asige
BAB
II
TINJAUAN
PUSTAKA
2.1.
Tinjauan Umum Instansi
2.1.1. Nama Instansi
Tempat Praktek Kerja Lapangan (PKL)
Lembaga atau
instansi yang menjadi tempat Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah pada Direccao
Educacao Distrito Dili yang
beralamat pada Rua Martires da Patria Comoro.
2.1.2. Sejarah Instansi
Sejarah singkat tentang Ministerio Da Educacao Direccao Educao Distrito dili dimulai dari pemerintah transisi “UNAMET” pada tahun 2000, hingga sampai
sekarang berikutnya ini:
Direccao Educacao
Distrito Dili berfungsi pada tahun 2000, yang berlokasi dipusat kota Dili, disamping perkantoran
administrasi distrik dili (distrito Dili ), wilayah matadoro selama 8 tahun
(2000 s/d bulan mei 2008), dipimping oleh seorang kepala dinas “Superentedente”, Seorang deputy
dan 6 kepala bagian (Chefe da Seccao).
Struktur ini berlangsung
pada tahun 2007,pada tahun 2007 terjadi pergantian kepala Dinas yang dimana
Sr.Marcos da Costa Santos diganti oleh bapak Januari Soares sebagai kepala
Dinas baru yang menjabat sampai pada tahun 2008 dengan struktur kepala bagian
yang sama .
Pada bulan Mei 2008 pemerintah melalui kementrian
pendidikan Timor Leste membentuk Struktur barunya dengan memunculkan kantor
wilayah dengan 5 (lima ), wilayah kanwil 1 Baucau, kanwil 2 Dili, kanwil 3
Ainaro, kanwil 4 Maliana, dan kanwil 5 Oe-cusse , yang berlangsung selama 4
tahun dari tahun 2008 – dengan 2012. Pada tahun 2013 mengadakan reestruktur
atau perombakan kemlbali struktur yang ada dengan menghilangkan kantor wilayah
telah ada dan memunculkan kembali kantor pendidikan Dstrik “Direccao
da Educacao Distrito” pada tanggal
27 juni 2011, yang mana kantor ini berlokasi kembali dikantor pendidikan yang
lama disamping kantor Administrasi Dili
sampai tahun 2013 , pada bulan Juni 2013 kantor ini pindah lokasi ke
Comoro dengan menggunakan kembali kantor wilayah II Dili yang mana telah
tiadakan , terletaknya Comoro tepatnya dibelakang kantor
INAP “Instituicao Nacional Administracao Publika”.
2.2. Visi dan Misi “Direccao
Educacao Distrito Dili”
1.
Visi
Membanggung Negara Timor
Leste melalui bidang pendidikan yang berkualitas “Construir a Nossa Nasaun atraves de uma, Educação de Qualidade”
2.
Misi
Untuk mewujudkan
visi tersebut diatas , maka misi yang
diembang oleh Direccao Educacao Distrito Dili adalah:
1. Meningkatkan
professi guru-guru dibidang pendidikan melalui kementrian pendidikan.
2. Meningkatkan
kemampuan dan kemandirian guru melalui
proses belajar mengajar.
3. Meningkatkan
kualitas aparatur pembina yang professional dalam tugas guru.
4. Meningkatkan efisiensi modernisasi usaha guru-guru melalui
pengembangan teknologi.
2.3. Bagan Struktur Organisasi
"Direccão De Educação Distrito Dili”Bagan
struktur organisasi dari Direccao Educacao Distrito Dili dapat diperlihatkan
pada gambar 2.1.
Gambar 2.1.
Struktur Organisasi Direccao Educacao
Distrito Dili
(Sumber: Direccao Educacao Distrito Dili)
2.4. Uraian Tugas dan Tanggung Jawab
Adapun tugas dan tangung
jawab dari struktur Organisasi Direccao Educacao Distrito Dili diatas
adalah sebagai berikut:
2.4.1 Director Distrital Dili
Tugas dan tanggung jawab
merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standarisasi sebagai berikut:
1. Melaksanakan kebijakan rencana dan keputusan yang diambil di
tingkat nasional pendidikan.
