asige
APLIKASI PENDATAAN GURU-GURU SMP PERMANEN PADA
MINISTERIO DA EDUCAÇÃO DIRECÇÃO EDUÇÃO
DISTRITO DILI
BERBASIS WEB
PRA
SKRIPSI
OLEH
SEBASTIÃO
DA COSTA
11141299
JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA
FACULTAS
INFORMATION COMUNICATION AND TECKNOLOGY (ICT)
EAST TIMOR INSTITUTE OF BUSINESS
IOB
2014
APLIKASI PENDATAAN GURU-GURU SMP PERMANEN PADA
MINISTERIO DA EDUCAÇÃO DIRECÇÃO EDUÇÃO
DISTRITO DILI
BERBASIS WEB
PRA
SKRIPSI
Diajukan
Sebagai salah satu syarat untuk mendapat
Gelar
Ahli madya komputer
OLEH
Sebastião Da
Costa
NIM : 11141299
JURUSAN
MANAJEMEN INFORMATIKA
FACULTAS INFORMATION
COMUNICATION TECKNOLOGY (ICT)
INSTITUTE
OF BUSINESS
IOB
2011
HALAMAN PERSETUJUAN
Judul
: APLIKASI PENDATAAN GURU-GURU
SMP PERMANEN
PADA MINISTERIO DA EDUCACAO DIRECCAO
EDU
CACAO DISTRITO DILI
BERBASIS WEB
Nama Mahasiswa :
Sebastioa Da Costa
Nim : 11141299
Mata Kuliah :
Tugas Akhir Kode : MIPC10035
Semester : Genap Tahun
: 2010/2011
Menyetahui
Dosen
pembimbing I Dosen pembimbing II
Natalino
Ximenes,S.Kom Deolindo Ximenes De
Jesus,S.T
Dili……./..…./
2014 Dili….…/….…/
2014
Tanggal disetujui Tanggal disetujui
Telah disetujui untuk
mengikuti ujian komprensif pada jurusan manajemen Informatika (D3)
Mengetahui:
Ketua Jurusan,
Bernadetha Turi, S.Kom,
M.Kom
HALAMAN PENGESAHAN
Judul
: APLIKASI PENDATAAN GURU-GURU
SMP PERMANEN
PADA MINISTERIO DA EDUCACAO DIRECCAO
EDU
CACAO DISTRITO DILI
BERBASIS WEB
Nama
Mahasiswa : Sebastioa Da Costa
Nim
: 11141299
Mata
kuliah : Tugas Akhir Kode : MIPC10035
Semester : Genap Tahun :
2010/2011
Dipertahankan di depan tim penguji
Jurusan manajemen informatika institute of business
Dan
Dinyatakan Diterima Untuk Memenuhi Syarat Guna Memperoleh Gelar Ahli Madya
Komputer
Pada Tanggal
Dili....../......2014
Tim
Pembimbing:
Dosen
Pembimbing I Dosen
Pembimbing II
Natalino Ximenes, S.Kom Deolindo Ximenes De Jesus,S.T
Tim
Penguji:
1.
Penguji I :
…………………………………………..
2.
Pengujian II : ……………………………………………
Dili,…/ …. /2011
Dekan,
Gabriel Neves,S.Kom,M.Kom
HALAMAN PERSEMBAHAN
“sabar dalam mengatasi Kesulitan dan bertindak bijaksana dalam
mengatasinya adalah sesuatu yang utama.”
