Harga Kabel SATA & Kabel Power IDE to SATA Converter Untuk Hard Disk



Harga Kabel SATA & Kabel Power IDE to SATA Converter Untuk Hard Disk

ajizakariaajizakaria Administrator
 edited Pebruari 4 dalam Hardware
Secara umum sebagai pengguna komputer, pastinya sudah banyak yang tau dong tentang perangkat komponen yang ada pada komputer? Dan pada postingan ini saya mau sharing mengenai kabel SATA beserta converternya untuk hard disk (walau sebenarnya bisa juga digunakan untuk SSD).

Apat Itu Kabel SATA dan Apa Fungsinya?
Kabel SATA digunakan untuk menghubungkan perangkat hard drive (hard disk yg juga berjenis SATA/SSD) ke motherboard (transfer data). Kabel ini memiliki bentuk fisik yang cukup langsing, dengan panjang kurang lebih ± 50 cm.

Berikut contoh gambar kabel SATA untuk Hard Disk:
kabel-sata.jpg

Contoh gambar foto diatas adalah 2 buah kabel SATA (warna kuning dan merah) punya saya sendiri, yang kebetulan baru saja saya beli secara terpisah setelah sebelumnya saya membeli hard disk di Lazada (baca: pengalaman saya beli hard disk di Lazada).

Kabel Power IDE to SATA Converter Beserta Fungsinya 
Setelah tadi hanya membahas kabel SATA, sekarang kita bahas kabel power converternya. Silahkan lihat dulu barangnya dibawah ini :D:
power-ide-to-sata-converter.jpg

"Power IDE to SATA Converter" ini digunakan untuk mengirim daya listrik dari power supply yang juga menghubungkan hard disk ke motherboard. Namun keistimewaan yang ditawarkan dari kabel ini adalah paket 2 in 1 (dua jadi satu). Oh iya, kabel yang saya beli ini berjenis kelamin wanita (female). Jangan tanya kenapa :D
ide-to-sata-power-converter-harddisk.jpg

Fungsi umumnya sudah jelas kalau kabel jenis ini bisa menghubungkan 2 buah hard disk hanya dalam satu kabel power IDE. Tentunya bisa lebih menghemat kabel, dan juga cocok buat kamu yang komputernya hanya mempunyai 1 buah power SATA saja. Sehingga converter ini bisa kamu jadikan sebagai alternatif pemasangan jalur kabel.

Pemasangan Kabel SATA dan Converter-nya ke Hard Disk
Cara pemasangannya sangat mudah, cukup masukkan konektor kabel tersebut ke slot yang ada di hard disk. Hasil akhir pemasangannya silahkan lihat gambar foto dibawah ini.
kabel-sata-harddisk-dan-power-ide-to-sata-converter.jpg

Harga Kabel SATA
Rp. 5000

Harga Kabel Power IDE to SATA Converter
Rp. 5000

Harga kedua kabel tersebut memang sama dan murah meriah. Banyak dijual di toko komputer, silahkan beli di toko terdekat di daerah kamu

Komentar