DAFTAR ISI

APLIKASI  PENDATAAN GURU-GURU SMP PERMANEN PADA MINISTÉRIO DA EDUCAÇÃO DIRECÇÃO  DA EDUCAÇÃO DISTRITO DILI BERBASIS WEB

PRA SKRIPSI
OLEH
SEBASTIÃO DA COSTA
11141299




JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA
FACULTAS   INFORMATION  COMUNICATION  TECKNOLOGY (ICT)
INSTITUTE OF BUSINESS (IOB)

2014


APLIKASI  PENDATAAN GURU-GURU SMP PERMANEN PADA MINISTÉRIO DA EDUCAÇÃO DIRECÇÃO DA EDUCAÇÃO DISTRITO DILI  BERBASIS WEB

      PRA SKRIPSI
Diajukan Sebagai salah satu syarat untuk mendapat
Gelar Ahli madya komputer
           OLEH
           SEBASTIÃO DA COSTA
            NIM  : 11141299





JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA
FACULTAS   INFORMATION  COMUNICATION  TECHNOLOGY (ICT)
INSTITUTE OF BUSINESS  (IOB)
2014

HALAMAN  PERSETUJUAN

Judul                           :  APLIKASI PENDATAAN GURU-GURU SMP 
                                       PERMANEN  PADA MINISTERIO DA EDUCACAO 
                                       DIRECCAO  EDUCACAO DISTRITO DILI BERBASIS
                                       WEB
Nama Mahasiswa        :  Sebastioa Da Costa
Nim                             :  11141299
Mata Kuliah                :  Tugas Akhir             Kode : MIPC10035               
Semester                      :  Genap                       Tahun : 2010/2011     
                                               
                                                Menyetahui
Dosen pembimbing I                           Dosen pembimbing II

Natalino Ximenes,S.Kom                 Deolindo Ximenes De Jesus,S.T
Dili……./..…./ 2014                           Dili….…/….…/ 2014
Tanggal  disetujui                                Tanggal  disetujui
Telah disetujui untuk mengikuti ujian komprensif pada jurusan manajemen Informatika (D3)
Mengetahui:
Ketua Jurusan,


Bernadetha Turi, S.Kom, M.Kom




IOBHALAMAN  PENGESAHAN

Judul                            : APLIKASI PENDATAAN GURU-GURU SMP 
                                       PERMANEN PADA MINISTÉRIO DA EDUCAÇÃO
                                       DIRECÇÃO DA EDUCAÇÃO DISTRITO DILI
                                       BERBASIS WEB
           
Nama Mahasiswa        : Sebastioa Da Costa
Nim                             : 11141299
Mata kuliah                 : Tugas Akhir              Kode   :  MIPC10035
Semester                      : Genap                        Tahun  :  2014/2015

Dipertahankan di depan tim penguji
Jurusan manajemen informatika institute of business
Dan Dinyatakan Diterima Untuk Memenuhi Syarat Guna Memperoleh Gelar Ahli Madya Komputer

Pada Tanggal

Dili....../......2014
Tim Pembimbing:
  Dosen Pembimbing I                                                     Dosen Pembimbing II

Natalino Ximenes, S.Kom                               Deolindo Ximenes De Jesus,S.T
  Tim Penguji:
1.      Penguji I          :   Ferdinandes Amaral Bria Seran, S.Kom
  Dili,…/ …. / 2014
             Dekan,

     Gabriel  Neves S.Kom.,M.Kom




HALAMAN  MOTTO DAN PERSEMBAHAN



             MOTTO :
“sabar dalam mengatasi Kesulitan dan bertindak bijaksana dalam mengatasinya adalah sesuatu yang utama.”








PERSEMBAHAN :
KupersembahkanTulisan Ini kepada Kedua Orang Tua Ku tersayang, Bapak Mau-loi Ibu Mafalda da Silva , dan Saudara-saudaraku: Nelson, dan teman-teman ku Tercinta,Institute Of Business Almamaterku.


