IOB

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
 Di era globalisasi saat ini teknologi terus maju dibandingkan sebelumnya, dan akan berkembang secara terus menerus.  Pada masa sekarang ini pengolahan data tampa menggunakan sistem komputerisasi merupakan suatu hal yang sedikit tertinggal. Karena tidak menggunakan sistem komputerisasi, yang dilakukan akan  terasa membuang waktu  dan tenaga. Dengan menggunakan  sistem komputerisasi dapat mempercepat kinerja, efektivitas kerja dapat lebih baik serta menghemat waktu yang sebelumnya pekerjaan secara manual sekarang menggunakan  sistem komputerisasi yang hasilnya dapat lebih cepat dan akurat sehingga meningkatkan kinerja yang sangat signifikan.
         Peranan informasi yang cepat dan akurat menghasilkan keputusan dan perkembangan yang cepat pula. Dukungan dan peranan teknologi informasi sangat diperlukan dalam menghadapi perubahan setuasi yang mengarah pada semakin ketatnya persaingan dan peluang  bisnis yang ada. Sekarang ini dengan semakin cangihnya teknologi perangkat keras “hardware seperti memori yang semakin besar, processor”yang semakin kecil, dan kapasitas“hard disk yang semakin besar serta ikut dengan perkembangan teknologi perangkat lunak (software) yang semakin beranekaragam seperti aplikasi multi media dan lain lainmenjadikan informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat terpenuhi.
      Namun selain kedua faktor tersebut ada beberapa komponen penting yang harus diperhatikan yaitu perangkat manusia (brainware) dan arus data (database)  dimaksudkan sebagai sarana tempat penyimpan data atau informasi yang berkomputerisasi. Hal ini dapat mengurangi kesalahan-kesalahan operasi yang selama ini masih dilakukan secara akurat. Selain itu basis data dapat menampilkan data secara cepat dan akurat. Oleh karena itu untuk mendukung aplikasi  pendataan guru guru smp permanen yang efektif perlu dirancang suatu sistem basis data yang lebih komprenhensif sehingga akan memudahkan dalam mengguna data-data yang dibutuhkan.
       Hasil ini mendorong banyak informasi terutama di “Direcção Educação Distrito Dili” yang merupakan instansi pemerintah untuk memanfaatkan perkembangan  informasi secara maksimal baik informasi yang berasal dari dalam maupun informasi yang berasl dari luar. Direcção Educação Distrito Dili adalah bagian dari 13 distrik yang menyelengarakan program pendidikan yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan, yang dapat menghasilkan sumber daya  manusia yang berkualitas terutama guru guru di Timor Leste. Aplikasi pendataan masih menggunakan microsoft office dimana informasi yang dihasilkan tidak efektif dan efisien.  Selain itu juga menghambat proses pengolahan data karena campur aduk antara word dan excel. Oleh karena itu sangat dibutuhkan suatu aplilkasi tambahan dalam membantu aplikasi yang ada, sehingga dapat mempermudah dalam proses pendataan guru-guru secara efektif dan efisien  berbasis komputerisasi.
        Dari semua masalah atau kendala  yang dihadapi  oleh Direcção Educação Distrito dili diatas maka, penulis ingin mengajukan judul “ Aplikasi Pendataan Guru guru SMP Permanen pada “Ministerio da Educação Direcção Educação Distrito Dili berbasis web”.Program aplikasi ini diharapkan dapat membantu mengatasi berbagai masalah yang ada pada “Direcção Educação Distrito Dili”. Diharapkan dengan bantuan aplikasi ini dapat menormalisir  kendala dalam pembuatan laporan-laporan, yang belum dapat disajikan dengan akurat dan  transparan.
1.2   Perumusan masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas maka penulis dapat merumuskan permasalahan sebagai berikut:
1.      Pendataan yang sementara dipakai adalah masih secara manual.
2.      Pembuatan laporan kepada pimpinan kadang-kadang sulit, dikarenakan masih mengunakan sistem manual

1.3  Batasan Masalah
Mengacu pada latar belakang dan perumusan masalah tersebut diatas,  maka agar pembahasan tidak meluas dan fokus sesuai dengan judul, maka pra skripsi ini mengambil batasan masalah tentang:
1.      Hanya membahas data guru guru SMP permanen pada Ministerio daEducacao Direccao Educacao Distrito Dili, mengunakan web (PHP MYSQL)
2.      Tidak membahas data guru-guru SD, SMA dan guru-guru Non formal.
1.4   Tujuan penulisan
       Adapun tujuan dari penulisan Pra-Skripsi adalah :
1.      Untuk mengetahui berapa data guru-guru SMP permanen yang ada pada “Ministerio da Educacao Direccao Educação Distrito Dili”
2.      Untuk menyimpan data guru guru SMP permanen pada “Ministerio da Educacao  Direccao Educacao Distrito Dili”. Secara komputerisasi
3.      Mudah melakukan pencarian data guru-guru SMP permanen pada berbasis web
4.      Untuk membangun aplikasi pendataan guru-guru SMP Permanen pada “Ministerio da Educação Direcção da  Educação Distrito Dili”.
5.      Salah satu syarat untuk mendapatkan gelar Diploma.








Komentar