asige




APLIKASI  PENDATAAN GURU-GURU SMP PERMANEN PADA MINISTERIO DA EDUCAÇÃO DIRECÇÃO  EDUÇÃO DISTRITO DILI
BERBASIS WEB

PRA SKRIPSI

LOGO IOB





OLEH
SEBASTIÃO DA COSTA
11141299

JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA
FACULTAS  INFORMATION COMUNICATION AND TECKNOLOGY (ICT)
EAST TIMOR INSTITUTE OF BUSINESS
IOB
2014
APLIKASI  PENDATAAN GURU-GURU SMP PERMANEN PADA MINISTERIO DA EDUCAÇÃO DIRECÇÃO  EDUÇÃO DISTRITO DILI
BERBASIS WEB

PRA SKRIPSI
Diajukan Sebagai salah satu syarat untuk mendapat
Gelar Ahli madya komputer

LOGO IOB





OLEH
Sebastião Da Costa
NIM : 11141299

JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA
FACULTAS   INFORMATION  COMUNICATION TECKNOLOGY (ICT)
INSTITUTE OF BUSINESS
IOB
2011
IOBHALAMAN  PERSETUJUAN

Judul               : APLIKASI PENDATAAN GURU-GURU SMP  PERMANEN
                          PADA MINISTERIO DA EDUCACAO  DIRECCAO  EDU
                          CACAO DISTRITO DILI BERBASIS WEB
Nama Mahasiswa        :  Sebastioa Da Costa
Nim                             :  11141299
Mata Kuliah                :  Tugas Akhir             Kode : MIPC10035               
Semester                      :  Genap                       Tahun : 2010/2011     
                                               
                                                            Menyetahui
Dosen pembimbing I                         Dosen pembimbing II

Natalino Ximenes,S.Kom                 Deolindo Ximenes De Jesus,S.T
Dili……./..…./ 2014                                       Dili….…/….…/ 2014
Tanggal  disetujui                                                        Tanggal  disetujui
Telah disetujui untuk mengikuti ujian komprensif pada jurusan manajemen Informatika (D3)
Mengetahui:
Ketua Jurusan,

Bernadetha Turi, S.Kom, M.Kom
IOBHALAMAN  PENGESAHAN
Judul            : APLIKASI PENDATAAN GURU-GURU SMP  PERMANEN
                          PADA MINISTERIO DA EDUCACAO  DIRECCAO  EDU
                          CACAO DISTRITO DILI BERBASIS WEB    
Nama Mahasiswa        : Sebastioa Da Costa
Nim                              : 11141299
Mata kuliah                 : Tugas Akhir               Kode  :  MIPC10035
Semester                      : Genap                      Tahun   :  2010/2011

Dipertahankan di depan tim penguji
Jurusan manajemen informatika institute of business
Dan Dinyatakan Diterima Untuk Memenuhi Syarat Guna Memperoleh Gelar Ahli Madya Komputer

Pada Tanggal

Dili....../......2014
                                                    Tim Pembimbing:
Dosen Pembimbing I                                      Dosen Pembimbing II
Natalino Ximenes, S.Kom                            Deolindo Ximenes De Jesus,S.T
Tim Penguji:
1.      Penguji I          :   …………………………………………..
2.      Pengujian II    : ……………………………………………
Dili,…/ …. /2011
Dekan,

Gabriel Neves,S.Kom,M.Kom
HALAMAN  PERSEMBAHAN

MOTTO

“sabar dalam mengatasi Kesulitan dan bertindak bijaksana dalam mengatasinya adalah sesuatu yang utama.