ABSTRAKSI
SEBASTIÃO DA COSTA, 11141299, APLIKASI   PENDATAAN GURU-GURU SMP PERMANEN  PADA MINISTÉRIO DA EDUCAÇÃO DIRECÇÃO DA  EDUCAÇÃO  DISTRITO DILI  BERBASIS WEB(dibawah bimbing oleh Bapak Natalino Ximenes, S.Kom selaku pembimbing I dan Deolindo Ximenes de Jesus S.T, selaku pembimbing II)
           Perkembangan teknologi yang begitu cepat khususnya di sisi komputerisasi pada saat ini telah mempunyai peranan penting dalam kehidupan masyarakat secara keseluruhan. Hal ini dirasakan juga di Negara Timor Leste saat ini. Hampir setiap harinya selalu ada perangkat atau program dan sistem baru yang bermunculan. Namun pada Instansi Direccao da Educacao Distrito Dili dalam melakukan pendataan guruguru SMP permanen masih manual, sehingga seringkali mengalami kendala dalam pembuatan laporan yang berkaitan sesuai dengan kebutuhan user.
semua permasalahan yang telah dibahas di atas belum membentuk suatu Aplikasi yang terintegrasi, sehingga tidak mampu memberikan informasi mengenai Pendataan guru SMP permanen. Dalam Aplikasi yang dibangun mencantumkan data guru SMP Perrmanen. Data–data tersebut terkumpul dan akan membentuk menjadi  suatu sistem yang bekerja secara efektif.
Dari Aplikasi yang dibentuk dengan mudah membantu para Staf dan bagian administrasi untuk bisa mengetahui atau mengindentifikasi berapa banyak guru SMP permanen yang ada di sekolah dari setiap lembaga pendidikan. Selain itu juga Aplikasi dapat membantu dan mempermudah institusi mencari informasi mengenai guru SMP permanen, dengan demikian institusi dapat menggontrol semua pendataan tentang guru SMP permanen secara efisien dan efektif.
Kata kunci: Aplikasi Berbasis Web, Pemrograman, Sistem Pendataan.



PERNYATAAN


Pra-skripsi tidak berisi bahan materi yang telah digunakan untuk memperoleh gelar sarjana atau diploma sebelumnya.


Sepanjang keyakinan dan pengetahuan penulis
Pra Skripsi ini tidak berisi bahan atau materi yang telah
Diterbitkan atau ditulis oleh orang lain kecuali
Yang dinamakan sebagai acuan pustaka.




Dili, 28 Desember 2014
Penulis





SEBASTIÃO DA COSTA
11141299





RIWAYAT HIDUP
Penulis di lahirkan di sebuah Desa Nahareca/Ossu kecamatan Ossu dan kabupaten Viqueque pada tanggal 15 July 1982, penulis adalah putra ke dua dari pasagan Bapak Mau-Loi dan Ibu Mafalda da Silva. Penulis mengawali jenjang pendidikan formal atau mengikuti Sekolah Dasar Negeri Lima 05 (SDN5) di Desa Nahareca mengikuti proses belajar mengajar pada tahun 1988 lulus pada tahun 1993, penulis tidak melanjutkan pendidikan  menengah pertama (SMP) karena masalah ekonomi dalam keluarga, dan penulis melanjutkan pendidikan menengah pertama pada tahun 2000 dan pada tahun 2003 di Sekolah 10 Desember Comoro Dili (SMP2) , pada tempat yang sama  penulis melanjutkan pendidikan Sekolah Menengah Umum (SMU) pada tahun 2004 selesai pada tahun 2006. Dan penulis melanjutkan ke program diploma tiga (D3)  di East Timor Institute Of Business  mengambil Jurusan Manajemen Informatika,facultas (ICT) Information Comunication Technology pada tahun 2011. Selama menempuh pendidikan di Institute Of Business penulis juga aktif dalam kegiatan akademik





KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa atas rahamat serta hidayah Nya sehinga penulis dapat menyelesaikan tulisan pra skripsi yang berjudul “APLIKASI PENDATAAN GURU GURU SMP PERMANEN PADA MINISTÉRIO DA EDUCAÇÃO DIRECÇÃO DA EDUCAÇÃO DISTRITO DILI BERBASIS WEB”.
Sesuai dengan judul tersebut penulis menggunakan berbagai program untuk merancang dalam penyelesaikan tugas akhir ini. Walaupun demikian, selama penulis menyelesaikan pra skripsi ini  banyak pengorbanan yang telah dikeluarkan baik berupa waktu, biaya dan tenaga maupun pikiran namun atas dukungan semua pihak yang telah memberikan kontribusinya maka akhirnya penulis dapat menyelesaikan pra skripsi ini sesuai dengan waktu yang telah direncanakan. Maka dalam kesempatan ini tak lupa penulis meyampaikan ucapan terima kasih kepada :
1.      Augosto da Conceção Soares, SE.,MM selaku Rektor Institute Of Business (IOB)
2.      Gabriel Neves,S.Kom.,MKom selaku Dekan fakultas Informasi Komunikasi Teknologi (ICT) .
3.      Bernadetha Turi,S.Kom.,M.Kom selaku ketua jurusan Manajemen Informatika Institute Of Business
4.      Natalino Ximenes,S.Kom, selaku pembimbing 1 yang telah bersedia meluangkan waktu untuk  membimbing dan memeriksa pra-skripsi ini.
5.      Deolindo Ximenes De Jesus,S.T, selaku pembimbing 2 yang telah bersedia meluangkan waktu untuk  membimbing dan memeriksa pra-skripsi ini.
6.      Directur Nasional Direccao da Educacao Distrito Dili, Chefe Seccao EBC 3 Ciclo dan stsf/ karyawannya.
7.      Segenap staf dan pegawai IOB yang telah memberikan keleluasaan dalam penelitian kepada penulis.
8.      Orang tuaku yang telah melahirkan, merawat, membesarkan dan serta mendidik saya.
9.      Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah memberikan  dorongan dan bantuan baik secara material maupun spiritual sehinga terselesaikannya pra-skripsi ini.
            Penulis menyedari mungkin masih banyak kekurangan yang ada dalam penulisan ini, karenanya masukan dan koreksi untuk perbaikan sangat penulis harapkan. Semoga pra-skripsi ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan para pembaca pada umumnya.



