jenis komputer

 
JENIS-JENIS KOMPUTERBERDASARKAN KAPASITASNYA
Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya1. Komputer Mikro (Micro Computer),2. Komputer Mini (Mini Computer),3. Komputer Kecil (Small Computer)4. Komputer Menengah (Medium Computer)5. Komputer Besar (Large Computer) dan6. Komputer Super (Super Computer)1.
 
Komputer ukuran kecil (Micro Computer)Sebuah kelas komputer yang menggunakan mikroprosesor sebagai CPUutamanya. Komputer mikro juga dikenal sebagai Personal Computer (PC), HomeComputer, atau Small-business Computer.CONTOH :a.
 
Komputer mikro yang diletakkan di atasmeja kerja dinamakan dengan desktop.b.
 
dapat dijinjing (portabel) dinamakan dengan Laptop, karena sering diletakkan di ataspaha.2. Komputer ukuran sedang (Mini Computer)Kelas komputer multi-user yang dalam spektrum komputasi berada di posisimenengah di bawah kelas komputer mainframe dan sistem komputer single-user seperti komputer pribadi. Istilah komputer mini dalam era sekarang ini sudahdianggap kuno dan diganti dengan istilah-istilah seperti komputer menengah IBM.(midrange system) dalam dunia IBM, stasiun kerja (workstation) dalam dunia SunMicrosystems dan UNIX/Linux serta server.
 
3. Komputer ukuran kecil (Small Computer)Komputer kecil dissebut juga small-scale mainframe computer. Komputer kecilsekarang kebanyakan menggunakan sistem multi-programming, multiprocessingdan virtual storage, serta bersifat multi-user dengan jumlah terminal sampaidengan ratusan buah. Perusahaan yang memproduksi komputer mini diantaranyaadalah ; IBM, Wang Laboratories, dan NCR4. Komputer ukuran menengah (Middle Computer)Komputer mengah disebut juga medium-scale mainframe computer. Komputer menengah dapat mempunyai sejumlah besar dan bermacam-macam alat input atauoutput. Biasanya komputer menengah digunakan untuk komunikasi data denganratusan terminal yang terpisah dari pusat komputernya. Pusat komputer biasanyamenggunakan komputer menengah dan terminal-terminal dapat menggunakankomputer mikro atau komputer mini untuk penerapan konsep distribusi dataprocessing (DDP), yaitu terminal selain dapat berhubungan dengan komputer pusat,tetapi dapat juga berdiri sendiri5. Komputer ukuran besar (Large Computer)Komputer besar disebut juga mainframe computer atau large-scale mainframecomputer karena bentuk phisiknya besar seperti lemari. Komputer maninframemempunyai kecepatan samapai 400 MIPS. Komputer jenis ini digunakanperusahaan-perusahaan besar seperti perusahaan penerbangan yang mempunyairatusan kantor cabang dan tiap kantor cabang mempunyai terminal yangdihubungkan dengan pusat komputernya. Karena kecepatan dan besarnya memorikomputer ini, memungkinkan secara efektif menerapkan sistem time-sharing,ratusan pemakai dapat menggunakan komputer ini serentak dari terminal masingmasingpada

Komentar