit
Hapus






Kode Jabatan                         
Nama Jabatan                                 
 
 









Gambar 3.2 Rancangan Halaman Input  data Jabatan

3.10.3    Halaman Input Data Guru

Data Guru
NIP
Nama Guru
Alamat
Tempat lahir

Tgl lahir
Jenis kelamin
No.tlp
Nama jabatan
Tambah








Edit
Hapus











NIP                            
Nama guru                 
Alamat                                   
Jenis kelamin              
No telepon                       
Nama jabatan             
Tempat lahir               
Tgl lahir                      

 
Halaman input data guru digunakan administrator untuk memasukkan data dan memperbarui data guru. Dalam form ini terdapat tombol “simpan” dan “batal”. Berikut ini adalah tampilan  halaman input data.







Gambar 3.3 Rancangan Halaman Input Data Guru








Gambar 3.3 Input Data Guru

3.10.4    Halaman Input Data Sekolah
Halaman input data sekolah digunakan administrator untuk memasukkan data dan memperbarui data sekolah. Dalam form ini terdapat tombol “simpan” dan “batal”. Berikut ini adalah tampilan halaman input data sekolah.


             Data Sekolah



 
 







                          Gambar 3.24 Rancangan Halaman Input Data Sekolah

           

 Gambar 3.4 Rancangan Halaman Input Data Sekolah


















3.10.5    Halaman Proses  Pendataan Guru

Pendataan Guru

Kode pendataan
Tgl pendataan
Nip

Nama guru
Kode jabatan
Nama jabatan
Kode sekolah
Nama sekolah

Tambah








Edit
Hapus











Kode pendataan         
Tgl pendataan                
Nip                             
Nama guru                 
Kode jabatan                  
Nama jabatan             
Kode sekolah             
Nama sekolah             

 
Halaman proses pendataan guru digunakan administrator untuk memasukkan data dan memperbarui pendataan guru. Dalam form ini terdapat tombol “simpan” dan “batal”. Berikut ini adalah tampilan  halaman proses pendataan guru.



Gambar 3.25 Rancangan Halaman Input Data Pendataan Guru











Gambar 3.5 Rancangan Proses Pendataan Guru






3.10.6    Perancangan Output
1. Perancangan Laporan Data jabatan
Gambar 3.6 Perancangan Laporan Data jabatan

2.      .Perancangan Laporan Data Per-sekolah
Gambar 3.7 Perancangan Laporan Data Per-sekolah

3.      Perancangan Laporan Data seluruh
            Gambar 3.8 Perancangan Laporan Data seluruh sekolah

4.      Perancangan Laporan Data Per-guru
Gambar 3.9  Perancangan Laporan Data per-guru


5.      Perancangan Laporan Data seluruh guru
Gambar 3.10  Perancangan Laporan Data seluruh guru

6.      Perancangan Laporan Data Guru Per-sekolah
Gambar 3.11  Perancangan Laporan Data Guru per-sekolah






BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
1.1  Penjelasan program
Pada pembuatan Aplikasi ini penulis menggunakan paket Program Berbasisweb dengan fasilitas form yang dirancang sendiri sesuai kebutuhan program.pada bagian ini penulis akan menampilkan hasil dari aplikasi yang telah dirancangkan .
1.1.1.  Tampilan menu Utama
Gambar 4.1 tampilan menu utama

4.1.2        Tampilan Menu Input Data Jabatan
Gambar 4.2 Tampilan Input Data Jabatan
4.1.3        Tampilan Input Data Guru
Gambar 4.3 Tampilan Input Data Guru



4.1.4        Tampilan Input Data Sekolah
Gambar 4.3 Tampilan Input Data Sekolah

4.2      Proses Pendataan Guru
1.2.1.      Tampilan  Proses Data Pendataan Guru
Gambar 4.5 Tampilan Proses Pendataan Guru
1.3. Tampilan Menu Output
4.3.1 Tampilan Lap. Data Jabatan
Gambar 4.6 Tampilan Laporan Data Jabatan

