CARA MEMBUAT PRESENTASI DI MICROSOFT OFFICE POWERPOINT 2007
CARA MEMBUAT PRESENTASI
DI MICROSOFT OFFICE POWERPOINT 2007
langkah / cara-cara
untuk membuat presentasi di Microsoft Office Power Point 2007.
1. Langkah awal buka Microsoft Office PowerPoint
2007. Bisa lewat shortcut yang ada di desktop atau kalau tidak ada bisa dengan
klik Start→All Program→Microsoft Office→Microsoft Office PowerPoint 2007.
2. Lalu mulai pengetikan di kolom yang sudah
disediakan. Misalnya membuat presentasi tentang biodata. Saya akan membuat
biodata dengan nama saya. Perhatikan gambar berikut!
3. Kalau sudah, buat slide selanjutnya. Perhatikan gambar!
Lihat tanda panah,
arahkan kursor pada thumbnail yang ada di sebelah kiri lembar kerja. Klik
dibawah slide pertama seperti yang ditunjukkan anak panah. Lalu tekan enter.
Akan muncul seperti gambar di bawah.
4 . Atau bisa dengan cara lain yaitu klik New
Slide yang ada di Menu Home lalu pilih layout. Misalnya saya pilih yang Blank.
Nah untuk membuat kolom untuk pengetikan maka kita menggunakan Text Box yang
ada di menu Insert. Atau klik Insert → Shapes → Text Box
5. Setelah itu drag atau tahan mouse dan bentuk
kotak pada slide hingga membentuk kolom untuk pengetikan. Selanjutnya ketik
misalnya seperti nama, alamat dll.
6. Untuk mengganti font atau model tulisan dengan cara memblok
tulisan yang akan di ubah lalu ganti dan pilih font di menubar Home.
7. Untuk menambahkan gambar, misalnya foto dengan cara klik
Insert→Picture. Lalu akan muncul kotak dialog seperti ini!
Pilih disk tempat
gambar berada. Klik gambar lalu klik Insert di sebelah kanan bawah kotak
dialog.
8. Selanjutnya untuk
menambah menarik presentasi, ganti background dengan gambar yang menarik. Klik
Design→Background Styles→Format Background
Dan hasilnya seperti
gambar dibawah!
9. Langkah selanjutnya membuat efek gerak pada
tulisan.Blok Tulisan, Pilih menu bar Animation→Custom Animation. Lalu akan
muncul kotak dialog disebelah kanan slide. Klik panah bawah Add Effect→lalu
pilih model.
10. Untuk tambahan, anda bisa menambahkan
Hyperlink yaitu untuk merujuk ke slide tertentu dengan cara : pertama buat
simbol untuk hyperlink, misalnya tanda panah → Insert → Hyperlink → Palace In the document → lalu pilih
rujukan slide misalnya untuk slide selanjutnya yaitu Next Slide.
Nah, gampang kan
membuat presentasi di Power Point? Selamat Mencoba! Semoga Bermanfaat!
Komentar