DAFTAR ISI
APLIKASI PENDATAAN GURU-GURU SMP PERMANEN PADA MINISTÉRIO
DA EDUCAÇÃO DIRECÇÃO DA EDUCAÇÃO
DISTRITO DILI BERBASIS WEB
OLEH
SEBASTIÃO
DA COSTA
11141299
JURUSAN
MANAJEMEN INFORMATIKA
FACULTAS INFORMATION
COMUNICATION TECKNOLOGY (ICT)
INSTITUTE
OF BUSINESS (IOB)
2014
APLIKASI PENDATAAN GURU-GURU SMP PERMANEN PADA MINISTÉRIO
DA EDUCAÇÃO DIRECÇÃO DA EDUCAÇÃO DISTRITO DILI BERBASIS WEB
PRA SKRIPSI
Diajukan
Sebagai salah satu syarat untuk mendapat
Gelar Ahli
madya komputer
OLEH
SEBASTIÃO
DA COSTA
NIM
: 11141299
JURUSAN
MANAJEMEN INFORMATIKA
FACULTAS INFORMATION
COMUNICATION TECHNOLOGY (ICT)
INSTITUTE
OF BUSINESS (IOB)
2014
HALAMAN PERSETUJUAN
Judul : APLIKASI PENDATAAN GURU-GURU SMP
PERMANEN PADA MINISTERIO DA
EDUCACAO
DIRECCAO EDUCACAO DISTRITO DILI
BERBASIS
WEB
Nama Mahasiswa : Sebastioa Da Costa
Nim : 11141299
Mata Kuliah : Tugas Akhir Kode
: MIPC10035
Semester : Genap Tahun
: 2010/2011
Menyetahui
Dosen pembimbing I Dosen
pembimbing II
Natalino
Ximenes,S.Kom Deolindo
Ximenes De Jesus,S.T
Dili……./..…./ 2014
Dili….…/….…/
2014
Tanggal
disetujui Tanggal disetujui
Telah disetujui untuk mengikuti ujian komprensif pada jurusan manajemen
Informatika (D3)
Mengetahui:
Ketua Jurusan,
Bernadetha
Turi, S.Kom, M.Kom
HALAMAN PENGESAHAN
Judul : APLIKASI PENDATAAN GURU-GURU SMP
PERMANEN PADA MINISTÉRIO DA EDUCAÇÃO
DIRECÇÃO DA EDUCAÇÃO DISTRITO DILI
BERBASIS WEB
Nama
Mahasiswa : Sebastioa Da Costa
Nim :
11141299
Mata kuliah :
Tugas Akhir Kode : MIPC10035
Semester :
Genap Tahun : 2014/2015
Dipertahankan
di depan tim penguji
Jurusan
manajemen informatika institute of business
Dan Dinyatakan Diterima Untuk Memenuhi Syarat Guna
Memperoleh Gelar Ahli Madya Komputer
Pada Tanggal
Dili....../......2014
Tim Pembimbing:
Dosen
Pembimbing I Dosen Pembimbing
II
Natalino Ximenes, S.Kom Deolindo
Ximenes De Jesus,S.T
Tim Penguji:
1.
Penguji
I : Ferdinandes
Amaral Bria Seran, S.Kom
Dili,…/ …. /
2014
Dekan,
Gabriel
Neves S.Kom.,M.Kom
HALAMAN MOTTO
DAN PERSEMBAHAN
MOTTO :
“sabar dalam mengatasi Kesulitan dan bertindak bijaksana dalam
mengatasinya adalah sesuatu yang utama.”
PERSEMBAHAN
:
KupersembahkanTulisan Ini kepada Kedua Orang Tua Ku
tersayang, Bapak Mau-loi Ibu Mafalda da Silva , dan Saudara-saudaraku: Nelson,
dan teman-teman ku Tercinta,Institute Of Business Almamaterku.