2. Bekerja sama dalam mempromosikan pembangunan dan modernisasi sistem pendidikan
3.
Memastikan koordinasi dan artikulasi dari berbagai tingkat pendidikan tidak lebih, sesuai dengan pedoman yang ditetapkan di tingkat pusat, mempromosikan pelaksanaan kebijakan pendidikan dan budaya
4. mengkoordinasikan pengumpulan informasi layanan pusat Kementrian, untuk memantau kebijakan pendidikan nasional dan evaluasi yang sistematis
5. Memastikan penyebaran bimbingan dari pusat layanan dan informasi teknis untuk sekolah
6. Langsung, mengkoordinasikan dan mengawasi pengajaran, manajemen administrasi, keuangan dan properti pendidikan dan manajemen pengajaran, dan semua layanan lain atau membangun kecanduan mereka
7. Mengkoordinasikan dan mendukung pelatihan guru dan staf lainnya di tingkat kabupaten,
Mengkoordinasikan
dan mendukung keberhasilan pelaksanaan dan pelaksanaan program pemberian makanan di sekolah-sekolah.
8. Bekerja sama dengan departemen dan instansi lain untuk melakukan tindakan bersama di bidang pendidikan dan kebudayaan
2.4.2
Superintendente da Inspecção Distrito
de Dili
Tugas Inspektur Umum untuk memantahu seluruh sekolah dari sekolah TK
sanpai sekolah UMUM.
1.
Mebuat laporan kepada Kementrian
Pendidika Distrik Dili
2.
Memonitorin kepala
inspektur bagian sekolah dari TK sanpai SMA dan para staf
3.
Menanngani kasus-kasus atau melihat kekurangan Guru dan
Siswa dimasing-masing sekolah
2.4.3
Chefe da Seccao Servisos Corporativos
1. Bertanggung jawab untuk
memastikan prosedur
bijaksana dan administrasi untuk masuk dan keluar dari
dokumen, penyusunan risalah rapat yang dilakukan oleh Direktur atau pemegang
dan menyimpan file terskripsi dan benar terorganisir untuk memudahkan pencarian jika diperlukan.
2. Pastikan keamanan internal dan eksternal dari pembentukan layanan.
Memastikan Direktur protokol dan sepatutnya merekam kegiatan
yang sama dengan tujuan memfasilitasi laporan
triwulanan, semesteran atau
tahunan.
3. Mengkoordinasikan, menyiapkan dan menyerahkan anggaran tahunan.Tampilkan
rancangan tagihan pada biaya dan membuat
pengajuan anggaran yang dialokasikan untuk Direktorat
District. Memastikan manajemen keuangan berkaitan
dengan keselamatan mereka, bercumbu dan biaya pendaftaran.
4.
Memeriksa legalitas pengeluaran dan
proses pembayaran atas otorisasi oleh Direktur
District.
2.4.4
Chefe da Seccao Ensino Basico
Kepala bagia ensino
basico adalah sebagai berikut:
1. Melihat
seluruh sekolah mulai dari tingkat SD
sampai tingkat SMP khususnya para guru dan siswa
2. Membuat
perpindahan guru dari sala satu sekolah
ke sekolah lain jika ada kelebihan jumlah banyaknya Guru
3. Mengambil
data atau mengumpulkan data Guru dan siswa mulai dari SD sampai SMP
4.
Persiapan bahan ujian /ebta-ebtanas
untuk seluruh sekolah SMP pada Direccao
Educacao Distrito Dili.