                                                            Dili,…./,…., 2014

                                                                   Sebastião da Costa



DAFTAR ISI

Halaman depan................................................................................................. i
Halaman dalam................................................................................................. ii
Halaman persetujuan .. .................................................................................... iii
Halaman pengesahan .. .................................................................................... iv
Halaman persembahan dan motto ................................................................... v
Abstraksi........................................................................................................... vi
Pernyataan........................................................................................................ vii
Riwayat hidup ................................................................................................. viii
Kata pengantar ................................................................................................ ix
Daftar  isi.......................................................................................................... x
Daftar  tabel...................................................................................................... xi
Daftar  gambar.................................................................................................. xii
Pustaka............................................................................................................. xiii
BAB I PENDAHULUAN.............................................................................. 1
1.1.Latar Belakang .......................................................................................... 1
1.2.  Perumasan Masalah ................................................................................. 2
1.3.  Batasan Masalah ...................................................................................... 3
1.4.  Tujuan Penulisan ...................................................................................... 3
BAB II TINJAUN PUSTAKA
2.1   Tinjauan Umum Instansi............................................................................ 4
2.1.1. Nama instansi tempat pratek kerja lapangan ................................... 4
2.1.2.       Sejarah Instansi ............................................................................. 4
2.2   Visi dan Misi Direccao Educacao Distrito Dili ........................................ 5
2.3.  Bagan Struktur Organisasi “Direccao Educacao Distrito Dili”................ 6
2.4.  Uraian Tugas dan Tanggung Jawab ......................................................... 6
2.4.1.      Director Distrito Dili ..................................................................... 7
2.4.2.      Superintendente da inspeccao Distrito de Dili .............................. 7
2.4.3.      Chefe da Seccao Servisos Corporativos ........................................ 8
2.4.4.      Chefe da Seccao Ensino Basico .................................................... 8
2.4.5.      Chefe da Ceccao Pre-Escolar ........................................................ 9
2.4.6.      Administracao ............................................................................... 9
2.4.7.      Recursos Humanus ........................................................................ 9
2.4.8.      Logistica ........................................................................................ 10
2.4.9.      Servisus I.T .................................................................................... 10
2.4.10.  Ensino Seccao e Tec Profisionais .................................................. 10
2.4.11.  Servisos Emis ................................................................................. 11
2.5. Tinjauan umum aplikasi pendataan guru-guru smp permanen .................. 11
2.5.1.      Aplikasi .......................................................................................... 11
2.5.2.      Pendataan ...................................................................................... 12
2.5.3.      Guru-guru ...................................................................................... 12
2.5.4.      Sekolah Menengah pertama (smp) ................................................. 13
2.5.5.      Permanen ....................................................................................... 13
2.5.6.      Aplikasi pendataan guru-guru smp permanen ............................... 13
2.6.  Tinjauan umum software ......................................................................... 14
2.6.1.      Web ............................................................................................... 14
2.6.2.      Php ................................................................................................. 14
2.6.2.1.  Konsep dasar bahasa pemrograman php ...................................... 14
2.6.2.2.  Sejarah php .................................................................................. 15
2.6.2.3.  Struktur dasar php ....................................................................... 15
2.6.2.4.  Mysql ........................................................................................... 16
2.6.2.5. DDL dan DML............................................................................. 16
2.6.2.6.  Adobe Dreamweaber CSS .......................................................... 17
2.6.2.7. Xampp...... .................................................................................... 18
BAB III BAHAN DAN METODE
3.1. Bahan dan Alat.......................................................................................... 19
3.1.1        Bahan.............................................................................................. 19
3.1.2         Alat................................................................................................ 21
3.2. Metodologi................................................................................................ 22
3.3. Alur Dokumen........................................................................................... 23
3.4.  Diagram Konteks. .................................................................................... 24
3.5. Data Flow Diagram................................................................................... 25
3.5.1         Data Flow Diagram Level 0.......................................................... 26
3.5.2        Data Flow Diagram Level 0 Proses 1............................................. 27
3.5.3        Dtata Flow Diagram Level 0 Proses 2............................................ 28
3.5.4        Data Flow Diagram Level 0 Proses 3............................................. 29
3.6. Diagram Berjenjang (HIPO)...................................................................... 30
3.7. Entity Relationship Diagram (ERD)......................................................... 31
3.8. Kamus Data............................................................................................... 31
3.9. Perancangan Input Output........................................................................ 34
3.10. Perancangan User Interfece..................................................................... 34
3.10.1     Halaman Utama............................................................................. 34
3.10.2     Halaman Input Data Jabatan ........................................................ 35
3.10.3     Halaman Input Data Guru............................................................. 36
3.10.4     Halaman Input Data Sekolah........................................................ 36
3.10.5     Halaman Proses Pendataan Guru.................................................. 38
3.10.6    Perancangan Output....................................................................... 39
BAB  IV  HASIL  DAN  PEMBAHASAN
4.1. penjelasan Program.................................................................................. 42
4.1.1        Tampilan Menu Utama.............................................................. .41
4.1.2        Tampilan Menu Input Data Jabatan........................................... 43
4.1.3        Tampilan  Input Data Guru........................................................ 43
4.1.4        Tampilan Input Data Sekolah..................................................... 44
4.2     Proses  Pendataan Guru........................................................................ 44
4.2.1        Tampilan Proses Data Pendataan Guru...................................... 44
4.3     Tampilan Menu Output......................................................................... 45
4.3.1        Tampilan Lap. Data Jabatan....................................................... 45
4.3.2        Tampilan Lap.Data Per-sekolah.................................................. 45
4.3.3        Tampilan Lap. Data Seluruh Sekolah......................................... 46
4.3.4        Tampilan Lap. Data  Per-guru.................................................... 46
4.3.5        Tampilan Lap. Data  Seluruh Guru............................................. 47
4.3.6        Tampilan Lap. Data  Guru Per-sekolah...................................... 47
BAB  V  PENUTUP
5.1     Kesimpulan........................................................................................... 48
5.2      Saran.................................................................................................... 49
        Daftar pustaka
Lampiran