KupersembahkanTulisan
Ini kepada Kedua Orang Tua Ku tersayang,Bapak Mau-loi Ibu Mafalda da Silva ,
dan Saudara-saudaraku;Nelson,Nater, dan teman-teman ku Tercinta,Institute Of
Business Almamaterku
ABSTRAKSI
SEBASTIÃO DA COSTA, 11141299, APLIKASI PENDATAAN GURU-GURU SMP PERMANEN
PADA MINITERIO DA EDUCACAO
DIRECCAO EDUCACAO DISTRITO DILI BERBASIS WEB(dibawah
bimbing oleh Bapak Natalino Ximenes, S.Kom selaku pembimbing I dan Deolindo Ximenes
de Jesus S.T, selaku pembimbing II)
Perkembangan teknologi yang begitu
cepat khususnya di sisi komputerisasi pada saat ini telah mempunyai peranan
penting dalam kehidupan masyarakat secara keseluruhan. Hal ini dirasakan juga
di Negara Timor Leste saat ini. Hampir
setiap harinya selalu ada perangkat atau program dan sistem baru yang
bermunculan. Namun pada Instansi Direccao da Educacao Distrito Dili dalam
melakukan pendataan guru-guru SMP permanen masih manual, sehingga seringkali
mengalami kendala dalam pembuatan laporan yang berkaitan sesuai dengan
kebutuhan user.
semua
permasalahan yang telah dibahas di atas belum membentuk suatu Aplikasi yang
terintegrasi, sehingga tidak mampu memberikan informasi mengenai Pendataan guru
SMP permanen. Dalam Aplikasi yang dibangun mencantumkan data guru SMP Perrmanen.
Data–data tersebut terkumpul dan akan membentuk menjadi suatu sistem yang bekerja secara efektif.
Dari
Aplikasi yang dibentuk dengan mudah membantu para Staf dan bagian administrasi
untuk bisa mengetahui atau mengindentifikasi berapa banyak guru SMP permanen
yang ada di sekolah dari setiap lembaga pendidikan. Selain itu juga Aplikasi
dapat membantu dan mempermudah institusi mencari informasi mengenai guru SMP permanen,
dengan demikian institusi dapat menggontrol semua pendataan tentang guru SMP
permanen secara efisien dan efektif
Kata
kunci :
komputerisasi, Aplikasi, Guru-guru SMP, permanen.
PERNYATAAN
Pra-skripsi
tidak berisi bahan materi yang telah digunakan untuk memperoleh gelar sarjana
atau diploma sebelumnya.
Sepanjang
keyakinan dan pengetahuan penulis
Pra
Skripsi ini tidak berisi bahan atau materi yang telah
Diterbitkan
atau ditulis oleh orang lain kecuali
Yang
dinamakan sebagai acuan pustaka.
Dili,13
juni 2014
Penulis
SEBASTIÃO
DA COSTA
11141299
RIWAYAT HIDUP
Penulis
di lahirkan di sebuah Desa Nahareca/Ossu kecamatan Ossu dan kabupaten
Viqueque pada tanggal 15 July 1982, penulis adalah putra ke dua dari pasagan Bapak Mau-Loi
dan Ibu Mafalda da Silva. Penulis mengawali jenjang pendidikan formal
atau mengikuti Sekolah Dasar Negeri Lima 05 (SDN5) di Desa Nahareca mengikuti
proses belajar mengajar pada tahun 1988 lulus pada tahun 1993, penulis tidak
melanjutkan pendidikan menengah pertama (smp)
karena masalah ekonomi dalam keluarga, dan penulis melanjutkan pendidikan menengah
pertama pada tahun 2000 dan pada tahun 2003 di Sekolah 10 Desember Comoro Dili
(SMP2) , pada tempat yang sama penulis
melanjutkan pendidikan Sekolah Menengah Umum (SMU) pada tahun 2004 selesai pada
tahun 2006. Dan penulis melanjutkan ke program diploma tiga (DIII) di East Timor Institute Of Business mengambil Jurusan Manajemen Informatika,
facultas (ICT) Information Comunication Tecnology pada tahun 2011. Selama
menempuh pendidikan di Institute Of Business penulis juga aktif dalam kegiatan akademik.
KATA
PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan yang
Maha-Esa atas rahamat serta hidayah-Nya sehinga penulis dapat menyelesaikan
tulisan pra skripsi yang berjudul “
APLIKASI PENDATAAN GURU-GURU SMP PERMANEN PADA MINISTERIO DA EDUCACAO
DIRECCAO EDUCACAO DISTRITO DILI BERBASIS
WEB”.