2.4.5
Chefe da Seccao Pre-Escolar
1. Memonitorin
seluruh sekolah TK khususnya di distrik dili
2. Membuat
program dan memberi dukungan kepada
pendidikan sekolah TK mengenai proses belajar mengajar
3. Memberi evaluasi
para Guru dan Kepalah sekolah
2.4.6
Administração
Tugas pokok Administração e Financas pada Direccao Educacao Distrito Dili
adalah bertangung jawab kepada seluruh
kepala bagian administrasi dan keuangan
2.4.7
Recursos Humanus
1. Mengkoordinasikan
penyelenggaraan statistik dan indikator kinerja mereka pada sekolah,
pendidikan dasar dan Menengah Pendidikan 1,2,3 Umum / Kejuruan sekolah teknis
dan memperkenalkan informasi dalam database.
2. Memastikan
pengelolaan dan administrasi sumber daya manusia, pelaksanaan Rencana Strategis
dan Rencana Aksi Tahunan dan sektor.
3.
Dijalankan dalam kemitraan dengan Kepala Bagian Corporate dari
proses
menilai kinerja
guru dan staf dalam kerjasama erat
dengan pihak
berwenang.
4. Menyusun dan
menyampaikan proposal kepada Kementerian bawah
persetujuan Direktur District pada kualifikasi dan
pelatihan guru dan pegawai negeri sipil.
5. Lakukan
prosedur untuk menentukan gaji, aksesoris lain, sewa, lisensi dan absen lain
guru dan karyawan Direktorat Kabupaten dan Sekolah.
6. Kumpulkan informasi yang diperlukan untuk
menyediakan Direktur Distric
2.4.8
Logistica
1. Menjamin investeris-investaris perbaikan manajemen
asset negara baik sebagai invertaris suplai kepada mereka yang berkompeten
2.
Menkordinir, menjalankan, pengawasan kepada semua material bagian dalam pada Direccao
Educacao Distrito Dili (DEDD)
3. Mengembangkan
kegiatan yang diperlukan dalam menjalankan norma-norma jaminan kerja
4.
Mempelajari proposal pembangunan konstruksi dan
pemberian peralatan dan keperluan lainnya yang telah ditentukan dalam Direccao Educacao Distrito Dili.
2.4.9
Servisos I.T
Mempertahan arsit dalam
pengembangan statistik Direccao Euducacao
Distrito Dili, sebuah sistem informatika ysng sedang berjalan melaksanakan
penkordinasian penyusun rencana strategis. Kebijakan, standarisasi teknologi
informasi dan komunikasi, pengembangan sistem informasi dan teknologi keuangan dan pengolaan operasional dan layanan teknologi
informasi dan komunikasi, dan pengelolaan jabatan fungsional pranata komputer.
2.4.10 Ensino Seccao e Tec Profisionais
1
Memantau pelaksanaan kebijakan administrasi sekolah dan manajemen sesuai dengan hukum yang berlaku.
2
Memastikan pelaksanaan program sekolah.
3
Mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk mengirimkan
ke Direktorat Nasional untuk tujuan penyusunan Piagam Sekolah dan
pengembangan informasi statistik tentang
pengajaran dan staf non-mengajar
.
4
Mengidentifikasi guru untuk menyerahkan
kepada Direktorat Nasional untuk tujuan kualifikasi profesional di bidang
pengajaran mereka.
5
Menetapkan program untuk kegiatan yang
berbeda extracurriculares
sekolah.
6
Mengatur, bekerja sama dengan
sekolah-sekolah dan direktorat kabupaten, sistem informasi yang diperlukan
untuk menghasilkan instrumen evaluasi pembelajaran.
7
Melakukan tugas-tugas administrasi
lainnya, teknis superior ditugaskan oleh Direktorat Jenderal Administrasi
Sekolah, Kurikulum Inovasi dan Pengembangan, Direktorat Nasional Jenderal
Menengah, Direktorat Nasional Kejuruan Teknis Pendidikan, Direktorat Nasional
Kurikulum dan Penilaian dan Direktur School District.
2.4.11
Servisos Emis
EMIS: Education Manajemen Information System
1. Mengumpulkan
data dari tingkat SD sampai SMA
2. Mengidentifikasikan
Siswa dan Siswi dari setiap sekolah
3. Perencanaan
dalam mengambil data untuk pemberian
makanan tambahan.