4.3.2 Tampilan  Lap. Data Per-sekola
Gamabar 4.7 Tampilan Laporan Data Per-sekolah

4.3.3        Tampilan Lap. Data  seluruhan Sekolah
Gambar 4.8 Tampilan Laporan  data Seluruh Sekolah

4.3.4        Tampilan Lap. Data  Per-guru
Gambar 4.9 Tampilan Lapolaran Data Per-guru

4.3.5        Tampilan Lap. Data Seluruhan  Guru
Gambar 4.10 Tampilan Laporan Data Seluruh Guru


4.3.6        Tampilan Lap. Data Guru  Per-sekolah
Gambar  4.11 Tampilan Laporan Data Guru Per-sekol




 BAB V
PENUTUP
5.1  Kesimpulan
     Berdasarkan uraianuraian yang telah dibahas pada bab bab sebelumnya, maka secara garis besar dapat kesempulan bahwa aplikasi pendataan guru-guru SMP Permanen pada ministerio da Educação Direcção da Educação Distrito Dili pada saat ini belum memakai sistem komputerisasi sehingga sering mengalami kesulitan dan penangananya yang kurang efisien dalam proses pengimputan data. Penggunaan sistem komputerisasi pada Direcção da Educação Distrito Dili dengan menggunakan aplikasi berbasis web PHP MY SQL beberapa kelebihan yaitu:
1.         Dalam pengolahan dan pencarian data dapat dilakukan  dalam waktu yang tepat, sehingga data yang dapat lebih akurat dan relevan juga dapat disajikan secara otomatis, sehingga dapat meningkatkan efectivitas waktu, efisiensi.
2.      Aplikasi pendataan guru-guru SPM permanen pada Ministério da Educação Direcção da Educação Distrito Dili berbasis web lebih menarik dan komunikatif serta mempunyai kapasitas ruang penyimpanan data yang lebih besar.
3.      Aplikasi pendataan guru-guru SMP permanen pada Direcção daEducação Distrito Dili dapat membantu kecepatan dan ketepatan dalam pendataan.








5.2              Saran
        penulis dalam penyusunan ini adalah semoga dapat membantu proses kerja pada Direcção Educação Distrito Dili, khususnya  pada bagian Ensino Basico 3 Ciclo. Untuk itu penulis mengemukakan saran-saran sebagai bahan pertimbangan dalam memperbaiki kekurangan-kekurangan yang dialami selama proses kerja adalah sebagai berikut:
1.      Untuk mengatasi agar tidak terjadi proses kerja yang memerlukan waktu lama dan sering menghadapi bermacam-macam masalah maka diperlukan saran dan pendukung yang lengkap dengan cara menambah fasilitas komputer dengan lebih lengkap agar dapat mengolah data dalam waktu yang cepat
2.      Diperlukan pula sumber daya manusia dibidang yang mampu perangkat perangkat komputer sehingga sebagai pengolahan data.
3.      Perlu diadakan latihan-latihan yang khusus (training) bagi guru-guru SMP permanent.















Komentar

Bele kopia hau nia skripsi mas tenki husu nain lai,
1.Buka CMD, dengan cara klik Menu Start > All Programs > Accessories > Command Prompt .
atau dengan cara Tekan " Windows key + R " Lalu ketikan CMD , tekan Enter .
2.Ketiklah Perintah: diskpart , Lalu enter .
3.Ketik lagi Perintah: list volume , Lalu enter
( Lihat di Windows Explorer drive apa yang di pakai oleh FlashDisk anda )

4.Misalnya Flashdisk anda berada pada volume 4,
Maka Ketiklah: select volume 4 lalu enter.
5.Ketik : clean , lalu Enter .
6.Ketik : create partition primary , dan Enter .
7.Ketik : select partition 1 , tekan Enter .
8.ketik : active , dan Enter .
9.Ketik format fs=fat32 , tekan Enter .
lalu tunggu sampai Selesai Prossesnya ( 100%)
10.dan yang terakhir jika sudah selesai 100% , ketik : assisgn ,
dan tekan Enter
11.Selesai deh, untuk perintah Keluar dari CMD ketikkan saja: exit ,
lalu tekan Enter .
BY : SEBASTIAO DA COSTA