KupersembahkanTulisan Ini kepada Kedua Orang Tua Ku tersayang,Bapak Mau-loi Ibu Mafalda da Silva , dan Saudara-saudaraku;Nelson,Nater, dan teman-teman ku Tercinta,Institute Of Business Almamaterku



ABSTRAKSI
SEBASTIÃO DA COSTA, 11141299, APLIKASI   PENDATAAN GURU-GURU SMP PERMANEN  PADA MINITERIO DA EDUCACAO DIRECCAO EDUCACAO  DISTRITO DILI  BERBASIS WEB(dibawah bimbing oleh Bapak Natalino Ximenes, S.Kom  selaku pembimbing I dan Deolindo  Ximenes de Jesus S.T, selaku pembimbing II)

           Perkembangan teknologi yang begitu cepat khususnya di sisi komputerisasi pada saat ini telah mempunyai peranan penting dalam kehidupan masyarakat secara keseluruhan. Hal ini dirasakan juga di Negara  Timor Leste saat ini. Hampir setiap harinya selalu ada perangkat atau program dan sistem baru yang bermunculan. Namun pada Instansi Direccao da Educacao Distrito Dili dalam melakukan pendataan guru-guru SMP permanen masih manual, sehingga seringkali mengalami kendala dalam pembuatan laporan yang berkaitan sesuai dengan kebutuhan user.
semua permasalahan yang telah dibahas di atas belum membentuk suatu Aplikasi yang terintegrasi, sehingga tidak mampu memberikan informasi mengenai Pendataan guru SMP permanen. Dalam Aplikasi yang dibangun mencantumkan data guru SMP Perrmanen. Data–data tersebut terkumpul dan akan membentuk menjadi  suatu sistem yang bekerja secara efektif.
Dari Aplikasi yang dibentuk dengan mudah membantu para Staf dan bagian administrasi untuk bisa mengetahui atau mengindentifikasi berapa banyak guru SMP permanen yang ada di sekolah dari setiap lembaga pendidikan. Selain itu juga Aplikasi dapat membantu dan mempermudah institusi mencari informasi mengenai guru SMP permanen, dengan demikian institusi dapat menggontrol semua pendataan tentang guru SMP permanen secara efisien dan efektif

Kata kunci              : komputerisasi, Aplikasi, Guru-guru SMP, permanen.





PERNYATAAN


Pra-skripsi tidak berisi bahan materi yang telah digunakan untuk memperoleh gelar sarjana atau diploma sebelumnya.


Sepanjang keyakinan dan pengetahuan penulis
Pra Skripsi ini tidak berisi bahan atau materi yang telah
Diterbitkan atau ditulis oleh orang lain kecuali
Yang dinamakan sebagai acuan pustaka.



Dili,13 juni 2014
Penulis


SEBASTIÃO DA COSTA
11141299


RIWAYAT HIDUP
Penulis  di lahirkan di sebuah Desa Nahareca/Ossu kecamatan Ossu dan kabupaten Viqueque pada tanggal 15 July 1982, penulis adalah putra ke dua dari pasagan Bapak  Mau-Loi  dan Ibu Mafalda da Silva. Penulis mengawali jenjang pendidikan formal atau mengikuti Sekolah Dasar Negeri Lima 05 (SDN5) di Desa Nahareca mengikuti proses belajar mengajar pada tahun 1988 lulus pada tahun 1993, penulis tidak melanjutkan pendidikan  menengah pertama (smp) karena masalah ekonomi dalam keluarga, dan penulis melanjutkan pendidikan menengah pertama pada tahun 2000 dan pada tahun 2003 di Sekolah 10 Desember Comoro Dili (SMP2) , pada tempat yang sama  penulis melanjutkan pendidikan Sekolah Menengah Umum (SMU) pada tahun 2004 selesai pada tahun 2006. Dan penulis melanjutkan ke program diploma tiga (DIII)  di East Timor Institute Of Business  mengambil Jurusan Manajemen Informatika, facultas (ICT) Information Comunication Tecnology pada tahun 2011. Selama menempuh pendidikan di Institute Of Business penulis juga aktif dalam kegiatan akademik.