ABSTRAKSI
SEBASTIÃO DA COSTA, 11141299, APLIKASI PENDATAAN GURU-GURU SMP PERMANEN PADA MINISTÉRIO DA EDUCAÇÃO DIRECÇÃO DA EDUCAÇÃO DISTRITO DILI BERBASIS WEB(dibawah bimbing oleh Bapak Natalino Ximenes, S.Kom selaku pembimbing I dan Deolindo Ximenes
de Jesus S.T, selaku pembimbing II)
Perkembangan teknologi yang begitu cepat khususnya di sisi
komputerisasi pada saat ini telah mempunyai peranan penting dalam kehidupan
masyarakat secara keseluruhan. Hal ini dirasakan juga di Negara Timor Leste
saat ini. Hampir setiap harinya selalu ada perangkat atau program dan sistem baru yang bermunculan.
Namun pada Instansi Direccao da Educacao Distrito Dili dalam melakukan pendataan guruguru SMP permanen masih manual, sehingga seringkali mengalami
kendala dalam pembuatan laporan yang berkaitan sesuai dengan kebutuhan user.
semua permasalahan yang telah dibahas di atas belum
membentuk suatu Aplikasi yang terintegrasi, sehingga tidak mampu memberikan
informasi mengenai Pendataan guru SMP permanen. Dalam Aplikasi yang dibangun
mencantumkan data guru SMP Perrmanen. Data–data tersebut terkumpul dan akan
membentuk menjadi suatu sistem yang
bekerja secara efektif.
Dari Aplikasi yang dibentuk dengan mudah membantu
para Staf dan bagian administrasi untuk bisa mengetahui atau mengindentifikasi
berapa banyak guru SMP permanen yang ada di sekolah dari setiap lembaga
pendidikan. Selain itu juga Aplikasi dapat membantu dan mempermudah institusi
mencari informasi mengenai guru SMP permanen, dengan demikian institusi dapat
menggontrol semua pendataan tentang guru SMP permanen secara efisien dan
efektif.
Kata kunci: Aplikasi
Berbasis Web, Pemrograman, Sistem
Pendataan.
PERNYATAAN
Pra-skripsi tidak berisi bahan materi yang telah
digunakan untuk memperoleh gelar sarjana atau diploma sebelumnya.
Sepanjang keyakinan dan pengetahuan penulis
Pra Skripsi ini tidak berisi bahan atau materi yang
telah
Diterbitkan atau ditulis oleh orang lain kecuali
Yang dinamakan sebagai acuan pustaka.
Dili, 28
Desember 2014
Penulis
SEBASTIÃO DA
COSTA
11141299
RIWAYAT HIDUP
Penulis di lahirkan di sebuah Desa Nahareca/Ossu
kecamatan Ossu dan kabupaten Viqueque pada tanggal 15 July 1982, penulis adalah
putra ke dua dari pasagan Bapak Mau-Loi dan Ibu Mafalda da Silva. Penulis
mengawali jenjang pendidikan formal atau mengikuti Sekolah Dasar Negeri Lima 05
(SDN5) di Desa Nahareca mengikuti proses belajar mengajar pada tahun 1988 lulus
pada tahun 1993, penulis tidak melanjutkan pendidikan menengah pertama (SMP) karena masalah ekonomi
dalam keluarga, dan penulis melanjutkan pendidikan menengah pertama pada tahun
2000 dan pada tahun 2003 di Sekolah 10 Desember Comoro Dili (SMP2) , pada
tempat yang sama penulis melanjutkan
pendidikan Sekolah Menengah Umum (SMU) pada tahun 2004 selesai pada tahun 2006.
Dan penulis melanjutkan ke program diploma tiga (D3) di East Timor Institute Of Business mengambil Jurusan Manajemen Informatika,facultas (ICT) Information Comunication
Technology pada tahun 2011. Selama menempuh pendidikan di Institute Of Business
penulis juga aktif dalam kegiatan akademik
KATA
PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa atas rahamat serta hidayah Nya sehinga penulis dapat menyelesaikan tulisan pra skripsi yang berjudul
“APLIKASI PENDATAAN GURU GURU SMP PERMANEN PADA
MINISTÉRIO DA EDUCAÇÃO DIRECÇÃO DA EDUCAÇÃO DISTRITO DILI BERBASIS
WEB”.