2.5
Tinjauan Umum Aplikasi
Pendataan Guru-guru SMP Permanen
Pada sub
tinjauan Aplikasi pendataan guru-guru SMP
permanen maka penulis menguraikan
beberapa pengertian yang berkaitan dengan kegiatan PKL ini antara lain:
1.5.1.
Aplikasi
Aplikasi berasal dari kata “application” yang artinya penerapan;lamaran;penggunaan.Secara
istilah aplikasi adalah: program yang siap pakai yang direka untuk melaksanakan
suatu fungsi bagi pengguna atau aplikasi yang lain dan dapat digunakan oleh
sasaran.
Aplikasi menurut
Jogiyanto(1999:12), “adalah pengunaan dalam suatu computer, instruksi “instruction”, atau pernyataan “statement” yang disusun sedemikian rupa
sehinga computer dapat memproses “Input”
mendaji “Output.” Menurut kamus besar bahasa indinesia
(1998:52), alpikasi adalah “penerapan
dari rancang sistem untuk mengelolah data yang mengunakan aturan atau ketentuan
bahasa pemrograman tertentu”.
1.5.2.
Pendataan
James Brien (2006),” pendataan
merupakan suatu proses pengambilan data, pada tempat penelitian yang akhirnya
sebagai bahan pembuatan aplikasi, pendataan juga dapat diartikan sebagai suatu
penelitian. Data adalah kenyataan yang mengambarkan suatu kejadian-kejadian dan
kesatuan nyata. Kejadian-kejadian “Event” adalah sesuatu yang terjadi pada saat
tertentu”.
1.5.3.
Guru-Guru
Menurut Sardiman,
“guru merupakan
salah satu komponen
manusiawi dalam proses
belajar mengajar, yang ikut
berperan dalam usaha pembentukan sumber daya manusia yang
potensial di bidang pembangunan. Dari
pengertian tersebut dapat dipahami bahwa seorang guru dengan segala
keilmuannya mampu mengembangan
potensi dari setiap anak didiknya Guru dituntut untuk peka dan tanggap terhadap perubahan-perubahan, pembaharuan, serta
ilmu pengetahuan dan teknologi yang
terus berkembang sejalan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat
dan perkembangan zaman”.
Guru adalah seorang
yang mempunyai gagasan
yang harus diwujudkan untuk
kepentingan anak didik,
menunjang hubungan sebaik-baiknya, dalam
kerangka menjunjung tinggi,
mengembangkan dan menerapkan keutamaan
yang menyangkut agama,
kebudayaan dan keilmuan. Dari pengertian
tersebut bahwa sebagai
tenaga pendidik yang memiliki
kemampuan kualitatif. Guru
harus menguasai ilmu keguruan
dan mampu menerapkan
strategi pembelajaran untuk
mengantarkan siswanya pada tujuan
pendidikan, dalam hal
ini pendidikan agama misalnya, yaitu
terciptanya generasi mukmin
yang berkepribadian.
1.5.4.
Sekolah Menengah
Pertama (SMP)
Sekolah Menengah
Pertama ( SMP) merupakan jenjang pendidikan dasar formal di Timor-Leste setelah menyelesaikan
pendidikan sekolah dasar (SD) atau yang sederajat. Sekolah Menengah
Pertama dilaksanakan dalam kurun waktu 3 tahun, mulai dari kelas 7 sampai
kelas 9. Siswa kelas 9 diwajibkan mengikuti Ujian Nasional yang mempengaruhi
kelulusan atau tidaknya.
Sekolah
Menengah Pertama ( SMP) termasuk wajib belajar bagi setiap warga
negara berusia 7-15 tahun di Timor Leste. Wajib belajar 9 tahun meliputi
pendidikan dasar, yakni sekolah dasar (atau sederajat) 6 tahun dan
sekolah menengah pertama (atau
sederajat) 3 tahun. Sekolah Menengah
Pertama ( SMP) diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta.