Sesuai dengan judul tersebut penulis
menggunakan berbagai program untuk merancang dalam penyelesaikan tugas akhir
ini. Walaupun demikian, selama penulis menyelesaikan pra-skripsi ini banyak pengorbanan yang telah dikeluarkan
baik berupa waktu, biaya dan tenaga maupun pikiran namun atas dukungan semua pihak
yang telah memberikan kontribusinya maka akhirnya penulis dapat menyelesaikan
pra skripsi ini sesuai dengan waktu yang telah direncanakan. Maka dalam
kesempatan ini tak lupa penulis meyampaikan ucapan terima kasih kepada :
1. Augosto
da Conceção Soares,SE.MM, selaku Rektor Institute Of Business
2. Gabriel
Neves,S.Kom,M.Kom selaku dekanu fakultas Informasi Komunikasi Teknologi (ICT) .
3. Bernadetha
Turi,S.Kom,M.Kom selaku ketua jurusan Manajemen Informatika Institute Of
Business
4. Natalino
Ximenes,S.Kom, selaku pembimbing utama yang telah bersedia meluangkan waktu
untuk membimbing dan memeriksa
pra-skripsi ini.
5. Deolindo
Ximenes De Jesus,S.T, selaku pembimbing utama yang telah bersedia meluangkan
waktu untuk membimbing dan memeriksa
pra-skripsi ini.
6. Directur
Nasional Direccao da Educacao Distrito Dili, Chefe Seccao EBC 3 Ciclo dan stsf/
karyawannya.
7. Segenap
staf dan pegawai IOB yang telah memberikan keleluasaan dalam penelitian kepada
penulis.
8. Orang
tuaku yang telah melahirkan, merawat, membesarkan dan membiya serta mendidik
saya.
9. Semua
pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah memberikan dorongan dan bantuan baik secara material
maupun spiritual sehinga terselesaikannya pra-skripsi ini.
Penulis
menyedari mungkin masih banyak kekurangan yang ada dalam penulisan ini,
karenanya masukan dan koreksi untuk perbaikan sangat penulis harapkan. Semoga
pra-skripsi ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan para pembaca pada
umumnya.
Dili,…./,…. 2014
Sebastião
da Costa
DAFTAR
ISI
HALAMAN
DEPAN
HALAMAN DALAM....................................................................................
i
HALAMAN PERSETUJUAN .................................................................... ii
HALAMAN PENGESAHAN ...................................................................... iii
HALAMAN PERSEMBAHAN DAN MOTTO ........................................ iv
ABSTRAKSI.................................................................................................. v
PERNYATAAN............................................................................................. vi
RIWAYAT HIDUP ....................................................................................... vii
KATA PENGANTAR .................................................................................. viii
DAFTAR GAMBAR..................................................................................... ix
DAFTAR TABEL.... ................................................................................... x
DAFTAR ISI ................................................................................................. xi
LAMPIRAN ................................................................................................. xii
BAB
I PENDAHULUAN ............................................................................ 1
1.1.
Latar Belakang ......................................................................................... 1
1.2. Perumasan Masalah ................................................................................. 3
1.3. Batasan Masalah ...................................................................................... 3
1.4. Tujuan Penulisan ...................................................................................... 3
BAB
II TINJAUN PUSTAKA ....................................................................
2.1 Tinjauan Umum Instansi............................................................................
2.1.1.
Nama instansi tempat pratek kerja lapangan ...................................
2.1.2. Sejarah Instansi .............................................................................
2.2 Visi dan Misi Direccao Educacao Distrito Dili ........................................
2.3. Bagan Struktur Organisasi “Direccao Educacao
Distrito Dili”................
2.4. Uraian Tugas dan Tanggung Jawab .........................................................
2.4.1. Director
Distrito Dili .....................................................................
