Langsung ke konten utama

Planet sekarang tercatat dalam 9 planet di tata surya




Planet sekarang tercatat dalam 9 planet di tata surya

Jangan tanya berapa jumlah planet di alam semesta ini. Angkanya fantastik, kita bicara dahulu planet di tata surya kita

Berapa jumlah planet di tata surya kita. Yang dimaksud planet di tata surya adalah sebuah benda besar yang mengelilingi matahari secara periodik. Untuk ukuran planet besar, setidaknya ada 9 planet. Tapi  hanya 9 planet yang terdaftar resmi di kalayak umum. Planet terkecil Pluto sempat keluar dari daftar karena dianggap terlalu kecil, tapi kembali dimasukan menjadi planet ke 9 di tata surya.

Kategori planet di tata surya :
  • Ukurannya harus bulat.
  • Diameter lebih besar dari 2000km
  • Orbitnya harus stabil mengelilingi matahari.
Aturan tersebut berubah pada tahun 2000an dalam kategori benda di tata surya.
  • Planet - mengorbit ke matahari, memiliki masa yang cukup untuk membuat gravitasi sendiri dengan ukuran bulat, telah bersih dari lingkungan batuan yang membentuk dirinya.
  • Dwarf Planet atau planet kerdil. Kategori seperti planet , tapi bentuknya belum bersih atau tidak bulat utuh
  • Diluar ketegori Planet dan Dwarf Planet, masuk sebagai anggota dari tata surya berukuran kecil.
Jumlah planet di tata surya kita memang tidak pasti. Dan jumlahnya terus bertambah sesuai kemajuan teknologi. Bahkan masih ada yang belum tercatat dengan pasti, serta foto bentuknya masih belum jelas. Jadi informasi ini adalah pendapat dari para ilmuwan dan bukan pendidikan secara umum. Sehingga tidak dapat dipakai sebagai acuan pelajaran, melainkan informasi lebih mendalam tentang tata surya kita.

Menurut ukuran, total jumlah planet yang mengelilingi matahari adalah 13 planet.1 planet berada di antara planet Mars dan Bumi, tepatnya Ceres sebagai planet kerdil yang berada di sabuk Asteroid.
Dibelakang Pluto masih ada 3 batuan besar, diperkirakan ukurannya mencapai 1000km.

Matahari
Sebagai pusat dan matahari adalah sebuah bintang bercahaya. Ukuran diameter 1,392 juta km. Dikelilingi sekitar 13 planet. Usianya 4,6 miliar tahun. Suhu dipermukaan mencapai 5.500 degC, di inti matahari diperkirakan mencapai 15 juta deg.C.

Planet Merkurius.
Paling terdekat ke matahari. Diameter hanya 4.879km. Tidak memiliki bulan. jarak orbit 57,8 juta km, dan mengitari matahari selaam 88 hari sekali. Suhu di permukaan antara -173 sampai 427 deg.C.

Venus
Planet kedua, salah satu planet terpanas di tata surya walau jaraknya nomor dua setelah Merkurius. Ukuran diameter 12.104km, tidak memiliki bulan. Memiliki orbit 108 juta km, dan mengitari matahari setiap 224,7 hari sekali. Suhu dipermukaan mencapai 462 deg.C.

Bumi.
Memiliki diameter 12,756km, memiliki 1 satelit disebut Bulan. Orbit 149,6 juta km, mengitari matahari setiap 365,2 hari sekali. Suhu Bumi terdingin sekitar -88 deg.C dan terpanas 58 deg.C.

Mars
Ukuran separuh dari Bumi, dengan diameter 6.805km. Memiliki 2 bulan, orbit 227,9 juta km. Mengitari matahari setiap 1,9 tahun sekali. Suhu disana sangat dingin mencapai -63 deg.C.
Mars, Bumi, Merkurius dan Venus masuk sebagai planet bagian dalam di tatasurya.

Ceres
Adalah planet kerdil, berada disabuk Asteroid. Ceres adalah batuan besar tapi berbentuk bulat. Berada di belakang planet Mars. Memiliki diameter 950km, dengan orbit 413,7 juta km. Mengitari matahari setiap 4,6 tahun sekali. Suhu disana mencapai -105 deg.C.
Peneliti mengatakan di sabuk asteroid terdapat 750 ribu batu dengan ukuran lebih besar dari 1km.

