asige




BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1.      Tinjauan Umum Instansi
2.1.1.  Nama Instansi Tempat Praktek Kerja Lapangan (PKL)
Lembaga atau instansi yang menjadi  tempat  Praktek Kerja  Lapangan (PKL) adalah  pada  Direccao Educacao Distrito Dili yang beralamat pada Rua Martires da Patria Comoro.
2.1.2.  Sejarah Instansi   
           Sejarah singkat tentang Ministerio Da Educacao Direccao Educao Distrito dili    dimulai dari pemerintah transisi “UNAMET” pada tahun 2000, hingga sampai sekarang berikutnya  ini:
Direccao  Educacao Distrito Dili berfungsi pada tahun 2000, yang berlokasi dipusat kota Dili, disamping perkantoran administrasi distrik dili (distrito Dili ), wilayah matadoro selama 8 tahun (2000 s/d bulan mei 2008), dipimping oleh seorang kepala dinas “Superentedente”, Seorang  deputy dan 6 kepala bagian (Chefe da Seccao).
Struktur ini berlangsung pada tahun 2007,pada tahun 2007 terjadi pergantian kepala Dinas yang dimana Sr.Marcos da Costa Santos diganti oleh bapak Januari Soares sebagai kepala Dinas baru yang menjabat sampai pada tahun 2008 dengan struktur kepala bagian yang sama .
            Pada bulan Mei 2008 pemerintah melalui kementrian pendidikan Timor Leste membentuk Struktur barunya dengan memunculkan kantor wilayah dengan 5 (lima ), wilayah kanwil 1 Baucau, kanwil 2 Dili, kanwil 3 Ainaro, kanwil 4 Maliana, dan kanwil 5 Oe-cusse , yang berlangsung selama 4 tahun dari tahun 2008 – dengan 2012. Pada tahun 2013 mengadakan reestruktur atau perombakan kemlbali struktur yang ada dengan menghilangkan kantor wilayah telah ada dan memunculkan kembali kantor pendidikan Dstrik  Direccao da Educacao Distrito”  pada tanggal 27 juni 2011, yang mana kantor ini berlokasi kembali dikantor pendidikan yang lama disamping kantor Administrasi Dili  sampai tahun 2013 , pada bulan Juni 2013 kantor ini pindah lokasi ke Comoro dengan menggunakan kembali kantor wilayah II Dili yang mana telah tiadakan , terletaknya Comoro tepatnya dibelakang  kantor  INAP “Instituicao Nacional Administracao Publika”. 
2.2.   Visi dan Misi “Direccao Educacao Distrito Dili”
1.  Visi
Membanggung Negara Timor Leste melalui bidang pendidikan yang    berkualitas “Construir a Nossa Nasaun atraves de uma, Educação de   Qualidade”
2.     Misi
Untuk mewujudkan visi tersebut  diatas , maka misi yang diembang oleh    Direccao Educacao Distrito Dili adalah:
1.      Meningkatkan professi guru-guru dibidang pendidikan melalui kementrian pendidikan.
2.      Meningkatkan kemampuan dan kemandirian  guru melalui proses belajar mengajar.
3.      Meningkatkan kualitas aparatur pembina yang professional dalam tugas  guru.
4.       Meningkatkan efisiensi modernisasi usaha guru-guru melalui pengembangan teknologi.
2.3.   Bagan Struktur Organisasi "Direccão De Educação Distrito Dili”Bagan struktur organisasi dari Direccao Educacao Distrito Dili dapat diperlihatkan pada gambar 2.1.
           
Gambar 2.1. Struktur Organisasi Direccao Educacao Distrito Dili
(Sumber: Direccao Educacao Distrito Dili)


2.4.   Uraian Tugas dan Tanggung Jawab
Adapun tugas dan tangung jawab dari struktur  Organisasi Direccao Educacao Distrito Dili diatas adalah sebagai berikut:
2.4.1  Director Distrital Dili
Tugas dan tanggung jawab merumuskan serta melaksanakan kebijakan   dan standarisasi sebagai berikut:
1.      Melaksanakan kebijakan rencana dan keputusan yang diambil di tingkat nasional pendidikan.
2.      Bekerja  sama  dalam mempromosikan pembangunan dan modernisasi  sistem pendidikan
3.      Memastikan  koordinasi dan  artikulasi  dari  berbagai  tingkat pendidikan tidak lebih, sesuai dengan pedoman yang  ditetapkan  di tingkat  pusat, mempromosikan pelaksanaan kebijakan pendidikan dan budaya
4.      mengkoordinasikan pengumpulan informasi  layanan pusat Kementrian, untuk memantau kebijakan pendidikan nasional dan evaluasi yang sistematis
5.      Memastikan penyebaran bimbingan dari pusat layanan dan informasi teknis untuk sekolah
6.      Langsung, mengkoordinasikan dan mengawasi pengajaran, manajemen administrasi, keuangan dan properti pendidikan dan manajemen pengajaran, dan semua layanan lain atau membangun kecanduan mereka
7.      Mengkoordinasikan dan mendukung pelatihan guru dan staf lainnya di tingkat kabupaten, Mengkoordinasikan dan mendukung keberhasilan pelaksanaan dan pelaksanaan program pemberian makanan di sekolah-sekolah.
8.      Bekerja sama dengan departemen dan instansi lain untuk melakukan tindakan bersama di bidang  pendidikan  dan  kebudayaan