Sesuai dengan judul tersebut penulis menggunakan berbagai program untuk merancang dalam penyelesaikan tugas akhir ini.
Walaupun demikian, selama penulis menyelesaikan pra skripsi ini banyak pengorbanan yang telah dikeluarkan baik berupa waktu, biaya dan tenaga maupun
pikiran namun atas dukungan semua pihak yang telah memberikan kontribusinya maka akhirnya penulis dapat menyelesaikan pra skripsi ini sesuai dengan waktu yang
telah direncanakan. Maka dalam kesempatan ini tak lupa penulis meyampaikan
ucapan terima kasih kepada :
1.
Augosto
da Conceção Soares, SE.,MM selaku Rektor Institute Of Business
(IOB)
2.
Gabriel Neves,S.Kom.,MKom selaku Dekan fakultas Informasi Komunikasi Teknologi (ICT) .
3.
Bernadetha Turi,S.Kom.,M.Kom selaku ketua jurusan Manajemen Informatika Institute Of Business
4.
Natalino Ximenes,S.Kom, selaku pembimbing 1 yang telah bersedia meluangkan waktu untuk
membimbing dan memeriksa pra-skripsi ini.
5.
Deolindo
Ximenes De Jesus,S.T, selaku pembimbing 2 yang telah bersedia meluangkan waktu untuk membimbing dan memeriksa pra-skripsi ini.
6.
Directur
Nasional Direccao da Educacao Distrito Dili, Chefe Seccao EBC 3 Ciclo dan stsf/
karyawannya.
7.
Segenap
staf dan pegawai IOB yang telah memberikan keleluasaan dalam penelitian kepada
penulis.
8.
Orang
tuaku yang telah melahirkan, merawat, membesarkan dan serta mendidik saya.
9.
Semua
pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah memberikan dorongan dan bantuan baik secara material
maupun spiritual sehinga terselesaikannya pra-skripsi ini.
Penulis
menyedari mungkin masih banyak kekurangan yang ada dalam penulisan ini,
karenanya masukan dan koreksi untuk perbaikan sangat penulis harapkan. Semoga
pra-skripsi ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan para pembaca pada
umumnya.
Dili,…./,….,
2014
Sebastião da Costa
DAFTAR ISI
Halaman depan................................................................................................. i
Halaman dalam................................................................................................. ii
Halaman persetujuan .. .................................................................................... iii
Halaman pengesahan .. .................................................................................... iv
Halaman persembahan dan motto ................................................................... v
Abstraksi........................................................................................................... vi
Pernyataan........................................................................................................ vii
Riwayat hidup ................................................................................................. viii
Kata pengantar ................................................................................................ ix
Daftar isi.......................................................................................................... x
Daftar tabel...................................................................................................... xi
Daftar gambar.................................................................................................. xii
Pustaka............................................................................................................. xiii
BAB
I PENDAHULUAN.............................................................................. 1
1.1.Latar Belakang .......................................................................................... 1
1.2. Perumasan
Masalah ................................................................................. 2
1.3. Batasan
Masalah ...................................................................................... 3
1.4. Tujuan
Penulisan ...................................................................................... 3
BAB II TINJAUN PUSTAKA
2.1 Tinjauan Umum
Instansi............................................................................ 4
2.1.1. Nama instansi tempat pratek kerja lapangan ................................... 4
2.1.2.
Sejarah Instansi ............................................................................. 4
2.2 Visi dan Misi
Direccao Educacao Distrito Dili ........................................ 5
2.3. Bagan
Struktur Organisasi “Direccao Educacao Distrito Dili”................ 6
2.4. Uraian Tugas
dan Tanggung Jawab ......................................................... 6
2.4.1.