KATA PENGANTAR
Puji  syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha-Esa atas rahamat serta hidayah-Nya sehinga penulis dapat menyelesaikan tulisan pra skripsi yang berjudul  “ APLIKASI PENDATAAN GURU-GURU SMP PERMANEN PADA MINISTERIO DA EDUCACAO DIRECCAO  EDUCACAO DISTRITO DILI BERBASIS WEB”.
Sesuai dengan judul tersebut penulis menggunakan berbagai program untuk merancang dalam penyelesaikan tugas akhir ini. Walaupun demikian, selama penulis menyelesaikan pra-skripsi ini  banyak pengorbanan yang telah dikeluarkan baik berupa waktu, biaya dan tenaga maupun pikiran namun atas dukungan semua pihak yang telah memberikan kontribusinya maka akhirnya penulis dapat menyelesaikan pra skripsi ini sesuai dengan waktu yang telah direncanakan. Maka dalam kesempatan ini tak lupa penulis meyampaikan ucapan terima kasih kepada :
1.      Augosto da Conceção Soares,SE.MM, selaku Rektor Institute Of Business
2.      Gabriel Neves,S.Kom,M.Kom selaku dekanu fakultas Informasi Komunikasi Teknologi (ICT) .
3.      Bernadetha Turi,S.Kom,M.Kom selaku ketua jurusan Manajemen Informatika Institute Of Business
4.      Natalino Ximenes,S.Kom, selaku pembimbing utama yang telah bersedia meluangkan waktu untuk  membimbing dan memeriksa pra-skripsi ini.  
5.      Deolindo Ximenes De Jesus,S.T, selaku pembimbing utama yang telah bersedia meluangkan waktu untuk  membimbing dan memeriksa pra-skripsi ini.
6.      Directur Nasional Direccao da Educacao Distrito Dili, Chefe Seccao EBC 3 Ciclo dan stsf/ karyawannya.
7.      Segenap staf dan pegawai IOB yang telah memberikan keleluasaan dalam penelitian kepada penulis.
8.      Orang tuaku yang telah melahirkan, merawat, membesarkan dan membiya serta mendidik saya.
9.      Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah memberikan  dorongan dan bantuan baik secara material maupun spiritual sehinga terselesaikannya pra-skripsi ini.
            Penulis menyedari mungkin masih banyak kekurangan yang ada dalam penulisan ini, karenanya masukan dan koreksi untuk perbaikan sangat penulis harapkan. Semoga pra-skripsi ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan para pembaca pada umumnya.