1.5.5. Permanen
Permanen Merupakan data atau Informasi yang dapat digunakan
sebagai dasar dari memahami simpan
didatabase atau data tersebut tetep (tidak untuk sementara waktu).
1.5.6.
Aplikasi Pendataan Guru-Guru SMP Permanen
Dengan demikian telah dijabarkan bahwah Aplikasi pendataan Guru-guru SMP permanen merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk mempermudah
pendataan guru-guru SMP permanen dengan
mudah terkontrol oleh guru di Instansi tersebut dengan efisiensi dan efektifitas.
1.6.
Tinjauan Umum Software
1.6.1.
Web
World Wide Web atau WWW
atau juga dikenal dengan WEB adalah
salah satu layanan yang didapat oleh pemakai computer yang terhubung ke internet. Web ini menyediakan
informasi bagi pemakai computer yang
terhubung ke internet dari sekedar
informasi “sampah” atau informasi yang
tidak berguna sama sekali sampai informasi yang serius; dari informasi yang
gratis sampai informasi yang komersial. Website
atau situs dapat diartikan sebagai
kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks,
gambar atau , animasi, suara, dan atau
gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang
membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing
dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman “hyperlink”
Tahun 1993, Tim Berners-Lee dan
peneliti lain di European particle Physics
Lab (Consei European pour la
Recherche Nucleaire atau CERN) diGenewa Swis, mengembangkan suatu cara
untuk datan menggunakan sesatu yang
disebut denga hypertext.
Menurut Suwanto Raharjo S.Si, M.Kom, “Web merupakan salah satu layanan internet yang paling banyak digunakan
dibanding dengan layanan lain seperti ftp, gopher, news atau bahkan email”
1.6.2. PHP
1.6.2.1.
Konsep
Dasar Bahasa Pemrograman PHP
Sejak awal perkembangannya, PHP mengalami kesuksesan luar biasa dari
versi ke versinya, dan telah menjadi kebutuhan standar untuk situs-situs web guna mengunakan layanan interaktif kepada user/pengunjung. Hypertext Pre-processor merupakan sebuah
akronim rekursif untuk PHP yang
dirancang super cepat dengan menggunakan bahasa yang lebih sederhana. PHP bukan sembarang bahasa pemrograman
seperti yang banyak kita bayangkan, tetapi lebih lazim disebut “scripting language” atau bahasa scripting,
sebagaimana diungkapkan oleh situs resminya.
1.6.2.2. Sejarah PHP
Munculnya PHP
bermula dari PHP/FI yang dibuat oleh
Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada awalnya PHP/FI hanya terdiri dari sekumpulan skrip Perl dan
digunakan sebagai alat untuk melacak akses ke resume online-nya. Sekumpulan skrip
perl ini diberi nama “Personal Home
Page Tools”. Rasmus kemudian memasukkan beberapa aturan bahasa “C”, menambah kemampuan akses ke
database, sehingga ia dapat membuat aplikasi web sederhana. Rasmus kemudian
memutuskan untuk melepaskan kodenya dengan nama “Personal Home Page/Forms Interpreter” untuk disebarkan agar orang
lain dapat menggunakannya dan memperbaiki serta menambah kekurangannya.
1.6.2.3.Struktur dasar PHP
PHP adalah
bahasa scripting yang menyatu dengan HTML
dan dijalankan pada serverside. Artinya semua sintaks yang kita berikan
akan sepenuhnya dijalankan pada serverse dangkan
yang dikirimkan ke browser hanya
hasilnya saja.
File
contoh1.php:
<html>
<head>
<title>
Contoh
Sederhana
</title>
</head>
<body>
<?php
echo(“Hallo apakabar? Nama saya PHP
script”);
?>
</body>
</html>.