2.4.2        Superintendente da Inspecção Distrito de Dili
Tugas Inspektur Umum untuk memantahu seluruh sekolah dari sekolah TK sanpai sekolah UMUM.
1.      Mebuat laporan kepada Kementrian Pendidika Distrik Dili
2.      Memonitorin  kepala  inspektur bagian sekolah dari TK sanpai SMA dan para staf
3.      Menanngani  kasus-kasus atau melihat kekurangan Guru dan Siswa  dimasing-masing sekolah

2.4.3        Chefe da Seccao Servisos Corporativos
1.      Bertanggung jawab untuk memastikan prosedur bijaksana dan administrasi untuk masuk dan keluar dari dokumen, penyusunan risalah rapat yang dilakukan oleh Direktur atau pemegang dan menyimpan file terskripsi dan benar terorganisir untuk memudahkan pencarian jika diperlukan.
2.      Pastikan keamanan internal dan eksternal dari pembentukan layanan. Memastikan  Direktur protokol dan sepatutnya merekam kegiatan yang sama dengan tujuan memfasilitasi laporan triwulanan, semesteran atau tahunan.
3.      Mengkoordinasikan, menyiapkan dan menyerahkan anggaran tahunan.Tampilkan rancangan tagihan  pada biaya dan membuat pengajuan anggaran    yang dialokasikan untuk Direktorat District. Memastikan manajemen keuangan berkaitan dengan keselamatan mereka, bercumbu dan biaya pendaftaran.
4.      Memeriksa legalitas pengeluaran dan proses pembayaran atas otorisasi oleh     Direktur District.

2.4.4        Chefe da Seccao Ensino Basico
Kepala bagia ensino  basico adalah sebagai berikut:
1.      Melihat seluruh sekolah mulai dari  tingkat SD sampai tingkat SMP khususnya para guru dan siswa
2.      Membuat perpindahan guru dari sala satu sekolah  ke sekolah lain jika ada kelebihan jumlah banyaknya Guru
3.      Mengambil data atau mengumpulkan data Guru dan siswa mulai dari SD sampai SMP
4.      Persiapan bahan ujian /ebta-ebtanas untuk seluruh sekolah SMP pada Direccao Educacao Distrito Dili.
2.4.5        Chefe da Seccao Pre-Escolar
1.      Memonitorin seluruh sekolah TK khususnya di distrik dili
2.      Membuat program dan memberi  dukungan kepada pendidikan sekolah TK mengenai proses belajar mengajar
3.      Memberi  evaluasi  para Guru dan Kepalah sekolah
2.4.6        Administração
Tugas pokok Administração e Financas pada Direccao Educacao Distrito  Dili  adalah bertangung jawab kepada seluruh kepala bagian administrasi dan keuangan
2.4.7        Recursos Humanus
1.      Mengkoordinasikan penyelenggaraan statistik dan indikator kinerja mereka pada sekolah, pendidikan dasar dan Menengah Pendidikan 1,2,3 Umum / Kejuruan sekolah teknis dan memperkenalkan informasi dalam database.
2.      Memastikan pengelolaan dan administrasi sumber daya manusia, pelaksanaan Rencana Strategis dan Rencana Aksi Tahunan dan sektor.
3.      Dijalankan dalam kemitraan dengan Kepala Bagian Corporate dari
proses menilai kinerja guru dan staf dalam kerjasama erat dengan pihak berwenang.
4.      Menyusun dan menyampaikan proposal kepada Kementerian bawah
persetujuan Direktur District pada kualifikasi dan pelatihan guru dan pegawai negeri sipil.
5.      Lakukan prosedur untuk menentukan gaji, aksesoris lain, sewa, lisensi dan absen lain guru dan karyawan Direktorat Kabupaten dan Sekolah.
6.       Kumpulkan informasi yang diperlukan untuk menyediakan Direktur Distric
2.4.8        Logistica
1.      Menjamin  investeris-investaris perbaikan manajemen asset negara baik sebagai invertaris suplai kepada mereka yang berkompeten
2.      Menkordinir, menjalankan, pengawasan kepada semua  material bagian dalam  pada Direccao Educacao Distrito Dili (DEDD)
3.      Mengembangkan kegiatan yang diperlukan dalam menjalankan norma-norma jaminan kerja
4.      Mempelajari proposal pembangunan konstruksi dan pemberian peralatan dan keperluan lainnya yang telah ditentukan dalam Direccao Educacao Distrito Dili.
2.4.9        Servisos I.T
    Mempertahan arsit dalam pengembangan statistik Direccao Euducacao Distrito Dili, sebuah sistem informatika ysng sedang berjalan melaksanakan penkordinasian penyusun rencana strategis. Kebijakan, standarisasi teknologi informasi dan komunikasi, pengembangan sistem informasi dan teknologi keuangan dan pengolaan operasional dan layanan teknologi informasi dan komunikasi, dan pengelolaan jabatan fungsional pranata komputer.