Director
Distrito Dili ..................................................................... 7
2.4.2.
Superintendente
da inspeccao Distrito de Dili .............................. 7
2.4.3.
Chefe
da Seccao Servisos Corporativos ........................................ 8
2.4.4.
Chefe
da Seccao Ensino Basico .................................................... 8
2.4.5.
Chefe
da Ceccao Pre-Escolar ........................................................ 9
2.4.6.
Administracao
............................................................................... 9
2.4.7.
Recursos
Humanus ........................................................................ 9
2.4.8.
Logistica
........................................................................................ 10
2.4.9.
Servisus
I.T .................................................................................... 10
2.4.10.
Ensino
Seccao e Tec Profisionais .................................................. 10
2.4.11.
Servisos
Emis ................................................................................. 11
2.5. Tinjauan umum aplikasi pendataan guru-guru smp
permanen .................. 11
2.5.1.
Aplikasi
.......................................................................................... 11
2.5.2.
Pendataan
...................................................................................... 12
2.5.3.
Guru-guru
...................................................................................... 12
2.5.4.
Sekolah
Menengah pertama (smp) ................................................. 13
2.5.5.
Permanen
....................................................................................... 13
2.5.6.
Aplikasi
pendataan guru-guru smp permanen ............................... 13
2.6. Tinjauan umum
software ......................................................................... 14
2.6.1.
Web
............................................................................................... 14
2.6.2.
Php
................................................................................................. 14
2.6.2.1. Konsep dasar
bahasa pemrograman php ...................................... 14
2.6.2.2. Sejarah php .................................................................................. 15
2.6.2.3. Struktur
dasar php ....................................................................... 15
2.6.2.4. Mysql ........................................................................................... 16
2.6.2.5. DDL dan DML............................................................................. 16
2.6.2.6. Adobe
Dreamweaber CSS .......................................................... 17
2.6.2.7. Xampp...... .................................................................................... 18
BAB
III BAHAN DAN METODE
3.1. Bahan dan Alat.......................................................................................... 19
3.1.1
Bahan.............................................................................................. 19
3.1.2
Alat................................................................................................ 21
3.2. Metodologi................................................................................................ 22
3.3. Alur Dokumen........................................................................................... 23
3.4. Diagram
Konteks. .................................................................................... 24
3.5. Data Flow Diagram................................................................................... 25
3.5.1
Data Flow Diagram Level 0.......................................................... 26
3.5.2
Data
Flow Diagram Level 0 Proses 1............................................. 27
3.5.3
Dtata
Flow Diagram Level 0 Proses 2............................................ 28
3.5.4
Data
Flow Diagram Level 0 Proses 3............................................. 29
3.6. Diagram Berjenjang (HIPO)...................................................................... 30
3.7. Entity Relationship Diagram (ERD)......................................................... 31
3.8. Kamus Data............................................................................................... 31
3.9. Perancangan Input Output........................................................................ 34
3.10. Perancangan User Interfece..................................................................... 34
3.10.1
Halaman Utama............................................................................. 34
3.10.2
Halaman Input Data Jabatan ........................................................ 35
3.10.3
Halaman Input Data Guru............................................................. 36
3.10.4
Halaman Input Data Sekolah........................................................ 36
3.10.5
Halaman Proses Pendataan Guru.................................................. 38
3.10.6
Perancangan
Output....................................................................... 39