2.4.2. Superintendente
da inspeccao Distrito de Dili ..............................
2.4.3. Chefe
da Seccao Servisos Corporativos ........................................
2.4.4. Chefe
da Seccao Ensino Basico ....................................................
2.4.5. Chefe
da Ceccao Pre-Escolar ........................................................
2.4.6. Administracao
...............................................................................
2.4.7. Recursos
Humanus ........................................................................
2.4.8. Logistica
........................................................................................
2.4.9. Servisus
I.T ....................................................................................
2.4.10. Ensino
Seccao e Tec Profisionais ..................................................
2.4.11. Servisos
Emis .................................................................................
2.5.
Tinjauan umum aplikasi pendataan guru-guru smp permanen ..................
2.5.1. Aplikasi
..........................................................................................
2.5.2. Pendataan
......................................................................................
2.5.3. Guru-guru
......................................................................................
2.5.4. Sekolah
Menengah pertama (smp) .................................................
2.5.5. Permanen
.......................................................................................
2.5.6. Aplikasi
pendataan guru-guru smp permanen ...............................
2.6. Tinjauan umum software .........................................................................
2.6.1. Web
...............................................................................................
2.6.2. Php
.................................................................................................
2.6.2.1.
Konsep dasar bahasa pemrograman php ......................................
2.6.2.2. Sejarah php ..................................................................................
2.6.2.3. Struktur dasar php .......................................................................
2.6.2.4. Mysql ...........................................................................................
2.6.2.5.
DDL dan DML.............................................................................
2.6.2.6.Adobe
Dreamweaber CSS ......................................................................
BAB III BAHAN DAN METODE...............................................................
3.1.
Bahan dan Alat..... ....................................................................................
3.1.1
Bahan..............................................................................................
3.1.2
Alat................................................................................................
3.2.
Metodologi................................................................................................
3.3.
Alur Dokumen...........................................................................................
3.4. Diagram Konteks.
3.5.
Data Flow Diagram...................................................................................
3.5.1
Data Flow Diagram Level 0..........................................................
3.5.2
Data Flow Diagram Level 0 Proses 1.............................................
3.5.3
Dtata Flow Diagram Level 0 Proses 2............................................
3.5.4
Data Flow Diagram Level 0 Proses 3.............................................
3.5.5
Data Flow Diagram Level 0 Proses 1 dan 2...................................
3.6.
Diagram Berjenjang (HIPO)......................................................................
3.7.
Entity Relationship Diagram (ERD).........................................................
3.8.
Kamus Data...............................................................................................
3.9.
Perancangan Input Output........................................................................
3.10.
Perancangan User Interfece.....................................................................
3.10.1 Halaman Utama.............................................................................
3.10.2 Halaman Input Data Jabatan ........................................................
3.10.3 Halaman Input Data Guru.............................................................
3.10.4 Halaman Input Data Sekolah........................................................
3.10.5 Halaman Proses Pendataan Guru..................................................
3.10.6 Perancangan
Output.......................................................................
BAB IV HASIL DAN
PEMBAHASAN
4.1. penjelasan Program....................................................................................
4.1.2
Tampilan Menu Input Data Jabatan...............................................
4.1.3
Tampilan Data Guru.......................................................................
4.1.4
Tampilan Data Sekolah...................................................................
4.2 Proses Pendataan Guru............................................................................
1.2.1
Tampilan Proses Data Pendataan Guru..........................................
4.3 Tampilan
Menu Output.............................................................................
4.3.1
Tampilan Menu Output Lap. Data Jabatan....................................
4.3.2
Tampilan Menu Lap.Data Sekolah
,Persekolah..............................
4.3.3
Tampilan Lap. Data Sekolah Seluruh
Sekolah...............................
4.3.4
Tampilan Lap. Data Guru Per-guru................................................
4.3.5
Tampilan Lap. Data Guru, Seluruh Guru.......................................
4.3.6
Tampilan Lap. Data Guru, Guru
Per-sekolah.................................
Komentar