2.4.10     Ensino Seccao e Tec Profisionais
1        Memantau pelaksanaan kebijakan administrasi sekolah dan manajemen sesuai dengan hukum yang berlaku.
2        Memastikan pelaksanaan program sekolah.
3        Mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk mengirimkan ke Direktorat Nasional untuk tujuan penyusunan Piagam Sekolah dan pengembangan informasi statistik tentang pengajaran dan staf  non-mengajar .
4        Mengidentifikasi guru untuk menyerahkan kepada Direktorat Nasional untuk tujuan kualifikasi profesional di bidang pengajaran mereka.
5        Menetapkan program untuk kegiatan yang berbeda extracurriculares sekolah.
6        Mengatur, bekerja sama dengan sekolah-sekolah dan direktorat kabupaten, sistem informasi yang diperlukan untuk menghasilkan instrumen evaluasi pembelajaran.
7        Melakukan tugas-tugas administrasi lainnya, teknis superior ditugaskan oleh Direktorat Jenderal Administrasi Sekolah, Kurikulum Inovasi dan Pengembangan, Direktorat Nasional Jenderal Menengah, Direktorat Nasional Kejuruan Teknis Pendidikan, Direktorat Nasional Kurikulum dan Penilaian dan Direktur School District.



2.4.11       Servisos Emis
EMIS: Education Manajemen Information System
1.      Mengumpulkan data dari tingkat SD sampai SMA
2.      Mengidentifikasikan Siswa dan Siswi dari setiap sekolah
3.      Perencanaan dalam mengambil data  untuk pemberian makanan tambahan.
2.5        Tinjauan Umum Aplikasi Pendataan Guru-guru SMP Permanen
Pada sub tinjauan Aplikasi pendataan guru-guru SMP  permanen  maka penulis menguraikan beberapa pengertian yang berkaitan dengan kegiatan  PKL ini antara lain:
1.5.1.        Aplikasi
Aplikasi berasal dari kata “application” yang artinya penerapan;lamaran;penggunaan.Secara istilah aplikasi adalah: program yang siap pakai yang direka untuk melaksanakan suatu fungsi bagi pengguna atau aplikasi yang lain dan dapat digunakan oleh sasaran.
Aplikasi menurut Jogiyanto(1999:12), “adalah pengunaan dalam suatu computer, instruksi “instruction”, atau pernyataan “statement” yang disusun sedemikian rupa sehinga computer dapat memproses “Input” mendaji “Output.”  Menurut kamus besar bahasa indinesia (1998:52), alpikasi adalah “penerapan dari rancang sistem untuk mengelolah data yang mengunakan aturan atau ketentuan bahasa pemrograman tertentu”.