1.6.2.4. MySQL
MYSQL (My Structure Query Language)
adalah salah satu database dari sekian banyak database lain seperti Oracle, MS SQL, PostgresSQL dan banyak lagi. Kesemuanya itu mempunyai fungsi dan
manfaat yang hampir sama namun dalam pengerjaanya sedikit berbeda, MySQL adalah
penggunaan yang paling mudah.
“MySQL adalah Relational Database
Management Sistem (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah
lisensi GPL “General Public Lisenc”. Dimana setiap orang bebas untuk
menggunakan MySQL, namun tidak boleh dijadikan produk turunan yang
bersifat closed source atau komersial”.
Didik Dwi Prasetyo:2002:2. Mengatakan “MySQL sebenarnya merupakan turunan salah
satu konsep utama dalam database sejak lama, yaitu SQL (Structure Quey
Language). SQL adalah sebuah konsep pengoperasian database, terutama untuk
pemilihan/seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data
dikerjakan dengan mudah secara otomatis. Sebagai database server, MySQL dapat
dikatakan lebih unggul dibandingkan database server lainnya dalam query data.
Hal ini terbukti untuk query yang dilakukan single user, kecepatan query MySQL
bisa sepuluh kali lebih cepa”t.
1.6.2.5.DDL
dan DML
1. Data Definition Language (DDL)
Data Definition Language (DDL merupakan sub bahasa SQL yang
digunakan untuk membangung kerangka database. Ada tipe perintah yang termasuk
dalam DDL adalah:
1.
CREATE:
perintah ini digunakan untuk membuat database baru, table baru, dan kolom
2.
ALTER:
perintah ini digunakan untuk struktur table
yang telah dibuat menganti nama table, menambah kolom, mengubah kolom,menghapus
kolom.
3.
DROP:
perintah ini digunakan untuk menghapus database dan table .
2.
Data
Manipulation Language (DML)
Data Manipulation
Language (DML)merupakan sub bahasa SQL yang digunakan untuk memanipulasi data dalam database yang telah dibuat adalah :
1.
INSERT :
perintah ini digunakan untuk memasukan data baru dalam table
2.
SELECT : perintah ini digunakan untuk mengambil data
atau menampil data dalam relasi .
3.
UPDATE
: perintah ini digunakan untuk memperbaharui data lama menjadi data terkini.
Ada memiliki data yang salah .
4.
DELETE
: perintah ini digunakan untuk menghapus data dari table. Biasanya data yang dihapus adalah data
yang tidak diperlukan.
2.6..2.6. Adobe Dreamweaver CS5
Dreamweaver
merupakan suatu penyajian profesional web editor dalam pembuatan website atau
homepage. Dreamweaver dapat juga menggabungkan antara halaman satu
dengan halaman lainnya denga menggunakan fasilitas yang telah disediakan yaitu (Link
features). Fasilitas lainnya yang ada pada dreamweaver adalah
menggabungkan file Flas (swf), image, (JPEG, GIF, dan lain-lain), skrip
kedalam website yang telah diimpor
1.6.2.6. Xampp
Kepanjangan
dari XAMPP yaiut Apache, PHP, MySQL dan phpMyAdmin. XAMPP merupakan tool yang
menyediakan paket perangkat lunak ke dalam satu buah paket. Dengan menginstall
XAMPP maka tidak perlulagi melakukan instalasi dan konfigurasi web server
Apache, PHP dan MySQL secara manual. XAMPP akan menginstalasi dan
mengkonfigurasikannya secara otomatis untuk anda atau auto konfigurasi.
XAMPP adalah
sebuah software web server apache yang didalamnya sudah tersedia database
server mysql dan support php programming. XAMPP merupakan software yang mudah
digunakan, gratis dan mendukung instalasi di Linux dan Windows. Keuntungan
lainnya adalah cuma menginstal satu kali sudah tersedia Apache
Web Server, MySQL
Database Server, PHP Support (PHP 4 dan PHP 5)
dan beberapa module lainnya.
Komentar