BAB
IV HASIL DAN
PEMBAHASAN
4.1. penjelasan Program.................................................................................. 42
4.1.1
Tampilan
Menu Utama.............................................................. .41
4.1.2
Tampilan
Menu Input Data Jabatan........................................... 43
4.1.3
Tampilan
Input Data Guru........................................................ 43
4.1.4
Tampilan
Input Data Sekolah..................................................... 44
4.2
Proses Pendataan Guru........................................................................ 44
4.2.1
Tampilan
Proses Data Pendataan Guru...................................... 44
4.3
Tampilan
Menu Output......................................................................... 45
4.3.1
Tampilan
Lap. Data Jabatan....................................................... 45
4.3.2
Tampilan
Lap.Data Per-sekolah.................................................. 45
4.3.3
Tampilan
Lap. Data Seluruh Sekolah......................................... 46
4.3.4
Tampilan
Lap. Data Per-guru.................................................... 46
4.3.5
Tampilan
Lap. Data Seluruh Guru............................................. 47
4.3.6
Tampilan
Lap. Data Guru Per-sekolah...................................... 47
BAB V
PENUTUP
5.1
Kesimpulan........................................................................................... 48
5.2
Saran.................................................................................................... 49
Daftar
pustaka
Lampiran
DAFTAR TABEL
Tabel hlm
Table 3.1. Tabel Guru 34
Tabel 3.2 Tabel
Sekolah................................................................................. 34
Tabel 3.3 tabel
Jabatan 35
Tabel 3.4 tabel
Pendataan.............................................................................. 35
DAFTAR
GAMBAR
Gambar2.1StrukturOrganisasiDireccao da Educacao
Distrito Dili................. 6
Gambar 3.1 Simbol Flowchart........................................................................ 20
Gambar 3.2 Simbol Data Flow Diagram........................................................ 21
Gambar 3.3 Simbol Entity
Relasionship Diagram (ERD).............................. 22
Gambar 3. 4Sistem yang SedangBerjalan...................................................... 25
Gambar 3.5 Alur dokumen yang diusulkan.................................................... 26
Gambar 3.6 Diagram Konteks........................................................................ 27
Gambar 3.7 Data Flow Diagram Level 0...................................................... 28
Gambar 3.8 Data Flow Diagram Level 0 Proses 1......................................... 29
Gambar 3.9 Data Flow Diagram Level 0 Proses 2........................................ 30
Gambar 3.10 Data Flow Diagram Level 0 Proses 3...................................... 31
Gambar 3.11 Diagram Berjenjang (IHPO)..................................................... 32
Gambar 3.12 Entity Relationship Diagra (ERD)............................................ 33
Gambar 3.13 Rancangan Halaman Utama..................................................... 37
Gambar 3.14 Rancang Halaman Inpu Data Jabatan....................................... 38
Gambar 3.15 Rancangan Halaman Input Data Guru..................................... 38
Gambar 3.16 Rancangan Halaman Input Data Sekolah................................. 39
Gambar 3.17 Rancangan Proses Paandataan Guru........................................ 40
Gambar 3.18 Pereancang Laporan Data Jabatan............................................ 41
Gambar 3.19 perancangan
Laporan Data Per-sekolah................................... 41
Gambar3.20 perancangan Laporan Data Seluruh Sekolah............................. 42
Gambar 3.21 Perancangan
Laporan Data Per-guru....................................... 42
Gambar 3.22 perancangan Data Seluruh Guru............................................... 43
Gambar 3.23 Perancangan Laporan Data Guru Per-sekolah.......................... 43
Gambar 4.1 Tampilan Menu Utama............................................................... 44
Gambar 4.2 Tampilan Input Data Jabatan...................................................... 45
Gambar 4.3 Tampilan Input Data Guru.......................................................... 45
Gambar 4.4 Tampilan Input Data Sekolah..................................................... 46
Gambar 4.5 Tampilan Proses Pendataan Guru.............................................. 46
Gambar 4.6 Tampilan Laporan Data Jabatan................................................. 47
Gambar 4.6 Tampilan Laporan Data Per-sekolah........................................... 47
Gambar 4.7 Tampilan Laporan Data Seluruh Sekolah................................. 48
Gambar 4.8 Tampilan Laporan Data Per-guru................................................ 48
Gambar 4.9 Tampilan Laporan Data Seluruh Guru........................................ 49
Gambar 4.10 Tampilan Laporan Data Guru Per-sekolah................................ 49
BY: Costa Mau
Komentar