1.5.2.        Pendataan  
           James Brien (2006),” pendataan merupakan suatu proses pengambilan data, pada tempat penelitian yang akhirnya sebagai bahan pembuatan aplikasi, pendataan juga dapat diartikan sebagai suatu penelitian. Data adalah kenyataan yang mengambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata. Kejadian-kejadian “Event” adalah sesuatu yang terjadi pada saat tertentu”.
1.5.3.        Guru-Guru  
           Menurut  Sardiman,  guru  merupakan  salah  satu komponen manusiawi  dalam  proses  belajar  mengajar, yang  ikut  berperan  dalam  usaha pembentukan sumber daya manusia yang potensial di bidang pembangunan. Dari  pengertian  tersebut dapat  dipahami bahwa seorang guru dengan segala keilmuannya  mampu  mengembangan  potensi  dari  setiap anak didiknya Guru dituntut untuk peka dan tanggap terhadap perubahan-perubahan, pembaharuan, serta ilmu pengetahuan  dan teknologi yang terus berkembang sejalan  dengan tuntutan kebutuhan  masyarakat  dan perkembangan zaman”. 
Guru  adalah seorang yang  mempunyai  gagasan  yang  harus diwujudkan  untuk  kepentingan  anak  didik,  menunjang  hubungan  sebaik-baiknya,  dalam  kerangka  menjunjung  tinggi,  mengembangkan  dan menerapkan  keutamaan  yang  menyangkut  agama,  kebudayaan  dan keilmuan. Dari  pengertian  tersebut  bahwa  sebagai  tenaga  pendidik  yang memiliki  kemampuan  kualitatif.  Guru  harus menguasai ilmu  keguruan dan  mampu  menerapkan  strategi  pembelajaran  untuk  mengantarkan siswanya  pada  tujuan  pendidikan,  dalam  hal  ini  pendidikan  agama misalnya,  yaitu  terciptanya  generasi  mukmin  yang  berkepribadian.
1.5.4.        Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Sekolah Menengah Pertama ( SMP) merupakan jenjang pendidikan dasar  formal di Timor-Leste setelah menyelesaikan pendidikan sekolah dasar (SD) atau yang sederajat. Sekolah Menengah Pertama  dilaksanakan dalam kurun waktu 3 tahun, mulai dari kelas 7 sampai kelas 9. Siswa kelas 9 diwajibkan mengikuti Ujian Nasional yang mempengaruhi kelulusan atau tidaknya.
           Sekolah Menengah Pertama ( SMP) termasuk wajib belajar bagi setiap warga negara berusia 7-15 tahun di Timor Leste. Wajib belajar 9 tahun meliputi  pendidikan dasar, yakni sekolah dasar (atau sederajat) 6 tahun dan sekolah menengah pertama (atau sederajat) 3 tahun. Sekolah Menengah Pertama ( SMP) diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta.
1.5.5.      Permanen
Permanen  Merupakan  data atau Informasi yang dapat digunakan sebagai dasar dari  memahami simpan didatabase atau data tersebut tetep (tidak untuk sementara waktu).
1.5.6.        Aplikasi  Pendataan Guru-Guru SMP Permanen
Dengan demikian telah dijabarkan bahwah Aplikasi pendataan Guru-guru SMP permanen merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk mempermudah pendataan guru-guru SMP permanen  dengan mudah terkontrol oleh guru di Instansi tersebut dengan efisiensi dan efektifitas.
1.6.   Tinjauan Umum  Software
1.6.1.        Web
    World Wide Web atau WWW atau juga dikenal dengan WEB adalah salah satu layanan yang didapat oleh pemakai computer yang terhubung ke internet. Web ini menyediakan informasi bagi pemakai computer yang terhubung ke internet dari sekedar informasi “sampah” atau informasi yang tidak berguna sama sekali sampai informasi yang serius; dari informasi yang gratis sampai informasi yang komersial. Website atau situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar  atau , animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman “hyperlink”
           Tahun 1993, Tim Berners-Lee dan peneliti lain di European particle Physics  Lab (Consei European pour la Recherche  Nucleaire atau CERN) diGenewa Swis, mengembangkan suatu cara untuk datan menggunakan sesatu  yang disebut denga hypertext.
      Menurut Suwanto Raharjo S.Si, M.Kom, “Web merupakan salah satu layanan internet yang paling banyak digunakan dibanding dengan layanan lain seperti ftp, gopher, news atau bahkan email”
1.6.2.      PHP
1.6.2.1.                Konsep Dasar Bahasa Pemrograman PHP
Sejak awal perkembangannya, PHP mengalami kesuksesan luar biasa dari versi ke versinya, dan telah menjadi kebutuhan standar untuk situs-situs web guna mengunakan layanan interaktif kepada user/pengunjung. Hypertext Pre-processor merupakan sebuah akronim rekursif untuk PHP yang dirancang super cepat dengan menggunakan bahasa yang lebih sederhana. PHP bukan sembarang bahasa pemrograman seperti yang banyak kita bayangkan, tetapi lebih lazim disebut “scripting language” atau bahasa scripting, sebagaimana diungkapkan oleh situs resminya.