Jupiter
Sebagai planet terbesar di tata surya. Memiliki diameter 142.984 km. Tercatat memiliki 67 bulan tetapi ada 3 yang terbesar. Orbitnya 778,3 juta km, dan mengelilingi matahari 11,9 tahun sekali. Suhu di permukaan mencapai -108 deg.C.

Saturnus
Sebagai planet dengan cincin. Diameter 120.535km. Memiliki 62 bulan dan orbitnya 1,4 miliar km. Setiap 29,5 tahun mengelilingi sekali matahari. Suhu disana -139 deg.C

Uranus
Sebagai planet gas. Diameter 51.118km, yang diketahui memiliki 27 bulan. Orbit ke matahari 2,9 miliar km, dan membutuhkan waktu 84 tahun sekali. Suhu -197 deg.C.

Neptunus
Planet terakhir terjauh di urutan planet gas. Memiliki ukuran diamter 49.528km, dengan 14 bulan. Orbitnya 4,5 miliar km. Hanya mengelingi 1x matahari selama 164,8 tahun. Suhu dipermukaan -201 deg.C.

4 planet gas disebut planet bagian luar. Umumnya memiliki kandungan gas terbesar, hidrogen dan helium. Tekanan atmosfer disana sangat besar, mungkin permukaan di 4 planet ini adalah cairan, tetapi inti planet diperkirakan adalah batuan.

Pluto
Beberapa tahun terakhir masuk sebagai planet di tata surya kembali. Pluto termasuk planet kerdil dengan ukuran kecil. Diameter 2306km, sejauh ini diketahui memiliki 5 bulan. Orbit ke matahari 5,9 miliar km, dan membutuhkan waktu 246 tahun sekali. Suhu -229 deg.C.

Komet
Benda ini terkadang disebut batu es salju. Berisi es dan batuan, komet memiliki bentuk seperti buntut. Buntut komet disebabkan tekanan dari angin matahari, bentuknya selalu mengarah ke belakang dari matahari. Orbit komet paling singkat adalah 200 tahun sekali mengorbit matahari. Umumnya komet berasal dari Oort Cloud. Dimana tempat tersebut lebih jauh dibelakang planet Pluto.

Dibelakang Pluto ternyata ditemukan benda lain, masih ada 3 planet kerdil / planet kecil lain :
  1. Haumea masuk sebagai planet kerdil. Diameter planet diperkirakan 1,418-1960km, ada 2 bulan, dan orbit ke matahari 6,4 miliar km. Sekali mengorbit membutuhkan waktu 283,3 tahun. Suhu -241 deg.C. Sebagai planet kerdil terdingin yang diketahui.
  2. Make Make. Juga planet kerdil. Memiliki ukuran diameter 1.434km. Tidak memiliki bulan, mengorbit ke matahari 6,9 miliar km. Membutuhkan waktu 309,9 tahun sekali mengitari matahari. Suhu -239 deg.C.
  3. Terakhir Eris juga masuk planet kerdil dengan satu bulan pendamping. Ukuran 2.326km, mengorbit paling jauh 10,1 miliar km. Membutuhkan waktu 560,9 tahun sekali memutari matahari. Suhu -231 deg.C
Ketiga planet kerdil tersebut berada di sabuk asteroid kedua yaitu sabuk Kuiper atau sabuk paling luar dari tata surya

jumlah planet di tata surya ada 13 tapi yang besar hanya 9 planet

Menurut penelitian terakhir. Mungkin di tata surya kita seharusnya ada 5 planet gas. Yaitu Jupiter, Saturnus, Neptunus, Uranus dan satu lagi.
Pembuktian dari satu planet gas tersebut terlihat tersisa si sabuk Kuiper Belt. Entah kapan planet tersebut sebenarnya ada tapi lenyap atau hancur, diperkirakan sekitar 4 miliar tahun lalu. Bisa dilihat puing di ruang angkasa di sabuk Kuper, membentang mengelilngi matahari di belakang 4 planet gas kata Dr David Nesvorny dari Southwest Research Institute.

Nesvorny membuat simulasi antara sampah atau puing batuan di sabuk Kuper. Ketika puing yang ada masih tertarik oleh gravitasi planet Neptunus. Puing batuan tersebut akhirnya terlempar ke lokasi sekarang karena planet Neptunus menganggu pembentukan planet baru.

Bisa dilihat posisi Neptunus berada dekat dengan sabuk Kuiper yang berisi asteroid.

jumlah planet di tata surya ada 13 tapi yang besar hanya 9 planet
Selanjutnya planet di belakang Pluto ternyata ditemukan lagi planet lain

Komentar