                                                                                    Dili,…./,…. 2014

                                                                   Sebastião da Costa






DAFTAR ISI
HALAMAN DEPAN                                  
HALAMAN DALAM....................................................................................         i
HALAMAN PERSETUJUAN .................................................................... ii
HALAMAN PENGESAHAN ...................................................................... iii
HALAMAN PERSEMBAHAN DAN MOTTO ........................................ iv
ABSTRAKSI.................................................................................................. v
PERNYATAAN............................................................................................. vi
RIWAYAT HIDUP ....................................................................................... vii
KATA PENGANTAR .................................................................................. viii   
DAFTAR GAMBAR..................................................................................... ix
DAFTAR  TABEL.... ................................................................................... x
DAFTAR ISI ................................................................................................. xi
 LAMPIRAN ................................................................................................. xii
BAB I  PENDAHULUAN ............................................................................ 1
1.1. Latar Belakang ......................................................................................... 1
1.2.  Perumasan Masalah ................................................................................. 3
1.3.  Batasan Masalah ...................................................................................... 3
1.4.  Tujuan Penulisan ...................................................................................... 3
BAB II TINJAUN PUSTAKA ....................................................................
2.1   Tinjauan Umum Instansi............................................................................
2.1.1. Nama instansi tempat pratek kerja lapangan ...................................
2.1.2.       Sejarah Instansi .............................................................................
2.2   Visi dan Misi Direccao Educacao Distrito Dili ........................................
2.3.  Bagan Struktur Organisasi “Direccao Educacao Distrito Dili”................
2.4.  Uraian Tugas dan Tanggung Jawab .........................................................
2.4.1.      Director Distrito Dili .....................................................................
2.4.2.      Superintendente da inspeccao Distrito de Dili ..............................
2.4.3.      Chefe da Seccao Servisos Corporativos ........................................
2.4.4.      Chefe da Seccao Ensino Basico ....................................................
2.4.5.      Chefe da Ceccao Pre-Escolar ........................................................
2.4.6.      Administracao ...............................................................................
2.4.7.      Recursos Humanus ........................................................................
2.4.8.      Logistica ........................................................................................
2.4.9.      Servisus I.T ....................................................................................
2.4.10.  Ensino Seccao e Tec Profisionais ..................................................
2.4.11.  Servisos Emis .................................................................................
2.5. Tinjauan umum aplikasi pendataan guru-guru smp permanen ..................
2.5.1.      Aplikasi ..........................................................................................
2.5.2.      Pendataan ......................................................................................
2.5.3.      Guru-guru ......................................................................................
2.5.4.      Sekolah Menengah pertama (smp) .................................................
2.5.5.      Permanen .......................................................................................
2.5.6.      Aplikasi pendataan guru-guru smp permanen ...............................
2.6.  Tinjauan umum software .........................................................................
2.6.1.      Web ...............................................................................................
2.6.2.      Php .................................................................................................
2.6.2.1.  Konsep dasar bahasa pemrograman php ......................................
2.6.2.2.  Sejarah php ..................................................................................
2.6.2.3.  Struktur dasar php .......................................................................
2.6.2.4.  Mysql ...........................................................................................
2.6.2.5. DDL dan DML.............................................................................
2.6.2.6.Adobe Dreamweaber CSS ......................................................................
BAB III BAHAN DAN METODE...............................................................
3.1. Bahan dan Alat..... ....................................................................................
3.1.1        Bahan..............................................................................................
3.1.2         Alat................................................................................................
3.2. Metodologi................................................................................................
3.3. Alur Dokumen...........................................................................................
3.4.  Diagram Konteks.
3.5. Data Flow Diagram...................................................................................
3.5.1         Data Flow Diagram Level 0..........................................................
3.5.2        Data Flow Diagram Level 0 Proses 1.............................................
3.5.3        Dtata Flow Diagram Level 0 Proses 2............................................
3.5.4        Data Flow Diagram Level 0 Proses 3.............................................
3.5.5        Data Flow Diagram Level 0 Proses 1 dan 2...................................
3.6. Diagram Berjenjang (HIPO)......................................................................
3.7. Entity Relationship Diagram (ERD).........................................................
3.8. Kamus Data...............................................................................................
3.9. Perancangan Input Output........................................................................
3.10. Perancangan User Interfece.....................................................................
3.10.1     Halaman Utama.............................................................................
3.10.2     Halaman Input Data Jabatan ........................................................
3.10.3     Halaman Input Data Guru.............................................................
3.10.4     Halaman Input Data Sekolah........................................................
3.10.5     Halaman Proses Pendataan Guru..................................................
3.10.6    Perancangan Output.......................................................................
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1. penjelasan Program....................................................................................
4.1.2        Tampilan Menu Input Data Jabatan...............................................
4.1.3        Tampilan Data Guru.......................................................................
4.1.4        Tampilan Data Sekolah...................................................................
4.2     Proses  Pendataan Guru............................................................................
1.2.1        Tampilan Proses Data Pendataan Guru..........................................
4.3     Tampilan Menu Output.............................................................................
4.3.1        Tampilan Menu Output Lap. Data Jabatan....................................
4.3.2        Tampilan Menu Lap.Data Sekolah ,Persekolah..............................
4.3.3        Tampilan Lap. Data Sekolah Seluruh Sekolah...............................
4.3.4        Tampilan Lap. Data Guru Per-guru................................................
4.3.5        Tampilan Lap. Data Guru, Seluruh Guru.......................................
4.3.6        Tampilan Lap. Data Guru, Guru Per-sekolah.................................

Komentar