 DAFTAR TABEL
Tabel                                                                                                             hlm       
Table 3.1. Tabel Guru                                                                                      34
Tabel 3.2 Tabel  Sekolah................................................................................. 34
Tabel 3.3 tabel  Jabatan                                                                                   35
Tabel 3.4 tabel  Pendataan.............................................................................. 35      



DAFTAR GAMBAR

Gambar2.1StrukturOrganisasiDireccao da Educacao Distrito Dili................. 6
Gambar 3.1 Simbol Flowchart........................................................................ 20
Gambar 3.2 Simbol Data Flow Diagram........................................................ 21
Gambar 3.3 Simbol Entity Relasionship Diagram (ERD).............................. 22
Gambar 3. 4Sistem yang SedangBerjalan...................................................... 25
Gambar 3.5 Alur dokumen yang diusulkan.................................................... 26
Gambar 3.6 Diagram Konteks........................................................................ 27
Gambar 3.7 Data Flow Diagram  Level 0...................................................... 28      
Gambar 3.8 Data Flow Diagram Level 0 Proses 1......................................... 29
Gambar 3.9 Data Flow Diagram  Level 0 Proses 2........................................ 30
Gambar 3.10 Data Flow Diagram  Level 0 Proses 3...................................... 31
Gambar 3.11 Diagram Berjenjang (IHPO)..................................................... 32
Gambar 3.12 Entity Relationship Diagra (ERD)............................................ 33
Gambar 3.13 Rancangan Halaman Utama..................................................... 37
Gambar 3.14 Rancang Halaman Inpu Data Jabatan....................................... 38
Gambar 3.15 Rancangan Halaman Input Data Guru..................................... 38
Gambar 3.16 Rancangan Halaman Input Data Sekolah................................. 39
Gambar 3.17 Rancangan Proses Paandataan Guru........................................ 40
Gambar 3.18 Pereancang Laporan Data Jabatan............................................ 41
Gambar 3.19  perancangan Laporan Data Per-sekolah................................... 41
Gambar3.20 perancangan Laporan Data Seluruh Sekolah............................. 42
Gambar  3.21 Perancangan Laporan Data Per-guru....................................... 42
Gambar 3.22 perancangan Data Seluruh Guru............................................... 43
Gambar 3.23 Perancangan Laporan Data Guru Per-sekolah.......................... 43
Gambar 4.1 Tampilan Menu Utama............................................................... 44
Gambar 4.2 Tampilan Input Data Jabatan...................................................... 45
Gambar 4.3 Tampilan Input Data Guru.......................................................... 45
Gambar 4.4 Tampilan Input Data Sekolah..................................................... 46
Gambar 4.5 Tampilan Proses  Pendataan Guru.............................................. 46
Gambar 4.6 Tampilan Laporan Data Jabatan................................................. 47
Gambar 4.6 Tampilan Laporan Data Per-sekolah........................................... 47
Gambar 4.7 Tampilan  Laporan Data Seluruh  Sekolah................................. 48
Gambar 4.8 Tampilan Laporan Data Per-guru................................................ 48
Gambar 4.9 Tampilan Laporan Data Seluruh Guru........................................ 49
Gambar 4.10 Tampilan Laporan Data Guru Per-sekolah................................ 49





BY: Costa Mau
IOB








Komentar

Ba sese deit mak kop ga daftar isi ne tenki husu nia nain ita boot sira lahusu hau sei lori imi ba tribunal tuir lei nebe vigor iha Timor Leste.