1.6.2.2. Sejarah PHP
Munculnya PHP bermula dari PHP/FI yang dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada awalnya PHP/FI hanya terdiri dari sekumpulan skrip Perl dan digunakan sebagai alat untuk melacak akses ke resume online-nya. Sekumpulan skrip perl ini diberi nama “Personal Home Page Tools”. Rasmus kemudian memasukkan beberapa aturan bahasa “C”, menambah kemampuan akses ke database, sehingga ia dapat membuat aplikasi web sederhana. Rasmus kemudian memutuskan untuk melepaskan kodenya dengan nama “Personal Home Page/Forms Interpreter” untuk disebarkan agar orang lain dapat menggunakannya dan memperbaiki serta menambah  kekurangannya.
1.6.2.3.Struktur dasar PHP
PHP adalah bahasa scripting yang menyatu dengan HTML dan dijalankan pada serverside. Artinya semua sintaks yang kita berikan akan sepenuhnya dijalankan pada serverse dangkan yang dikirimkan ke browser hanya hasilnya saja.
File contoh1.php:
<html>
<head>
<title>
Contoh Sederhana
</title>
</head>
<body>
<?php
echo(“Hallo apakabar? Nama saya PHP script”);
?>
</body>
</html>.




1.6.2.4. MySQL
MYSQL (My Structure Query Language) adalah salah satu database dari sekian banyak database lain seperti Oracle, MS SQL, PostgresSQL dan banyak lagi. Kesemuanya itu mempunyai fungsi dan manfaat yang hampir sama namun dalam pengerjaanya sedikit berbeda, MySQL adalah penggunaan yang paling mudah.
MySQL adalah Relational Database Management Sistem (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL “General Public Lisenc”. Dimana setiap orang bebas untuk menggunakan MySQL, namun tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat closed source atau komersial”.
  Didik Dwi Prasetyo:2002:2. Mengatakan “MySQL sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam database sejak lama, yaitu SQL (Structure Quey Language). SQL adalah sebuah konsep pengoperasian database, terutama untuk pemilihan/seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis. Sebagai database server, MySQL dapat dikatakan lebih unggul dibandingkan database server lainnya dalam query data. Hal ini terbukti untuk query yang dilakukan single user, kecepatan query MySQL bisa sepuluh kali lebih cepa”t.
1.6.2.5.DDL dan DML
1.      Data Definition Language (DDL)
Data Definition Language (DDL merupakan sub bahasa SQL yang digunakan untuk membangung kerangka database. Ada tipe perintah yang termasuk dalam DDL adalah:
1.      CREATE: perintah ini digunakan untuk membuat database baru, table baru, dan kolom
2.      ALTER: perintah ini digunakan untuk struktur table  yang telah dibuat menganti nama table, menambah kolom, mengubah kolom,menghapus kolom.
3.      DROP: perintah ini digunakan untuk menghapus database dan table .
2.                     Data Manipulation Language (DML)
Data Manipulation Language (DML)merupakan sub bahasa SQL yang digunakan untuk memanipulasi  data dalam database yang telah dibuat adalah :
1.      INSERT : perintah ini digunakan untuk memasukan data baru dalam table
2.      SELECT : perintah ini digunakan untuk mengambil data atau menampil data dalam relasi .
3.      UPDATE : perintah ini digunakan untuk memperbaharui data lama menjadi data terkini. Ada memiliki data yang salah .
4.      DELETE : perintah ini digunakan untuk menghapus data dari  table. Biasanya data yang dihapus adalah data yang tidak diperlukan.
2.6..2.6.  Adobe  Dreamweaver CS5
Dreamweaver merupakan suatu penyajian profesional web editor dalam pembuatan website atau homepage. Dreamweaver dapat juga menggabungkan antara halaman satu dengan halaman lainnya denga menggunakan fasilitas yang telah disediakan yaitu (Link features). Fasilitas lainnya yang ada pada dreamweaver adalah menggabungkan file Flas (swf), image, (JPEG, GIF, dan lain-lain), skrip kedalam website yang telah diimpor
1.6.2.6.   Xampp
Kepanjangan dari XAMPP yaiut Apache, PHP, MySQL dan phpMyAdmin. XAMPP merupakan tool yang menyediakan paket perangkat lunak ke dalam satu buah paket. Dengan menginstall XAMPP maka tidak perlulagi melakukan instalasi dan konfigurasi web server Apache, PHP dan MySQL secara manual. XAMPP akan menginstalasi dan mengkonfigurasikannya secara otomatis untuk anda atau auto konfigurasi.
            XAMPP adalah sebuah software web server apache yang didalamnya sudah tersedia database server mysql dan support php programming. XAMPP merupakan software yang mudah digunakan, gratis dan mendukung instalasi di Linux dan Windows. Keuntungan lainnya adalah cuma menginstal satu kali sudah tersedia Apache Web Server, MySQL Database Server, PHP Support (PHP 4 dan PHP 5) dan beberapa module lainnya.






Komentar