Perbedaan Antara CD-R dan CD-RW / DVD-R dan DVD-RW



Perbedaan Antara CD-R dan CD-RW / DVD-R dan DVD-RW
Berawal dari pertanyaan teman saya, lalu saya memiliki ide untuk menulis artikel ini. Compact disk atau biasa disebut dengan CD merupakan salah satu dari sekian banyak media penyimpanan data yang ada di dunia ini. Selain CD ada juga alat penyimpan data sejenis yaitu DVD. Kedua media penyimpan data ini mmiliki bentuknya yang ramping memudanhkan orang untuk membawanya kemana-mana.

Compact disk ini juga memiliki jenis-jenisnya sendiri yaitu CD-R dan juga CD-RW. Banyak diantara orang-orang yang sering menggunakan alat penyimpan data berupa kepingan ini tetapi tidak tahu perbedaannya. Pada artikel ini kita akan membahas perbedaan keduanya. Simak penjelasan berikut ini.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgExHwgnSlWV98ZE629pfBjNDcnpE56DyId8Eg7usF2ZnbLafA2ns1ML5iEH8cjaZvEUeCN8WpnIEiTLxcGJCHXCb72K4PIyxij7pELWXl5PsGmq_fc78XcnzPnGqNrCHe0BPYk_wSHO4g/s1600/Sony_blank_CD-R_DVD_R_CDR_DVDR.jpg
Pertama yaitu CD-R. CD-R adalah singkatan dari Compact Disk Recordable adalah piringan pipih berbahan polikarbonat berdiameter 120 mm. Untuk mengisi CD-R dengan data diperlukan sebuah perangkat drive khusus. Proses perekamnya juga dilakukan dengan perangkat lunak khusus untuk mem burning data ke dalam CD-R. Data yang ditulis didalamnya bersifat WORM ( Write Once Read Many ) yang menunjukan bahwa data hanya dapat diisi sekali dan selanjutnya hanya bisa dilihat / dibaca.

Dapat diartikan jika kita telah burning data ke dalam CD-R, maka data tersebut sudah tidak bisa kita hapus lagi. Bisa dikatakan CD-R hanya dapat digunakan untuk satu kali pemakaian karena kita tidak bisa mengahapus ini data yang ada di dalamnya.



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj327NxtuQvIRodeZ-UDNo-D4fghpjutzQqghAMGcql44LWzLFH3734oYnb8n7KmWsnAQ1-tyo0LxyV0EmBzvoWbtt8My9Ks0er4jxsbIAukP2HRjaD63dCC5b56j_yqXQoD6Opu8B1UR4/s1600/CD-RW1.jpg
Kedua yaitu CD-RW yang merupakan pengembangan dari CD-R, sebenarnya dari bentuk sama dengan CD-R hanya sedikit berbeda dalam kegunaan dalam hal penyimpanan data. Perbedaanya adalah CD-RW ( Compact Disk Recordable and reWriteable ) berbahan CD-RW menggunakan logam perpaduan antara perak, indium, antimon, dan telurrium untuk lapisan perekaman dan dapat diubah datanya berkali - kali, dapat di tambah, diganti atau dihapus sewaktu - waktu.

Dapat diartikan jika kita telah memburning data kedalamnya, maka data tersebut masih bisa di hapus. Berbeda dengan CD-R, CD-RW bisa digunakan untuk menyimpan data berulang-ulang. Jadi seandainya  data yang ada pada CD-RW sudah tidak digunakan lagi, kita dapat menghapus dan menggantinya dengan yang baru.


Untuk yang terakhir adalah Perbedaan antara CD dan DVD. sebenarnya tidakada perbedaan yang signifikan antara keduanya. Yang membedakan dari dua media penyimpanan data tersebut adalah kapasitasnya. Jika CD memiliki kapasitas di kisaran 800 Mb, sedangakan DVD memiliki kapasitas penyimpanan bisa lebih darai 4 Gb.

Mungkin artikel diatas akan sedikit menambah wawasan anda. Bagi yang belum tahu tentang perbedaan jenis-jenis compact disk semoga akan lebih tahu dan mengerti. Sekian ulasan tentang jenis-jenis compact disk dari saya. Semoga bermanfaat bagi anda para pembaca. Jangan lupa komentar maupun kritik dan sarannya. Tunggu artikel-artikel menarik lainnya pada lain waktu.



akan ada artikel tentang Pengertian Dan Fungsi CD Room Dan DVD Room. Sudah pada tau belum apa itu CD/DVD Room? tempat memutar keping CD/DVD, iya kalau itu jawabannya, nenek-nenek selesai Push Up aja tau kalau itu jawabannya, hehe. Dengan kecanggihan yang dimiliki oleh DVD, maka dvd telah menggantikan banyak teknologi lain dikelasnya. seperti CD, Laser disc, Kaset video game, dan Kaset Video (VHS). Kehadiran dvd ini memang sudah terbilang cukup lumayan lama, tetapi perkembangannya sangat pesat, khususnya di Indonesia saja. Perkembangan itu juga berkat dukungan yang sangat luas yang diperoleh DVD dari berbagai perusahaan baik elektronika, komputer, maupun entertainment di seluruh dunia.
           

Keberadaan DVD sangat membantu proses suatu penyimpanan data walaupun sekarang sudah mulai tidak tenar lagi, karena sudah mulai tergeser oleh penyimpanan-penyimpanan data lainnya. Kehadiran DVD mulai menggeser CD. Berikut ada pengertian dan perbedaan cd dan dvd :

Komentar